Bisnis Online, Solusi Mudah untuk Sukses Dari Rumah

Bisnis online – Sejak ada dunia digital, segala sesuatu bisa kita lakukan dengan cara online. Termasuk salah satunya bisnis online. Memang benar, bisnis akan lebih mudah berjalan bila dilakukan secara online.

Selain itu bsnis online juga menawarkan cuan yang cukup besar. Bagaimana tidak, bisnis online bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Dan juga peminat orang membeli keperluan secara online juga semakin banyak, karena bisa mereka lakukan dari rumah.

Maka dari itu, jika kamu ingin mencoba bisnis ini perlulah mempelajari dunia bisnis online itu seperti apa hingga tips agar menjadi pebisnis online sukses. Tidak usah lama-lama, yuk simak ulasanannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuka Bisnis Online Dengan Modal Minim

Bisnis Online Adalah

Bisnis Online Adalah

Mengartikan nama bisnis online bukanlah hal yang sulit. Seperti namanya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui internet. 

Sebuah aktivitas bisnis seperti jual-beli, pelayanan kepada konsumen, promosi, dan sebagainya yang dilakukan secara online. Di situ kita bisa menjual berbagai jenis produk melalui bisnis online, mulai dari barang, jasa, hingga produk digital. 

Konsumennya pun bisa datang dari mana saja, tidak ada batasan entah dari dalam negeri maupun luar negeri. Maka dari itu, dengan bisnis online kamu tidak perlu membuka toko atau ruko seperti pada bisnis offline. Kamu cukup menjalankan bisnis melalui website toko online, media sosial, atau marketplace.

Selain itu kamu bisa mengelola bisnis online hanya dari rumah maupun tempat kamu bepergian.

Membahas tentang modal, sekali lagi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai sebuah bisnis. Bahkan, ada beberapa bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan dan terbukti cuan.

Seperti halnya dropshipping, yakni menjualkan produk milik orang lain. Di sisi lain kam juga akan mendapatkan komisi jika bergabung afiliasi. Maka tidak heran lagi jika banyak orang berbondong-bondong memulai bisnis online.

Ide Bisnis Online

Ide Bisnis Online

Tahu sendiri bahwa untuk memperoleh keberhasilan, kamu perlu mempertimbangkan dengan memilih ide yang sesuai dengan keahlian dan minat. Memiliki beberapa pengetahuan sebelumnya tentang lapangan dapat membuat manajemen bisnis lebih mudah.

Maka dari itu, di sini saya berikan ide bisnis online terbaik yang daoat kamu pilih dan memulai sekarang.

1. Menjadi Freelancer

Penghasilan yang akan kamu dapatkan rata-rata $21/jam, meskipun jumlahnya dapat bervariasi menurut industri dan lokasi. Dengan syarat, kamu memiliki keterampilan dan pengalaman di bidang tertentu.

Faktanya, banyak orang yang sekarang menganggap pekerja lepas sebagai alternatif yang layak untuk pekerjaan 9-ke-5. Mereka melaporkan bahwa pendapatan mereka meningkat setelah melakukan pergeseran karir ini.

Bagi mereka yang mempunyai pengalaman kerja sebelumnya dapat memanfaatkan keahliannya untuk membangun produk yang profesional dan mandiri. Pekerjaan apa pun bisa dilakukan, meskipun pengembangan web, desain grafis, penulisan dan lain sebagainya.

Mengingat karena pasar lepas agar menjadi lebih kompetitif, maka kamu harus mengembangkan nilai jual yang unik untuk menarik minat orang lain. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mendefinisikan klien ideal kamu. Sebagai contoh penulis lepas Elise Dopson, yang berfokus pada perusahaan B2B dan SaaS.

Untuk mempromosikan layanan, freelancer biasanya membuat situs web untuk mempromosikan secara online.

2. Membuka Toko Online

Membuat toko online adalah salah satu ide bisnis internet paling menguntungkan yang bisa kamu coba. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa menjadi orang berikutnya yang meluncurkan merek bernilai jutaan dolar.

lihat saja, toko online sekarang sudah mulai membludak di berbagai media sosial dan juga marketplace yang ada. Karena itulah salah satu strategi marketing mereka agar terlihat lebih banyak calon konsumen.

Berbagai produk dan layanan yang ditawarkan sangat tidak terbatas. Seperti baju, sepatu, alat dapur dll. Layanan desain gambar dan lain sebagainya.

Sehingga para bisnis online dengan ide ini perkiraan pendapatan mencapai 10 juta-100 juta/tahun, tergantung pada ukuran pasar serta eCommerce dan biaya operasionalnya. Selain itu juga tergantung pada manajemen bisnismu, pemasaran digital serta keterampilan memelihara situs toko online kamu.

3. Dropshipping

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ide bisnis dropshiping ini bisa kamu mulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal.

Dengan model bisnis dropshipping, kamu akan bermitra dengan pemasok untuk menjual produk mereka di platform kamu. Vendor akan menangani penyimpanan dan pengiriman barang, sementara kamu sebagai penjual berfokus pada pemasaran barang ke pelanggan.


Meskipun demikian, kamu belum tentu bisa bersantai-santai. Perlu diingat bahwa tidak mungkin untuk melihat kualitas produk atau memantau proses pengiriman secara real-time. Apabila ada kecacatan terhadap pengiriman atau produk yang telah dikirim, maka kamu sebagai penjual yang harus bertanggung jawab.

Maka dari itu untuk menghindari masalah tersebut, Flin sarankan untuk memeriksa pemasok terlebih dahulu sebelum bekerja dengan mereka. Karena keberhasilan sistem bisnis online ini terletak pada kejujuran masing-masing.

Kamu juga akan memperoleh pendapatan sekitar 2 juta – 10 juta/bulan jika manajemen bisnismu tepat, begitu juga pemasaran digital yang gigih.

4. Blog

Memulai sebuah blog adalah salah satu ide bisnis online paling menguntungkan dalam daftar ini. Banyak wirausahawan yang memulai menulis dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan mereka kepada khalayak kecil.

Membuat blog yang sukses tidak hanya sekedar berbagi pemikiran tentang suatu subjek. Tapi saat kamu memulai berfokuslah pada elemen berikut:

  • Ceruk. Hal yang paling mudah untuk mengembangkan situs web kamu adalah fokus pada tema tertentu.
  • Kualitas konten. Jika informasi yang kamu tawarkan adalah bermanfaat bagi auidens, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi pembaca setia. Apalagi kalau blog tersebut memiliki peluang lebih baik untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari.
  • Ukuran lalu lintas. Biasanya blogger dengan volume pengunjung yang tinggi akan memiliki peluang yang lebih baik dalam menarik calon mitra dan menjual produk mereka sendiri.
  • Opsi monetisasi. Dengan memversifikasi aliran pendapatan blog akan mempermudah memaksimalkan keuntungan. Kamu bisa memanfaatkan metode standar yang mencakup pemasaran afiliasi, Google Ads, dan konten bersponsor.

Baca Juga: Cara Daftar Lokasi Bisnis di Google Maps Gratis

Belajar Bisnis Online dari Nol

Belajar Bisnis Online dari Nol

Belajar bisnis online mulai dari sekarang merupakan langkah yang sangat tepat jika kamu ingin memiliki penghasilan sampingan maupun utama yang lebih stabil di masa depan. 

Dengan beberapa pilihan ide bisnis di atas, kamu tidak mungkin bisa secara otomatis. Kamu akan butuh belajar manajemennya entah dari orang lain maupun membaca panduan.

Google merupakan solusi terbaik untuk belajar bisnis dari nol secara gratis. Namun Google juga menyediakan media informasi yang sangat luas. Maka dari itu Flin akan memberikan rekomendasi tempat yang lebih spesifik untuk belajar bisnis online gratis dari nol yang bisa kamu manfaatkan. Di antaranya adalah:

1. PanduanIM

Belajar bisnis online secara gratis bisa kamu lakukan di PanduanIM. Kamu bisa membacanya kapanpun dan di manapun. Di situ telah dipaparkan tema mengenai segala macam tentang internet marketing.

Mulai dari bagaimana cara membuat riset terhadap pasar, trend, bagaimana cara melakukan branding secara online, cara copywriting yang menarik minat pembaca dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, PanduanIM juga mengajarkan tentang social media marketing. Seperti, cara mengunggah foto produk yang bisa menjangkau lebih banyak orang, cara membuat caption yang menarik, dan masih banyak lainnya.

Semua materi yang tersebut tersedia dalam tulisan artikel yang singkat, padat, dan jelas. Sehingga pembaca lebih mudah memahami.

2. Niagahoster

Selama ini mungkin yang sering kamu dengar Niagahoster adalah tempat menyewa hosting. Tapi jangan salah jika kamu juga bisa belajar bisnis online di situ. Memang Niagahoster merupakan salah satu provider layanan hosting dari Indonesia yang paling terkenal.

Karena layanan ini lebih banyak menargetkan pasar pemilik UMKM dan startup, maka mereka sering membagikan ilmu-ilmu masalah bisnis online.

Bentuk pembelajaran yang tersedia berupa video di Youtube maupun artikel yang ada pada website mereka. Materi yang mereka berikan juga tidak hanya tentang bisnis online dan internet marketing dari segi optimasi SEO dalam website saja. Tapi juga marketing di sosial media.

3. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu layanan belajar bisnis online dari nol terbaik yang menggunakan bahasa Inggris. Di sini kamu bisa mempelajari berbagai macam materi mengenai internet marketing, khususnya dalam dunia optimasi SEO untuk website bisnis.

Karena Ahrefs sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan tools untuk SEO dan untuk audit SEO. Kamu bisa langsung menerapkan ilmu-ilmunya ke website bisnis kamu.

Maka dari itu kamu akan melihat sendiri bagaimana progress perkembangan bisnis dari yang awalnya jarang ada pengunjung hingga ada ratusan bahkan ribuan pengunjung setiap hari, dengan minimal ada 50 orang yang melakukan order.

Baca Juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis Dengan Praktis

Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat bisa kamu andalkan untuk bisnis online shop. Namun sebenarnya juga ada tips dan trik agar bisa mencapai kesuksesan berbisnis online di Instagram ini. Silahkan simak cara berikut ini.

1. Buat akun instagram yang menarik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun instagram. Nama akun yang kamu buat harus semenarik mungkin.

Pastikan untuk membuat nama akun sesuai nama toko, yang mencirikan produk yang kamu jual. Misal untuk toko kaos distro, maka pastikan ada kata kaos distro di nama akun tersebut.

2. Buat deskripsi akun instagram yang jelas

Kamu harus mengisi informasi deskripsi akun kamu dengan informasi lokasi toko, cara pengiriman, cara pemesanan, cara pembayaran, atau website toko jika ada. Isi informasi-informasi tersebut dengan jelas di halaman akun kamu.

3. Unggah foto produk dengan caption yang menarik

Caption menarik merupakan hal penting untuk menggambarkan produk yang kamu unggah agar pengunjung mudah tertarik.

Tuliskan seluruh informasi mengenai produk. Misalnya produk baju panjang anak, maka tuliskan mulai dari jenis bahan, ukuran, harga, dan lain-lain.

4. Gunakan fungsi hashtag agar lebih mudah orang menemukan

Agar produk online shop kamu mudah di temukan di pencarian instagram, maka penggunaan hastag sangatlah penting. Meskipun terkesan sepele, ternyata hashtag ini sangat banyak manfaatnya.

Maka pastikan untuk menggunakan hashtag yang banyak digunakan oleh pembeli untuk mencari produk.

5. Gunakan fungsi follow dan unfollow untuk meningkatkan traffic

Namanya juga sosial media pasti memiliki fitur untuk menambahkan pengikut dan mengurangi pengikut. Dalam cara ini, kamu harus mencari toko dengan kepopuleran tertinggi dalam produk yang ingin kamu jual.

Silahkan lihat daftar followers-nya dan tambahkan beberapa diantaranya menjadi following kamu. Dengan begitu dapat memungkin mereka untuk order produk kamu.

6. Manfaatkan fitur instastory untuk memasarkan produk

Instastory merupakan fitur baru dari instagram, di mana kamu dapat mengunggah banyak hal terkait produk yang kamu jual. Misalnya mengunggah video pembuatan, pengemasan, hingga pengiriman.

Dengan begitu dapat memastikan pembeli percaya dengan kredibilitas dari toko kamu.

Baca Juga: Cara Download video Instagram, Praktis Gak Pake Aplikasi

Akhir Kata

Demikianlah ilmu seputar bisnis online yang dapat kamu pelajari. Semoga dapat menjadi salah satu panduan kamu untuk sukses memulai usaha. Selamat mencoba. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.