Cara Mengganti Default Browser iPhone & iPad

Mengganti Default Browser iPhone – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengganti default browser iPhone. Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Jika kemarin kita sudah membahas bagaimana mengganti default browser di Android, maka sekarang kita akan beralih ke iPhone ya.

Seperti yang kita tahu bahwa Browser yang memiliki kaitan dengan dokumen Web di namakan dengan ‘default browser’. Search engine yang bisa di jadikan sebagai default browser hanya satu. Jadi, nantinya ketika kalian atau para pengguna hanya perlu klik pada dokumen Web dan aplikasi otomatis di luncurkan. Akan tetapi, hanya ada satu default browser yang apabila suatu saat nanti ingin menggunakan browser lain, maka file perlu di ubah.

Ada banyak sekali mesin pencari yang bisa menjadi pilihan sebagai default browser. Salah satunya adalah Google ya, kalian pasti tidak asing lagi dengan nama ini. Jika kalian ingin menjadikan Google sebagai default browser, maka kalian perlu menggantinya menjadi google crome browser misalnya. Hal ini hanya bisa satu karena akan memudahkan kalian ketika mengklik suatu web atau sumber dan akan langsung menuju browser yang berisi informasi tersebut.

Nah, untuk kalian para pengguna HP IOS atau iPhone, kalian tidak perlu khawatir karena iPhone juga bisa ya mengalihkan default browser. Untuk kalian yang belum tau caranya mengganti default browser iPhone, kalian bisa simak penjelasan kami di bawah ini sampai selesai ya karena kami juga akan memberikan informasi tambahan untuk kalian. Yuk, disimak bersama-sama dan selamat mencoba.

Baca Juga: Mengubah Browser Default ke Google Chrome di Android

Mengganti Default Browser iPhone

Cara Mengganti Default Browser iPhone

Nah readers flin setyadi sekalian, di bawah ini akan kami sampaikan informasi utamanya yaitu bagaimana caranya untuk mengganti default browser di HP Iphone kalian ya. Setelah itu akan kami berikan contoh dan informasi tambahan untuk mengganti default browser ke salat satu platform dari google. Yuk di simak penjelasan kami sampai selesai, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Mengganti Default Browser iPhone

Untuk caranya sendiri cukup mudah ya untuk mengganti browser default bawaan iPhone atau iPad yang ingin kalian gunakan. Akan tetapi, jika kalian mencoba mengganti dengan menggunakan iPhone atau iPad, kemungkinan akan sedikit sulit dan rumit, atau setidaknya kalian perlu membaca petunjuk cara-caranya terlebih dulu.

Sebelum di luncurkannya iOS 14, Apple tidak mengizinkan pengguna untuk mengubah browser default atau browser bawaan di perangkat iPhone. Yang artinya, meskipun pengguna dapat menginstal browser, pihak ketiga seperti Firefox atau Chrome. Yang merupakan aplikasi yang membuka tautan di browser secara otomatis akan menggunakan Safari sebagai default.

Meski seperti itu, pengguna ataupun kalian yang memakai iPhone bisa memilih untuk membukanya di browser lain, namun itu merupakan langkah tambahan yang tidak terlalu sepadan dengan waktu dan tenaga. Namun kalian tak perlu khawatir, karena sekarang Apple mengizinkan pengguna untuk mengubah browser default di iPhone dan iPad mereka, dan ini sangat mudah di lakukan ya. Berikut akan kami berikan beberapa langkah yang bisa kalian ikuti.

1. Mengubah Default Browser di iPhone

Berikut langkah yang bisa kalian ikuti untuk mengganti default browser atau browser bawaan di HP iPhone kalian masing-masing ya. Kalian lakukan secara perlahan dan ikuti dengan seksama. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian coba.

  • Pertama-tama, perlu kalian pastikan bahwa kalian sudah men-instal browser yang kalian inginkan ya, misalnya kalian ingin menggunakan goole chrome. Dan pastikan juga bahwa browser yang kalian instal sudah dalam versi yang terbaru.
  • Selanjutnya, silahkan kalian menuju ke Menu atau aplikasi ‘Pengaturan atau Setting’ dan kalian cari opsi ‘Google Chrome’.
  • Kemudian, kalian pilih menu ‘App Browser Default’, dan kalian ubah dari ‘Safari ke Chrome’.
  • Selesai.

Nah reader sekalian, maka default browser atau browser bawaan di HP iPhone kalian sudah berganti ya. Ketika kalian ingin meng-klik atau membuka sebuah link apapun di HP iPhone kalian, maka akan ada muncul sebuat tombol untuk kalian memilih membuka link tersebut menggunakan default browser atau tidak. Jika kalian sudah mengganti default browser kalian, maka kalian hanya tinggal menyesuaikan dan klik ‘Buka’ pada notifikasi tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya karena cara ini cukup mudah dan gampang.

Perlu di ingat juga bahwa ketika kalian menghapus app browser web tersebut, maka perangkat akan menetapkan secara otomatis Safari sebagai app browser default atau browser bawaan di HP kalian. Ketika kalian menghapus app Safari, maka perangkat akan menetapkan salah satu app browser web lainnya sebagai default browser. Agar kalian menggunakan app Safari lagi, kalian harus menginstalnya lagi di perangkat.

Kerika kalian menghapus app email, maka perangkat akan menetapkan app Mail sebagai default browser atau bawaan. Dan ketika kalian men uninstal atau menghapus app Mail, maka perangkat akan menetapkan salah satu app email yang lain sebagai default. Agar menggunakan app Mail kembali, maka kalian harus menginstal kembali di perangkat HP iPhone kalian.

Baca Juga :

Recovery Flashdisk Yang Terkena Virus Paling Ampuh – Flin Setyadi

Cara Masuk Safe Mode Windows 7, 8, 10 & 11 Terbaru – Flin Setyadi

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop / PC Windows 10 & 11 – Flin Setyadi

2. Mengganti Default Browser di iPhone Dengan BrowserChooser

Cara kedua mengganti default browser iPhone ini dengan cara menggunakan browser Chooser ya. Hal ini dikembangkan pada saat akhir Juni lalu, ketika Make Mac pernah membahas terkait peramban baru yang bisa di gunakan pada setiap iDevice yang kalian punya, yaitu Google Chrome. Akan tetapi, seperti yang di ketahui ya bahwa iOS atau iPhone ini tidak memiliki pengaturan pilihan default browser. Dari situlah membuat setiap link yang akan kita buka atau kita lihat melalui sebuah aplikasi, Tweetbot misalnya akan selalu di arahkan kepada Safari.

Maka berinovasilah seorang developer aplikasi Cydia yang bernama Ryan Petrich yang sepertinya menyadari hal tersebut. Sampai dimana beliau memutuskan untuk membuat suatu tweak yang berguna untuk membuat tambahan pilihan Default Browser pada menu Settings yang terdapat di HP iPhone ya. Tweak inilah yang di namakan dengan BrowserChooser, dan kalian bisa unduh secara gratis melalui Cydia. Untuk tambahan informasi, Ryan Petrich adalah developer di balik Activator yang berfungsi sebagai launcher alternatif di iPhone atau iOS.

Berikut akan kami berikan bagaimana dan apa saja yang harus kalian lakukan dalam menaktifkan Browser Chooser ini ya. Selamat menyimak dan selamat mencoba.

  • Pertama-tama, silahkan kalian lakukan atau memasukkan repository tambahan di Cydia. Repository ini bisa kalian tambahkan dengan memilih menu ‘Manage’ kemudian pilih menu ‘Edit’, dan kalian klik menu ‘Add’.
  • Selanjutnya, silahkan kalian masukkan alamat repository yang di miliki oleh Ryan Petrich, yaitu http://rpetri.ch/repo/ pada pop-up menu yang di sediakan di halaman tersebut.
  • Kemudian, untuk mengunduh Browser Chooser, silahkan kalian masuklah pada menu Search dan kalian lakukan pencarian Browser Chooser.
  • Selesai.

………

Nah, cara di atas adalah bagaimana untuk mengaktifkan Browser Chooser ya. Untuk tambahan informasi, Browser Chooser ini tidak tahu mengapa tidak terdapat pada repository yang di miliki oleh Ryan Petrich tersebut. Akan tetapi pencarian Browser Chooser tidak bisa kalian lakukan apabila kalian tidak memasukkan repository tersebut sebelumnya.

Perlu di ketahui juga bahwa Browser Chooser ini sudah cukup bagus untuk kalian pasang pada iDevice yang kalian punya. Tak hanya karena gratis, Browser Chooser ini juga mempunyai kemungkinan yang sangat kecil untuk membuat springboard kalian menjadi crash. Kemampuan yang simpel dan berguna yang ini di miliki oleh Browser Chooser membuat mereka menjadi cukup fungsional, terutama juga kalian yang lebih menyukai peramban pihak ketiga, ketimbang peramban Safari yang sudah tersedia secara otomatis di setiap perangkat iPhone IOS.

Untuk fitu BrowserChooser yang bisa kalian gunakan dalam beberapa peramban pihak ketiga, antara lain seperti Opera Mini, Google Chrome, Mobile, MammothIV, iCab, Dolphing Browser, Diigo, Atomic Browser, iLunascape, Puffin, Mercury dan tentu saja yaSafari. Pilihan peramban itu bisa kalian pilih melalui Menu ‘Settings’, kemudian ke opsi ‘BrowserChooser’. Yang nantinya BrowserChooser sendiri secara otomatis akan mengetahui peramban apa saja yang sudah kalian punya, dan kalian akan di berikan pilihan atau opsi mana yang ingin di gunakan sebagai Default Browser di HP iPhone kalian.

3. Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Bawaan di iPhone / iPad

Tentu saja sebelum mengganti default browser, perlu kalian pastikan bahwa sudah mendownload Google Chrome telah atau menginstal di perangkat iPhone atau iPad. Berikut link Download Chrome untuk iPhone dan iPad.

  1. Setelah terpasang, pada perangkat iPhone atau iPad kalian silahkan buka aplikasi Chrome Chrome.
  2. Kemudian ketuk ‘Lainnya’ dengan logo Lainnya > Setelah itu buka ‘Setelan’ Setelan.
  3. Selanjutnya Ketuk pada bagian Browser default.
  4. Setelah itu ketuk Buka setelan Chrome > lalu Aplikasi browser default
  5. Terakhir atur Chrome sebagai Aplikasi browser default bawaan di iPhone atau iPad kalian.

Catatan:

  • Untuk mengubah Chrome sebagai browser default bawaan di iPhone atau iPad, perlu mengupdate atau sudah memiliki iOS 14 dan yang lebih baru.
  • Namun apabila tidak menemukan opsi untuk mengganti browser default bawaan, silahkan update ke versi Chrome terbaru.

Baca Juga: Cara Mengganti Akun Google Chrome di HP dan Laptop

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Di atas tadi merupakakan beberapa cara dan ketentuan yang harus kalian perhatikan dalam mengganti default browser di HP iPhone kalian masing-masing ya.

Jangan lupa untuk mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Mohon maaf jika menemukan kesalahan dan terima kasih sudah ke lapak kami.