Cara Membuka Bisnis Online Dengan Modal Minim

Membuka Bisnis Online – Pada masa kini kebanyakan orang berbondong-bondong membuka bisnis online, dari menjual suatu produk hingga menawarkan jasa.

Hal ini di sebabkanm kita bisa memanfaatkan media sosial ataupun toko online untuk memulai bisnis online. Mereka juga tidak memerlukan menyewa kios, ruko dan lain sebgainya.

Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat, selayaknya toko offline. Toko online juga bisa menjanggau lebih banyak pelanggan dari pada toko offline. Karena jangkauan toko offline hanya bersifat lokal, akan tetapi jika toko online memiliki jangkauan dalam negeri hingga luar negeri.

Hal tersebut membuat beberapa orang, yang menjalani bisnis online mendapatkan untung yang sangat besar dan mengeluarkan modal yang minim. Karena itu pada saat ini dari sebagian kita ingin sekali memulai bisnis online dengan modal yang minim.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini flin setyadi akan membuat artikel, cara membuka bisnis online dengan modal yang minim.

Apa itu bisnis online?

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukkan melalui jaringan internet, misalnya melakukkan jual beli barang, pelayanan kepada konsumen, promosi dan lain sebagainya secara online. Dengan bisnis online kamu bisa menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari barang, jasa, hingga produk digital.

Yang mana bisnis ini dilakukkan melalui jejaring internet. Sehingga kamu akan dapat menjangkau calon konsumen dari secara dalam negeri hingga di luar negeri. Maka oleh sebab itu dengan bisnis online kamu tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk menyewa toko, ruko atau kios, seperti pada umumnya bisnis online.

Kamu hanya cukup menajalankan bisnis, melalui website yang menyediakan toko online misalnya seperti, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Marketplace dan lain sebagainya. Namun kamu juga bisa memanfaatkan media sosial kamu untuk berjualan dan mempromosikan produk kamu.

Cara memulai bisnis online dari nol

Jika kamu ingin melangkah ke bisnis online, kamu harus tau cara memulainya. Karena cara tersebut akan mempengaruhi bisnis online kamu ke depannya, agar kedepan bisnis kamu semakin berkembang dan tidak akan berhenti di tengah jalan.

Biasanya pola pikir pembisnis harus paham dengan cara mengatur waktu dan mengeluarkan modal-modal yang minim. Untuk membuka bisnis onlinenya. Sebagai contoh perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Amazon.

Memulai bisnis onlinenya dari garasi rumahnya sendiri, hingga mereka bisa mempunyai gedung sendiri. Hal tersebut karena mereka memanfaatkan tempat atau peralatan yang ada untuk memulai bisnis onlinenya.

Akan tetapi ada flin setyadi akan memberi tips kalian bagaimana cara memulai bisnis online dari nol, dengan modal minim.

1. Tentukan Produk

Jika kalian ingin membuka bisnis online, pastinya kamu harus tau produk apa yang ingin di tawarkan atau di jual, dengan konsumen. Hal tersebut harus kamu tentukan dan pikir matang terlebih dahulu.

Sebab hal tersebut akan mempengaruhi usaha bisnis online kamu. Karena kamu harus mengetahui secara detail produk-produk tersebut, mulai dari pembuatannya hingga kualitas produk yang kamu hasilkan.

Hal ini akan mempengaruhi penjualan produk kamu dan apakah produk yang akan di tawarkan tidak akan termakan zaman. Sebab konsumen biasanya mencari produk yang memiliki inovasi-inovasi terbaru ataupun produk yang mengikuti trend-trend pada saat ini.

Maka dari itu kamu wajib memikirkan secara matang-matang dalam membuka bisnis online. Sebagai contoh, Jika kamu menjual buket wisuda, maka produk kamu akan laku pada saat musin wisudah saja.

2. Riset Kompititor

Apabila kamu telah menentukan suatu produk untuk menjalankan bisnis online. Selanjutnya kamu harus meriset kompititor yang menjual produk yang sama dengan kamu secara online.

Cara ini bisa kamu lakukkan dengan cara melihat produk-produk kompititor kamu melalui toko online, misalnya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, lazada dan toko online lainnya.

Akan tetapi kamu harus juga melihat saingan bisnis online kamu secara lokal. Hal tersebut karena, jika kamu mempromosikan produk kamu secara lokal. Maka akan di pastikan calon konsumen kamu berasal dari berada sekitar kamu.

Hal ini, mengharuskan kamu melakukkan riset kompititor sekala lokal dan nasional. Karena untuk dilakukkan, mengingat hal tersebut dapat mempengaruhi bisnis online kamu. Jika bisnis online kamu kalah saing dengan kompititor kamu dengan menjual produk yang sama.

Silahkan kamu melakukkan metode ATM. Karena hal ini sangat efektif untuk bersaing dengan kompititor kamu. Kepanjangan ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi.

Sebagai contoh, Jika kamu menjual buket wisudah, akan tetapi orang-orang membeli buket wisudah dengan kompititor kamu. Maka kamu harus mengamati proses bisnis apa yang di lakukkan kompititor kamu. Sehingga kamu bisa tiru dan modifikasi proses tersebut, yang bisa membuat proses bisnis kamu lebih unggul dari pada kompititor kamu.

3. Cari Supplier

Jika kalian ingin bisnis online maka kamu harus mencari supplier yang dapat kamu percaya. Karena pastinya kamu membutuhkan produk-produk dengan harga murah dan nantinya kamu jual kembali di toko online kamu.

Akan tetapi jika kamu mencari supplier di pusat grosir, kamu akan sulit untuk mengambil untung dari produk yang kamu jual. Namun kamu bisa mendapatkan produk dengan harga murah dari produk-produk lokal dan tidak menutup kemungkinan kamu membelinya dari luar negeri.

Hal tersebut karena kamu bisa mencari produk-produk lewat toko online luar negeri yang terkenal, yaitu alibaba atau amazon. Dikarenakan biasanya orang-orang membeli produk di alibaba atau amazon dan menjualnya lagi di toko online indonesia.

Akan tetapi jika kalian memiliki modal yang sangat minim, sebaiknya kamu bekerja sama sebagai dropshipper dan reseller. Membuat kamu hanya mengeluarkan modal yang sangat minim, ketimbang kamu membeli barang terlebih dahulu dan menjualnya kembali.

4. Bikin Nama dan Logo Brand Bisnis yang Unik

Apabila kamu ingin memulaikan bisnis online dengan jangka panjang, sebaiknya kamu memiliki nama Brand bisnis yang unik hingga logo. Hal ini agar memudahkan konsumen kamu mengingat nama dan logo Brand bisnis online.

Baca Juga : Cara Bisnis Property Bagi Pemula

Membuat kamu akan mendapatkan banyak pelanggan, karena nama dan logo bisnis online kamu terkenal. Sebagai contoh, perusahaan Nike, yang memiliki logo dan nama yang sangat simpel. Melihat logonya saja orang semua tau bahwa itu logo Nike dan produk yang di hasilkan oleh Nike. Produk-produknya berkualitas bagus.

5. Membuat website atau media sosial

Kalian wajib membuat website ataupun media sosial, agar orang-orang percaya dengan produk kamu. Karena apabila kamu hanya membuka toko online saja di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

Produk yang kamu tawarkan di toko online, membuat sebagian orang tidak percaya dengan kualitas produk kamu. Apa lagi kamu baru saja membuka bisnis online, membuat hal ini sangata berpengaruh pada bisnis kamu.

Apalagi menurut survei Verisign, 56 persen orang tidak percaya pada bisnis online atau perusahaan apabila mereka tidak memiliki website reseminya. Karena pastinya setiap calon konsumen ada beberapa, yang ingin menanyakan produk yang kamu tawarkan.

6. Promosi

Jika kalian memiliki bisnis online, kalian wajib untuk mempromosikan produk-produk kamu. Karena media sosial tidak hanya digunakan untuk memposting foto-foto produk kamu, akan tetapi juga mempromosikan produk tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa menawarkan produk kamu ke grup-grup WhatsApp, Facebook, Telegram dan meminta bantuan teman kamu untuk membagikan postingan produk kamu ke media sosialnya.

Hal ini dapat meningkatkan penjualan produk kamu, serta mengembangkan bisnis online kamu. Apabila bisnis kamu ingin telah berkembang kamu ingin melakukkan promosi melalui iklan.

Kamu bisa melakukkan promosi berbayar yang telah di sediakan oleh Facebook, Instagram dan Google. Hal tersebut kamu akan dikenakan biaya tergantung pada berapa hari dan jangkauan audience.

7. Mempertahankan pelanggan setia

Apabila telah mendapatkan pelanggan setia, kamu wajib untuk menjaga hubungan dengan mereka. Dengan cara memberikan mereka promo, setiap pembelian berapa kali produk kamu.

Dikarenakan ketika kita mencari calon kostumer lebih mahal di bandingkan, kita menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia kita. Karena itu ada beberapa bisnis online memberika reward kepada pelanggan setianya. Sebagai tanda terimakasih telah memberi produk di tempatnya kembali.

Akhir Kata

Jika kamu ingin membuka bisnis online, sebaiknya kamu harus mempunyai komitmen dan target yang akan di capai. Jangan lupa juga mengatur waktu kamu, sehingga proses bisnis kamu berjalan lancar. Pisahkan juga modal bisnis, uang untung dan uang pribadi kamu.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu dan terimakasih telah berkunjung ke flin setyadi.

error: Content is protected !!