Cara Membuat WhatsApp (WA) Verified / Centang Hijau [Resmi]

Cara Membuat WhatsApp Verified – Anda ingin membuat akun WhatsApp Business? Khawatir prosesnya akan ribet dan susah? Tenang, karena di sini kami akan menjelaskan cara membuat WA bisnis anda verified atau centang hijau dengan mudah.

Anda memiliki akun WA bisnis dan ingin menaikkan penjualan dengan menggunakan tanda centang hijau di WA atau Verified Badge. Karena memang tanda centang hijau di WA itu dapat menjadi sebuah jaminan bahwa akun WA bisnis anda dapat dipercaya. Sehingga orang-orang menjadi tenang saat akan berbelanja di toko anda.

Marilah kita bahas cara membuat WhatsApp verified dengan mudah di bawah ini!

Baca juga: 5 Pengaturan video call WhatsApp Yang Kamu Tidak Ketahui

5 Langkah Cara Membuat WhatsApp (WA) Verified atau Centang Hijau

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk membuat WhatsApp verified.

1. Siapkan Nomor untuk Akun WhatsApp Business

Pertama, siapkan nomor yang akan Anda gunakan untuk membuat akun WhatsApp. Nomor tersebut bisa berupa kontak baru atau nomor yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Namun pastikan nomor tersebut tidak anda gunakan pada akun WhatsApp pribadi.

2. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Selanjutnya, siapkan dokumen yang menjadi persyaratan untuk membuat WhatsApp Verified. Mengutip dari situs Meta Business Help Center, berikut adalah dokumen yang harus Anda persiapkan sebagai pengguna dari Indonesia:

  • Business Bank Statement
  • Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
  • Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  • Tanda Dafter Perusahaan (TDP)
  • Utility bill

Selain dokumen anda juga perlu menyiapkan akun Facebook Business Manager, situs web, email dan informasi bisnis lainnya sebagai syarat WhatsApp Centang Hijau.

3. Daftarkan Akun Anda ke WhatsApp Business Solution Provider yang Resmi

Setelah menyiapkan dokumen, anda dapat mendaftarkan akun WA anda yang ingin menjadi verified atau centang hijau ke Business Solution Provider (BSP) yang resmi. Pihak BSP akan mendaftarkan nomor anda sebagai akun Business API.

4. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Selanjutnya, lakukanlah proses verifikasi akun Facebook Business Manager. Pada tahap ini, pihak BSP akan membantu anda dalam melakukan proses verifikasi. Anda hanya perlu menyiapkan berbagai dokumen persyaratan yang diperlukan.

5. Tunggu Hasil Proses Verifikasi

Terakhir, jika permintaan verifikasi centang hijau WhatsApp anda berhasil, maka akun WhatsApp Business anda akan otomatis berubah menjadi akun WhatsApp Official Business.

Perubahan tersebut dapat terlihat dengan munculnya tanda centang hijau terverifikasi yang tepat berada disamping gambar profil pada akun anda.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus di HP

Akhir Kata

Mudah bukan? Membuat akun WA bisnis anda verified atau centang hijau. Dengan adanya tanda centang hijau di WA anda membuat akun anda memiliki berbagai macam keuntungan.

Seperti, meningkatkan kepercayaan, menaikkan value bisnis, mengurangi potensi diabaikan pelanggan, meningkatkan penjualan bisnis, mampu menjangkau pelanggan secara luas, sarana branding, dan menghindarkan pelanggan dari penipuan. Hebat bukan? Hanya dengan satu tanda itu anda mendapatkan banyak keuntungan.

Itulah cara membuat WhatsApp verified dengan mudah. Semoga membantu.