Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Termudah

Membersihkan Ruang Penyimpanan Vivo – Setiap hp pasti memiliki ruang penyimpanan. Dan biasanya penyimpanan yang paling sering digunakan adalah penyimpanan internal karena bisa langsung dipakai saat hp pertama kali dibeli.

Begitu juga pada hp Vivo, yang tentunya juga memiliki ruang penyimpanan. Kapasitasnya pun berbeda-beda, mulai dari yang kecil hingga besar mencapai ratusan GB. Hal itu menjadi salah satu alasan banyak orang memilih menggunakan hp Vivo.

Agar tetap awet dipakai selama bertahun-tahun, kamu harus mengetahui cara merawat hp dengan benar. Salah satunya adalah dengan membersihkan ruang penyimpanannya. Dengan membersihkan ruang penyimpanan, kamu membuat kinerja hp menjadi lebih optimal.

Bagi kamu pengguna hp Vivo yang belum mengetahui caranya, simak artikel berikut sampai habis karena flin setyadi akan membahas cara membersihkan ruang penyimpanan Vivo.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Menghapus Data Cache

Cara membersihkan ruang penyimpanan Vivo yang pertama adalah dengan membersihkan data cache. Data ini biasanya muncul setelah kamu membuka aplikasi-aplikasi yang ada di hp. Data ini adalah data yang tak terpakai sehingga aman untuk dihapus. Berikut caranya:

  1. Buka menu ‘Aplikasi Manajer Telepon’
  2. Tekan ‘Bersihkan Memori’ pada bagian depan
  3. Pilih menu ‘Semua Data Cache Aplikasi’
  4. Untuk mengahpus, klik ‘Hapus’
  5. Tunggu hingga proses penghapusan selesai

Menghapus Data Aplikasi

Kamu juga perlu menghapus data aplikasi untuk membersihkan ruang penyimpanan Vivo. Adapun data yang dimaksud juga termasuk data cache namun ini lebih spesifik karena dihapus per aplikasi. Berikut caranya:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ di hp-mu
  2. Tekan ‘Aplikasi dan Notifikasi’
  3. Pilih menu ‘Info aplikasi yang dipilih’
  4. Klik ‘Penyimpanan dan Cache’, lalu tekan ‘Cache’ untuk menghapus
  5. Tunggu hingga proses penghapusan selesai dan berlakukan cara yang sama pada setiap aplikasi di hp Vivo

Baca Juga:

Cara Screenshot di HP Vivo Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Hapus Aplikasi dan Data Tak Terpakai

Untuk membersihkan ruang penyimpanan Vivo, kamu juga bisa dengan menghapus aplikasi dan dokumen-dokumen yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan  begitu, tentu saja kamu juga mengurangi isi ruang penyimpanan.

Data-data seperti foto, video, audio dan lain sebagainya juga menggunakan kapasitas di ruang penyimpanan. Maka dari itu, segera hapus data ataupun aplikasi yang sudah jarang atau bahkan tidak terpakai.

Pindahkan Data ke Cloud Storage

Cara membersihkan ruang penyimpanan Vivo yang terakhir adalah dengan memindahkan data-data ke Cloud storage atau yang sejenisnya. Adapun sebagian besar masyarakat memilih Google Drive untuk menyimpan data.

Untuk mengakses penyimpanan ini juga terbilang mudah sehingga menjadi pilihan banyak orang. Dengan memindahkan data kesini, tentu penyimpanan hp Vivo akan berkurang dan menjadi lebih ringan.

Baca Juga:

Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo Paling Mudah

Akhir Kata

Demikianlah cara menambah ruang penyimpanan HP Vivo yang bisa kamu coba. Dengan membersihkan penyimpanan secara rutin, maka performa hp-mu akan terjaga dan hp akan awet dan tahan lama.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.