Apa itu Iklan? Tujuan, Fungsi dan Jenis

By Flin

Tujuan Iklan- Hai para pembaca flinsetyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas Apa itu Iklan,Tujuan, fungsi, dan jenis-jenisnya. Nah penjelasan kita kali ini akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul di benak kita ya.

Pasti kita semua pernah melihat atau menjumpai iklan ya. Baik melalu media sosial, media cetak, bahkan media visual. Iklan di media sosial sering nih kita jumpai di youtube ataupun aplikasi online shop bahkan di instagram juga bisa kita jumpai. Iklan di media sosial ini terlebih youtube merupakan upaya atau bisa menjadi penghasilan uang ya.

Sedangkan iklan di media cetak bisa kita lihat contohnya di sebuah koran atau majalah. Biasanya di samping-samping halaman atau akhir halaman akan menampilkan beberapa promosi produk dalam bentuk iklan. Nah, untuk media visual sendiri biasanya iklan bisa kita dengar melalui radio mobil saat berkendara ataupun radio rumah ya.

Sebenarnya apa sih iklan itu. Bahkan fungsi, tujuan, dan jenis jenisnya?. Yuk, sama-sama kita bahas lebih dalam apa itu iklan dan lain sebagainya. Di simak sama-sama ya.

Baca Juga: 10 Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2022

Apa itu Iklan? Tujuan, fungsi, dan jenisnya

Apa itu Iklan? Tujuan, fungsi, dan jenisnya

Nah, setelah ini kita semua akan sama-sama mengetahui apa itu iklan. Tujuan iklan, fungsinya, bahkan jenis-jenis iklan sendiri tu apa aja sih. Yuk, kita simak bersama-sama penjelasan yang akan kami jabarkan.

Pengertian Iklan Secara Umum

Secara umum iklan dapat di artikan sebagai bentuk kegiatan dalam mengkomunikasikan, menarik perhatian, dan membujuk sebagian atau seluruh masyarakat untuk mengambil tindakan dalam merespon ide, barang, atau jasa yang di presentasikan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia iklan sebagai berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang di tawarkan, pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang di jual, di pasang di dalam media massa seperti surat kabar dan majalah.

Menurut Dewan Periklanan Indonesia (DPI) (2007: 16) “Iklan merupakan pesan komunikasi pemasaran atau komunikasi publik tentang sesuatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.”

Pengertian Iklan Menurut Ahli

Berikut ini pengertian iklan menurut para ahli dengan berbagai fungsi dan tujuan:

  1. Pengertian Iklan Menurut Djaslim Saladin

Apa itu iklan adalah satu di antara alat promosi, biasanya di gunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat, di mana bentuk penyajian iklan ini bersifat non-personal.

  1. Pengertian Iklan Menurut Kriyantono

Iklan adalah komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk memengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.

  1. Pengertian Iklan Menurut Durianto

Apa itu iklan adalah proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

  1. Pengertian Iklan Menurut Faela Sufa

Apa itu iklan adalah media informasi yang dibuat dengan cara tertentu untuk menarik penonton, asli, dan memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga konsumen secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan pengiklan.

  1. Pengertian Iklan Menurut lyer et. al.

Apa itu iklan adalah satu di antara keputusan terpenting yang dilakukan seorang pemasar, dan pemilihan media juga merupakan elemen terpenting bagi pemasar.

  1. Pengertian Iklan Menurut Liliweri

Apa itu iklan adalah suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran dalam membantu menjual barang, dengan memberi layanan serta gagasan atau ide-ide melalui sasaran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

Tujuan Iklan

-Memberikan informasi (Informing), Iklan berfungsi menginformasikan mengenai ciri-ciri produk serta kegunaannya membuat konsumen menyadari adanya produk.

-Membujuk dan mempengaruhi (Persuading), Terkadang bujukan tersebut mengambil bentuk dengan cara mempengaruhi permintaan primer (Primary Demand), yaitu menciptakan permintaan bagi seluruh kategori produk.

Tetapi yang lebih sering, iklan berusaha untuk membangun permintaan sekunder (Secondary Demand), yaitu permintaan terhadap merek dari produk perusahaan harus dapat membujuk konsumen untuk mencoba.

-Mengingatkan (Reminding) Iklan juga dapat menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen.

-Memberikan nilai tambah (Adding Value) Ada tiga cara utama bagaimana perusaahaan dapat menambah nilai bagi produk mereka, antara lain:

  • a) Melakukan inovasi meningkatkan kualitas dan menambah nilai bagi produk dan merek tertentu dengan mempengaruhi persepsi konsumen.
  • b) Iklan yang efektif menjadikan merek dipandang sebagai sesuatu yang elegan.
  • c) Lebih bergaya bahkaan mungkin lebih unggul dari merek lainnya yang di tawarkan dan pada umumnya dipersepsikan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

-Mendampingi (Assisting other Company Effort) Iklan hanyalah salah satu anggota atau alat dari tim atau bauran komunikasi pemasaran. Pada saat lainnya, peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Itulah beberapa tujuan iklan.

Fungsi Iklan

  1. Memberi Informasi, Fungsi iklan yang pertama adalah memberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan. Secara tidak langsung, dengan melihat iklan kita bisa mengetahui sekelebat berita atau peristiwa yang baru saja terjadi.
  1. Membujuk, Fungsi iklan adalah membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang produk, mengajak konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang di iklankan dan membujuk konsumen untuk membeli sekarang. Secara tidak langsung, dengan tampilnya iklan ini sedikit mengambil waktu kalian untuk melihat dan menarik perhatian kalian.
  1. Mengingatkan, Fungsi iklan adalah menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada. Secara tidak langsung, iklan membuat kalian mengenal iklan tersebut dan membuat kalian mengingatnya.
  1. Memberikan Nilai Tambah, Fungsi iklan adalah memberikan nilai tambah pada merek dengan memengaruhi persepsi konsumen. Sehingga sering kali merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, dan biasa lebih unggul dari tawaran pesaing.
  2. Menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk, Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu, Menstimulus pasar, Mendukung komunitas bisnis, Membangun dan memelihara hubungan yang abadi antara konsumen dan perusahaan.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Hp Lemot Tanpa Ribet – Flin Setyadi

Aplikasi Screenshot Terbaik di Hp Android Terlengkap – Flin Setyadi

Cara Cek Kecepatan Internet Secara Akurat – Flin Setyadi

Jenis Iklan

  1. Iklan cetak. Iklan cetak adalah iklan yang ada pada media cetak seperti surat kabar, selembaran, poster, atau majalah. Hingga kini iklan cetak masih jadi cara yang cukup efektif untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa.
  2. Baliho. Baliho banyak di temukan jalan-jalan menjulang tinggi di kota-kota di seluruh dunia. Selain itu baliho atau papan reklame dapat menjadi iklan produk statis atau bergerak untuk hampir semua hal. Tak hanya itu, balih memang terkenal dengan gambar besar sehingga mudah di lihat.
  3. Iklan Televisi. Iklan televisi adalah cara paling populer untuk menampilkan produk kepada orang-orang selama lebih dari 50 tahun. Sering kita jumpai setelah tayangan suaru film atau berita akan muncul iklan yang akan memamerkan produk-produk mereka.
  4. Iklan Radio. Iklan radio, seperti yang di jelaskan sebelumnya meskipun hanya audio, tanpa gambar untuk di pasangkan, masih sangat efektif. Ada dua tujuan audiens iklan yang berbeda: audiens yang lebih tua dan mereka yang mendengarkan radio selama perjalanan kerja mereka. Penyampaian yang langsung dan singkat membuat audiesn mengerti dan tertarik.
  5. Iklan Media Sosial. Platform Media Sosial semakin populer dan menjadi media periklanan yang sangat efektif saat ini. Menempatkan iklan promosi di situs yang di sukai ini sangat bagus karena kalian dapat menargetkan demografi lebih dekat daripada sebelumnya. Dengan iklan media sosial, pengiklan bisa memilih kelompok usia, minat, lokasi, dan banyak lagi hanya dengan beberapa klik.
  6. Iklan Penelusuran dan Tampilan. Jenis iklan ini memanfaatkan penggunaan iklan pencarian dan tampilan yang disesuaikan dengan pencarian kata kunci. Bentuk iklan promosi ini sangat bagus untuk penargetan ulang dan pemasaran ulang kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs web pengiklan.
  7. Periklanan Seluler. Penggunaan seluler telah berkembang sepuluh kali lipat dalam waktu yang singkat. Iklan yang memprioritaskan seluler dapat mencakup iklan SMS, iklan aplikasi, dan iklan situs web yang ditujukan untuk pengguna seluler.
  8. Pop-up. Menggunakan popup yang menyertakan iklan juga menjadi iklan digital yang menjanjikan. Pop-up yang memberikan kode diskon atau tautan ke produk persis yang di cari calon konsumen dapat membuat perbedaan besar bagi pelanggan potensial.

Baca Juga: Cara COD di TikTok Shop lengkap dan Mudah

Akhir Kata

Nah bagaimana para pembaca flinsetyadi sekalian. Semoga informasi mengenai pengertian iklan, tujuan iklan, fungsi dan jenis dapat kalian pahami. Sekian yang dapat kami sampaikan dan jangan lupa mampir ke web kami. Terima kasih.

error: Content is protected !!