Cara Mengaktifkan Akun Google Yang Dinonaktifkan

Flinsetyadi.com Akun Google atau Google Account merupakan sistem login utama yang berupa sebuah email dan kata sandi yang digunakan untuk masuk ke beberapa layanan Google dan beberapa aplikasi. Ternyata Akun Google dapat Dinonaktifkan atau menjadi nonaktif karena beberapa alasan.

Jadi, dengan akun google ini kamu bisa mengakses berbagai hal dengan mudah karena kamu sudah terdaftar sebagai penggunanya. Apalagi di zaman yang serba canggih ini, seolah mengharuskan semua orang termasuk anak-anak untuk membuat akun google.

Termasuk para pekerja yang lebih sering berinteraksi dan beraktifitas secara online, sudah dipastikan mereka memiliki akun google untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Namun, akun google ini juga bisa mengalami beberapa masalah.

Salah satunya adalah akun google menjadi nonaktif sehingga membuatnya tidak bisa digunakan dan pekerjaanmu menjadi terhambat. Biasanya, akun google yang dinonaktifkan terjadi secara tiba-tiba karena pihak google tidak memberikan pemberitahuan sebelumnya.

Hal itu bisa saja terjadi karena beberapa hal. Diantaranya adalah akunmu dilaporkan oleh beberapa pengguna lain, atau kamu melanggar panduan komunitas dan kebijakan yang ditetapkan oleh google.

Jika hal itu terjadi pada akun googlemu, kamu tidak perlu khawatir. Karena pada artikel kali ini flin setyadi akan membahas cara mengaktifkan akun google yang dinonaktifkan.

Baca Juga:

Cara Menonaktifkan Akun Google Paling Mudah

Mengaktifkan Akun Google Yang Dinonaktifkan Sementara

Mengaktifkan Akun Google Yang Dinonaktifkan Sementara

Akun google juga bisa dinonaktifkan untuk sementara. Hal itu bisa diatur oleh pemilik akun, atau bisa juga dilakukan dari pihak google karena beberapa alasan. Jadi, berikut cara mengaktifkan akun google yang nonaktif sementara :

  1. Login akun google melalui laman Gmail
  2. Jika akunmu memang dinonaktifkan sementara, akan ada notifikasi yang berisi pembertiahuan mengenai hal tersebut. Konfirmasi pemberitahuan tersebut
  3. Masukkan nomor ponsel aktif yang bisa digunakan oleh Google untuk mengirim kode verifikasi pada kolom yang tersedia
  4. Tunggu hingga kamu mendapat SMS berisi kode verifikasi dari pihak google, lalu masukkan kode tersebut dan tekan tombol ‘Verifikasi’ untuk mengonfirmasi
  5. Tunggu proses pengaktifan akun selesai, dan akun yang nonaktif sementara itu sudah bisa digunakan lagi

Mengaktifkan Akun Google Yang Dinonaktifkan Karena Pelanggaran

Seperti yang telah dituliskan diatas, akun google juga bisa menjadi nonaktif karena akunmu terindikasi melakukan beberapa hal yang melanggar kebijakan yang ada. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan akun google yang dinonaktifkan karena pelanggaran :

  1. Masuk ke halaman awal Google
  2. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar
  3. Pilih menu ‘Setelan’ untuk membuka halaman pengaturan
  4. Tekan ‘Akun’ lalu pada bagian ‘Ubah Setelan Akun’, pilih ‘Ubah Opsi Pemulihan Sandi’
  5. Masukkan nomor ponsel atau email pemulihan yang dulu kamu cantumkan ketika membuat akun pada kolom yang tersedia
  6. Terakhir, klik tombol ‘Simpan’ untuk menyimpan perubahan
  7. Sebagai tambahan, jika kamu ingin mengubah nomor ponsel atau email pemulihan, kamu bisa menekan tombol ‘Edit’

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen dan Benar

Mengaktifkan Akun Google Yang Dinonaktifkan Karena Belum Cukup Umur

Mengaktifkan Akun Google Yang Dinonaktifkan Karena Belum Cukup Umur

Akun Google juga bisa dinonaktifkan karena pemiliknya dianggap belum memiliki usia yang sesuai dengan ketentuan google sebagai pengguna layanannya. Demi menjaga keamanan, hal itu seringkali terjadi.

Jika usiamu sudah cukup dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, kamu bisa mengaktifkan kembali akunmu itu. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ di hp
  2. Pilih opsi ‘Akun dan Sinkronisasi’
  3. Tunggu hingga halaman berpindah ke laman Google, lalu pilih akun yang ingin diaktifkan kembali
  4. Cari opsi ‘Opsi Lainnya’ lalu pilih ‘Orang Tua saya disini’
  5. Pilih lagi ‘Opsi Lainnya’ lalu lakukan verifikasi menggunakan kartu pengenal dari pemerintah milikmu yang masih berlaku (KTP)
  6. Upload foto kartu pengenal tersebut, dan tunggu hingga proses selesai

Tidak perlu khawatir data pribadimu akan bocor ketika kamu mengupload foto KTP. Karena, ketika kamu telah mencantumkan tanggal lahir, salinan kartu pengenal tersebut akan dihapus setelah pihak google memvalidasi tanggal lahirmu.

Baca Juga:

Cara Menonaktifkan Facebook Secara Sementara

Akhir Kata

Demikiankah beberapa cara untuk mengaktifkan akun google yang dinonaktifkan karena beberapa hal. Perlu kamu ketahui terlebih dahulu penyebab akun googlemu menjadi nonaktif. Karena, beda penyebab maka beda pula cara mengatasinya.

Dan perlu diingat, ketika akun google dalam kondisi nonaktif, konten dan postingan yang kamu upload menggunakan akun google tersebut akan disembunyikan. Namun, ketika akunmu aktif kembali, maka konten dan postingan tersebut akan muncul kembali.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.