Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung – Ketika kamu membuka kamera dan tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa kamera tidak bisa terbuka atau tidak terhubung, kamu pasti bingung. Hal ini biasanya terjadi karena tempat penyimpanan yang penuh, data yang korup atau setting di HP Xiaomi kamu ada yang tidak sesuai. Dan hal ini masih bisa kamu perbaiki sendiri.

Penggunaan kamera sudah menjadi keperluan sehari-hari. Kamera yang dijadikan sebagai alat untuk mengabadikan momen, berbagi keseharian, mengambil gambar makanan favorit dan menjadi sebagai alat komunikasi.

Baca juga: Cara Membuat Layar Hp Xiaomi Tidak Mati & Menyala Terus

Untuk mengatasi masalah kamera Xiaomi yang tidak dapat terhubung, berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Berikut beberapa cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Menutup Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung adalah dengan menutup aplikasi kamera melalui recent apps. Selain menutup aplikasi kamera cobalah untuk menutup semua aplikasi yang terbuka. Hal ini mungkin terjadi karena beban HP terlalu besar untuk membuka kamera disertai dengan aplikasi yang masih terbuka di background.

Setelah menutup semua aplikasi, cobalah membuka kembali aplikasi kamera kamu. Cara ini masih bersifat sederhana dan sementara. Jika masih belum bisa cobalah ke cara berikutnya.

Baca juga: Cara Memulihkan HP Xiaomi Setelah di Reset

2. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Kadang-kadang masalah ini terjadi dikarenakan ruang penyimpanan ponsel kamu terlalu penuh, sehingga perlu dikosongkan agar ada ruang untuk menambahkan data. Dengan cara menghapus data dan file yang tidak penting.

Selain itu, pindahkan file seperti foto atau video ke kartu memori. Sehingga penyimpanan internal di ponsel memiliki ruang yang cukup untuk menggunakan aplikasi kamera.

3. Menghapus Data Aplikasi Kamera

Selain mengosongkan ruang penyimpanan, kamu juga perlu untuk menghapus data aplikasi kamera apabila masih mengalami kamera Xiaomi tidak terhubung. Hal ini bisa terjadi karena terdapat file yang corrupt atau bugs pada aplikasi kamera.

Cara ini akan membuat kamera kembali pada posisi default dan semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti basis data, cache, serta temporary file lainnya.

Untuk menghapus data aplikasi kamera kamu perlu pergi ke menu Settings, lalu pilih Aplikasi Terinstall, kemudian pilih Kamera, Setelah itu, tekan Hapus Data, dan terakhir Hapus Semua Data.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

4. Restart Smartphone

Cara lainnya untuk mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung yaitu, me-restart smartphone kamu. Cara ini berhasil dilakukan oleh beberapa orang. Penyebab terjadinya hal ini dikarenakan memori utama dan RAM yang penuh.

5. Kembali pada Setelan Bawaan

Cara selanjutnya adalah dengan mengembalikan setelan bawaan pada kamera atau setelan default. Untuk melakukannya, kamu bisa membuka menu Setelan,lalu tekan Aplikasi Sistem, Kemudian pilih Kamera, Setelah itu, pilih Pulihkan Setelan Bawaan, dan terakhir tekan OK.

6. Cek Bagian Permission

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian perizinan aplikasi kamera. Lihatlah apakah kamera dalam posisi aktif (enable) atau tidak aktif (unable).

Untuk mengaktifkan kamera kamu perlu pergi ke menu Setelan, lalu pilih Perizinan, Kemudian pilih Perizinan Kamera dan pastikan perizinan aktif (enable) yang ditandai tombol berwarna hijau ke arah kanan.

Baca juga: Cara Menggunakan Game Turbo Xiaomi Agar Lancar

7. Factory Reset

Memilih cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung ini sebenarnya tidak disarankan, karena kamu akan menghapus seluruh data yang ada di dalam ponsel kamu. Selain itu, karena pengaturan sistem akan kembali pada posisi default yang mana ponsel dalam kondisi seperti baru.

Sebelum melakukan tindakan ini, sebaiknya kamu telah mem-backup semua data yang ada di dalam ponsel kamu. Untuk melakukan factory reset kamu bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Setelan.
  • Lalu, pilih Setelan Tambahan.
  • Kemudian, pilih Cadangkan & Setel Ulang.
  • Selanjutnya, pilih Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik.
  • Terakhir, tekan Setel Ulang Telepon.

8. Bawa ke Gerai Xiaomi

Jika cara-cara di atas tidak mempan, cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan membawa HP kamu ke gerai Xiaomi terdekat untuk melihat apakah ada masalah lain, sehingga bisa segera diperbaiki oleh ahlinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kamera iPhone Bergetar dan Penyebab

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamera HP Xiaomi kamu tidak dapat terhubung. Semoga bermanfaat!