Cara Membubarkan Grup WhatsApp (WA) Terlengkap

Cara Membubarkan Grup WhatsApp – Selain panggilan video, suara dan berkirim pesan, aplikasi WA memungkinkan untuk pengguna membuat dan menghapus grup.

Seperti kita ketahui WhatsApp menjadi aplikasi pengirim pesan yang sangat banyak digunakan di dunia. Dengan adanya WhatsApp berkirim pesan menjadi lebih mudah dan praktis.

Tidak hanya berkirim pesan ke satu orang, WhatsApp juga menyediakan fitur berkirim pesan ke banyak orang yang berada di dalam grup.

Memiliki grup WhatsApp memudahkan kita untuk menyebarkan berita penting ke banyak orang sekaligus, tanpa harus mengiriminya satu-persatu. Dibuatnya grup WhatsApp memiliki bermacam-macam alasan dan tujuan.

Misalnya, grup alumni untuk bersilaturahmi, grup komunitas, untuk berbagi hobi yang sama, ataupun grup RT, yang selalu membagikan info terbaru, dan grup-grup lainnya.

Namun, dengan banyaknya grup yang kita miliki terkadang memori penyimpanan HP menjadi sedikit, terhindar dari hoax yang beredar, dan menghindari HP menjadi lemot. Untuk menghindarinya kamu bisa menghapus atau membubarkan grup WhatsApp yang ada, dengan catatan kamu merupakan admin dari grup tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti Paling Mudah

Dilansir dari laman resmi WhatsApp, berikut cara membubarkan grup WhatsApp.

Cara Membubarkan Grup WhatsApp

Jika kamu ingin membubarkan grup WhatsApp karena sudah tidak aktif atau sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu biasanya hanya keluar dari grup.Tapi, hal itu tidak benar-benar membuat grup itu terhapus sepenuhnya.

Ketika pembaca Flin Setyadi keluar grup, dan anggota lain masih berada di dalam grup. Sehingga grup tersebut masih tetap aktif, hanya kamu tidak bisa berkirim pesan ke grup tersebut.

Dan jika kamu merupakan admin dari grup tersebut, posisi admin akan digantikan oleh orang lain yang akan menjadi admin pengganti.

Baca juga: Cara mengembalikan nomor whatsapp diblokir

Jika kamu seorang admin dan benar-benar ingin menghapus grup WhatsApp yang ada, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Mengeluarkan Anggota Grup

Langkah pertama jika kamu ingin menghapus grup WA adalah, mengeluarkan semua anggota yang ada di dalam grup. Perlu diingatkan kembali cara ini hanya berlaku jika kamu seorang admin grup tersebut.

  • Buka WhatsApp melalui smartphone atau Web dan cari grup yang ingin kamu hapus. Buka grup dengan menekan di bagian profile atau nama grup.
  • Daftar anggota akan terlihat. Lalu, klik dan tahan salah satu profile atau nama anggota grup tersebut hingga muncul pop up dan pilih Remove. Lakukan cara ini untuk seluruh anggota grup.

Dengan mengeluarkan anggota dari grup WhatsApp, grup mungkin tidak akan terhapus di HP mereka, dan riwayat chat masih bisa terbaca hingga mereka menghapusnya. Anggota yang sudah dikeluarkan dari grup tidak akan bisa mengirim pesan ke grup.

2. Keluar dari Grup

Selanjutnya, untuk menghapus grup dan riwayat yang ada di dalamnya kamu, sebagai admin harus keluar dari grup WA terlebih dahulu. Dengan cara:

  • Pada bagian daftar peserta, pada paling bawah screen terdapat opsi Exit Group, klik bagian tersebut untuk keluar.
  • Atau kamu bisa keluar grup dengan cara menekan dan tahan beberapa detik pada pesan grup saat berada di halaman utama WhatsApp, kemudian klik Ikon titik tiga di ujung kanan atas dan pilih opsi Exit Group.

3. Menghapus Grup WA

Setelah kamu melakukan hal-hal di atas, kamu sudah bisa menghapus grup WA tersebut dari aplikasi WhatsApp. Dengan cara seperti ini:

  • Tekan tombol Delete Group yang berada di deskripsi grup.
  • Selain cara itu, kamu juga bisa menghapusnya dengan cara tekan dan tahan beberapa detik pada grup tersebut saat berada di halaman utama WhatsApp dan klik Ikon Tempat Sampah.

Grup WhatsApp kamu sudah terhapus secara permanen. Dengan cara ini anggota lain bahkan admin lain juga tidak dapat mengakses grup tersebut.

Baca juga: Efek Video Call WhatsApp Membuat Wajah Menjadi Glowing

Akhir Kata

Itulah beberapa langkah dalam membubarkan grup WhatsApp. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba!