Cara Menampilkan Filter di Excel Berdasarkan Jenis Data

Menampilkan Filter di Excel – Mengapa perlu menampilkan filter informasi di lembar kerja? Tentu sebagian bertanya-tanya. Tujuan utama pekerjaan ini adalah untuk dapat menemukan nilai dengan cepat.

Fitur yang sering disebut AutoFilter ini juga berguna untuk menyaring data baik berupa teks, number, tanggal maupun warna cell. Selain itu kamu bisa menggunakan fitur Autofilter Excel untuk menampilkan baris data tertentu dan menyembunyikan beberapa baris data.

Baca Juga: Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Lalu bagaimana cara menampilkan filter di Microsoft Excel? Simak beberapa langkah berikut ini:

Cara pertama: Memilih data yang ingin difilter

Langkah pertama ini kamu bisa mengikuti tutorial singkat di bawah ini:

  1. Pada tab Data di group Urutkan & Filter, lalu klik Filter.
  2. kemudian klik tanda panah di header kolom untuk menampilkan daftar dimana kamu bisa membuat pilihan filter.

Catatan: Ms. Excel menampilkan filter angka atau filter teks di daftar tergantung pada tipe data dalam kolom.

Cara kedua: Memilih nilai atau melakukan pencarian

Trik kedua ini merupakan cara tercepat untuk menampilkan filter di excel. Bagaimana tidak, ketika kamu mengklik panah di kolom yang filternya diaktifkan, semua nilai dalam kolom tersebut akan muncul dalam daftar.

Beginilah langkah memunculkan filter dengan cara ini:

  1. Silahkan gunakan kotak Pencarian untuk memasukkan teks atau angka yang akan kamu cari.
  2. Kemudian pilih dan kosongkan kotak centang untuk menampilkan nilai yang ditemukan dalam kolom data.
  3. Setelah itu gunakan kriteria tingkat lanjut untuk menemukan nilai yang memenuhi persyaratan tertentu.

Berikut persyaratan yang harus diperhatikan:

  1. Agar bisa memilih berdasarkan nilai, dalam daftar, kosongkan kotak centang (Pilih Semua). Tindakan ini akan menghapus tanda centang dari semua kotak centang. Lalu, pilih hanya nilai yang ingin dilihat, dan klik OK untuk melihat hasil.
  2. Jika ingin mencari teks dalam kolom, masukkan teks atau angka dalam kotak Pencarian. Sebagai pilihan opsional, Anda dapat menggunakan karakter wildcard, seperti tanda bintang (*) atau tanda tanya (?). Tekan ENTER untuk melihat hasil.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur, Tahun, Bulan dan Hari di Excel

Cara ketiga: Dengan menentukan kondisi

Dengan cara ketiga ini untuk menampilkan filter di excel, kamu dapat membuat filter kustom yang mempersempit data tepat seperti yang kamu inginkan.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama arahkan ke Filter Angka atau Filter Teks dalam daftar. Sebuah menu akan muncul, yang memungkinkan kamu untuk memfilter berdasarkan berbagai kondisi.
  2. Kemudian pilih kondisi, dan pilih atau masukkan kriteria.
  3. Lalu klik tombol Dan untuk menggabungkan kriteria (yakni, dua atau beberapa kriteria yang harus dipenuhi), dan tombol Atau yang mensyaratkan hanya satu dari beberapa kondisi harus dipenuhi.
  4. Terakhir klik OK untuk menerapkan filter dan mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Jika sudah berhasil menampilkan filter di Excel, sekarang kamu bisa bereksperimen dengan filter pada data teks dan numerik dengan mencoba berbagai kondisi uji bawaan, seperti Sama DenganTidak Sama DenganBerisiLebih Besar Dari, dan Kurang Dari

Pilihan Menampilkan Filter di Excel

Terdapat beberapa pilihan filter lain yang telah disediakan di excel seperti Text Filter, Number Filter, Date Filter dan Filter by color. Pilihan tersebut akan berubah sesuai dengan tipe data pada kolom yang akan di filter apakah Teks, Angka, Tanggal, ataupun Warna.

Berikut beberapa contoh yang bisa kamu pahami, namun sebelum mulai harap menghapus semua filter terlebih dahulu:

1. AutoFilter Text di Excel

Setelah berhasil menampilkan filter di excel, kamu bisa juga menggunakan Fitur Text Filter untuk memfilter data berupa teks menggunakan syarat tertentu.

Namun fitur ini hanya akan tersedia jika list data Anda berupa text (huruf, bisa gabungan huruf, angka atau simbol) dan bukan angka valid ataupun tanggal valid.

sebagai contoh saya akan memfilter kolom Suplier dengan kriteria cell yang berisi teks yang di awali dengan Toko L.

Baca Juga: Cara Membuka File Excel Yang Belum Tersimpan / Di Save

Dalam data, ada 2 nama suplier yang memenuhi kriteria yaitu Toko Laris dan Toko Lion. Dengan kriteria autofilter tersebut, Excel hanya akan menampilkan data untuk suplier tersebut.

Begini cara memfilter teks Excel dengan kriteria berikut:

  1. Silahkan klik Icon Filter pada Kolom Suplier untuk membuka Drop Down Filter untuk kolom Suplier.
  2. Kemudian pilih Text Filters.
  3. Lalu klik Begins With…
  4. Setelah itu pada Window Custom AutoFilter, silahkan masukkan kriteria yaitu Toko L.
  5. Terakhir klik Ok untuk memfilter data.

2. AutoFilter Data Angka di Excel

Selanjutnya menampilkan Filter pada data angka di Excel. Apabila baris data kamu berupa angka valid, fitur Text Filter akan berubah menjadi Number Filters. Sedangkan yang dimaksud angka valid adalah angka yang bisa dijumlahkan atau cell yang berisi data berupa angka (murni) tanpa gabungan dari huruf ataupun simbol dan bisa berasal dari hasil sebuah rumus ataupun ketik manual.

kamu bisa mengisi kolom HargaJumlah dan Total menunjukkan contoh baris data yang berisi angka valid.

hampir sama seperti memfilter teks, ketika memfilter angka, Excel juga menyediakan fitur filter berdasarkan list data. Selain itu juga terdapat fitur Number Filters dengan 10 jenis kriteria.

Satu contoh Misalnya, Saya ingin menampilkan 10 data terbesar dari kolom Harga. Untuk tujuan ini, kamu bisa menggunakan kriteria Top 10 pada Number Filters dan memilih item pada Window Top 10 AutoFilter.

Baca Juga: Rumus Excel Menghitung Jumlah Cell yang Terisi Data

3. Autofilter Tanggal di Excel

Jika memfilter angka di Excel sama seperti memfilter teks, kini memfilter tanggal sama seperti menampilkan filter data angka. Apabila baris data kamu berisi tanggal valid, maka fitur Date Filters akan tersedia.

Selain itu, filter berdasarkan list data juga akan tampil dengan pengelompokan data bedasarkan Tahun dan Bulan. Dengan mengelompokkan list data, kamu bisa memfilter data berdasarkan tahun tertentu saja atau bulan maupun tanggal di bulan tertentu bahkan untuk tahun tertentu.

Contoh, Saya ingin menampilkan data untuk bulan Februari saja. Untuk itu silahkan centang bulan Februari saja kemudian klik Ok.

4. Autofilter Berdasarkan Warna di Excel

Filter di Excel yang satu ini atau yang disebut filter by color (menampilkan filter berdasarkan warna). Ini akan tersedia jika kamu menggunakan satu warna baik warna font atau cell. Selain itu juga bisa Anda gunakan pada baris data yang menggunakan icon yang berasal dari Conditional Formatting.

pada kolom jumlah dan total menunjukkan contoh yang menggunakan lebih dari satu warna font dan cell.

Sekarang akan saya contohkan untuk kolom total. Di sini saya ingin menampilkan data dengan cell berwarna hijau saja dan menyembunyikan (hide) cell berwarna selain hijau.

Untuk melakukannya silahkan ikuti cara filter data berdasarkan warna seperti berikut ini:

  1. Silahkan klik icon Drop Down Filter pada kolom Total.
  2. Kemudian pilih Filter by Color.
  3. Jika hanya akan memfilter cell berwarna hijau, maka pilih warna hijau pada Filter by Cell Color. Kemudian lihat hasilnya.

5. Cara filter cell kosong

Tanpa sengaja maupun tidak terkadang bisa terjadi cell kosong dalam baris data kamu. Disitu kamu bisa memfilter cell kosong kamu menggunakan fitur Autofilter. Agar lebih mudah untuk memfilter cell kosong kamu bisa menggunakan Filter berdasarkan list data seperti contoh di atas.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan filter berdasarkan kolom, lalu centang Blanks pada list data. Setelah itu excel hanya akan menampilkan cell yang tidak berisi data dari range data kamu.

Baca Juga: Cara Menemukan Data Duplikat Di Excel (Hapus Data Ganda)

Akhir Kata

Itulah beberapa cara menampilkan filter di Excel. Jika kesulitan menggunakan cara pertama, silahkan mengikuti cara selanjutnya yang menurut kamu lebih mudah. kemudian kamu bisa menggunakan pilihan filter seperti yang sudah diuraikan di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.