Cara Mengatasi Galbay SPinjam dan Shopee PayLater Gagal Bayar

Gagal Bayar (Galbay) Shopee – Bagi pengguna Shopee, kamu telah diberi kemudahan dalam berbelanja karena Shopee telah mengeluarkan fitur Shopee PayLater dan Shopee Pinjam. Yang mana dengan fitur ini kamu bisa berbelanja kebutuhan kamu terlebih dahulu dan bisa membayarnya dikemudian hari serta bisa mengajukan pinjaman.

Pada Shopee PayLater dan SPinjam kamu bisa melakukan pembayaran dengan cicilan mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Karena telah diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kamu bisa tenang dalam mengambil pinjaman karena telah ada kekuatan hukum dalam transaksi ini.

Baca juga: Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater Dengan Mudah

Tapi apabila kamu mengalami galbay atau gagal bayar saat akan melakukan pembayaran tagihan Shopee PayLater atau SPinjam bagaimana? Tenang, kita akan membahasnya disini.

Penyebab Galbay SPinjam dan Shopee PayLater

Sebelum mengetahui cara mengatasi galbay pada SPinjam dan Shopee PayLater, kamu perlu mengetahui apa saja penyebab galbay pada fitur-fitur ini.

Umumnya masalah penyebab galbay atau gagal bayar pada SPinjam dan Shopee PayLater adalah terjadi kesalahan sistem seperti error atau sedang maintenance.

Selain penyebab internal seperti diatas, penyebab gagal bayar bisa juga terjadi karena penyebab eksternal seperti jaringan internet yang buruk atau kesalahan memasukkan kode bayar. Untuk penyebab eksternal seperti ini kamu bisa mencoba lebih berhati-hati dan memastikan koneksi jaringan internet kamu berjalan dengan baik.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Pin ShopeePay Termudah

Resiko Galbay SPinjam dan Shopee PayLater

Jika kamu mengalami galbay pada SPinjam ataupun Shopee PayLater, ada beberapa resiko yang harus kamu hadapi. Seperti, terkena denda telat bayar, akun SPinjam dinonaktifkan yang brakibat pada tidak bisa lagi menggunakan fitur pinjaman tunai di Shopee, pengajuan pinjaman ditolak, diblacklist oleh OJK, dan yang paling parah adalah kamu akan didatani oleh dept collector. Jadi pastikan kamu membayar tagihan kamu tepat waktu.

Baca juga: Kontak Darurat Shopee ✅ Cara Melihat Dan Mengganti

Cara Mengatasi Galbay SPinjam dan Shopee PayLater

Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi galbay pada SPinjam dan Shopee PayLater.

1. Periksa Koneksi Internet

Perlu untuk memeriksa koneksi internet kamu sebelum membayar tagihan Shopee. Pastikan jaringan koneksi internet kamu dalam keadaan bail dan lancar.

Baca juga: Cara Mengubah Alamat Shopee Food Terbaru

2. Menunggu Server Kembali Normal

Jika galbay kamu dikarenakan error atau maintenance, kamu perlu untuk menunggu server Shopee kembali normal. Kamu bisa mengecek secara berkala aplikasi Shopee tersebut atau dapatkan info terbaru di media sosial berkaitan dengan waktu selesai maintenance.

3. Membayar Tagihan Secara Offline

Selain cara diatas, kamu bisa juga mengatasi galbay SPinjam dan Shopee PayLater dengan membayar tagihan secara offline. Kamu bisa membayar tagihan kamu di Alfamart atau Indomaret.

Baca juga: Cara Mendapatkan Koin Shopee Secara Praktis 2023

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi galbay SPinjam dan Shopee PayLater. Semoga bermanfaat!