Cara Cek IMEI Samsung Smartphone Resmi Atau Tidak

Cek IMEI Samsung – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Pembahasan kita kali ini yaitu bagaimana cara cek imei samsung resmi atau tidak. Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Kali ini kita akan membahas salah satu merek HP yaitu Samsung dan mengecek IMEI HP tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa HP Samsung menjadi salah satu merek HP yang paling banyak si gunakan oleh masyarakat ya. Hal ini di karenakan HP ini sudah sangat lama masuk dan berkembang di lingkungan dan sudah banyak mengalami kemujuan yang pesat. Memiliki fitur dan layanan yang semakin menarik dan pastinya sangat membantu masyarakat yang menggunakannya. Walaupun sudah banyak merek lain yang di kembangkan dan menjadi saingan Samsung ini, tak dipungkiri bahwa Samsung tetap menjadi salah satu favorit masyarakat.

Di setiap HP yang kalian beli atau di produksi pastinya memiliki sebuah IMEI ya, kode IMEI sendiri di buat dengan standar yang jelas menggunakan Type Allocation Code atau TAC. Yang di mana menggunakan deretan angka dalam susunan khusus yang berfungsi sebagai model atau identifikasi tipe dari suatu HP secara lengkap. Nah setiap kode IMEI terdiri dari susunan deretan angka yang berjumlah 14. Namun terkhusus untuk HP keluaran baru biasanya memiliki 16 digit susunan angka.

Untuk kalian yang belum tahu ni di mana dan bagaimana cara cek kode IMEI tersebut. Kalian bisa menyimak penjelasan yang akan kami berikan setelah ini. Akan kami berikan cara dan langkah-langkah dalam cek IMEI Samsung dan apasih fungsi dari IMEI sendiri. Yuk simak penjelasan kami sampai selesai dan selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Daftar IMEI HP Luar Negeri Secara Online Terbaru 2022

Cek IMEI Samsung Resmi Atau Tidak

Cara Cek Imei Samsung Resmi Atau Tidak
Nah readers flin setyadi sekalian, sebelum kita membahas bagaimana cara cek imei di HP Samsung tersebut. Kita pahami terlebih dahulu ya apa fungsi dari IMEI sendiri agar kita tahu apa tujuan dari cek imei tersebut. Berikut kami berikan informasinya.

Fungsi Mengetahu IMEI HP

Untuk kalian yang masih penasaran dari fungsi IMEI sendiri, jadi IMEI yang kalian lihat pada kotak HP atau di dalam HP itu sebenarnya berguna untuk cek keaslian dari produk itu sendiri. Tak hanya itu, nomor IMEI ini juga berguna sebagai identitas setiap brand dan produk yang mereka rilis, begitu juga dengan HP merek Samsung.

Hal tersebut pastinya juga untuk meng-antisipasi beberapa oknum nakal yang terkadang menjual HP palsu, akan tetapi menggunakan kotak dari produk asli. Terlepas dari semua itu, nomor IMEI juga dapat kalian pakai untuk mengindentifikasi HP yang sudah hilang.

Cara Cek IMEI HP Samsung

Cara Cek IMEI HP Samsung

Nah, setelah kalian mengetahui apa titu IMEI dan fungsinya. Setelah ini akan kami berikan beberapa cara yang bisa kalian coba untuk cek IMEI di HP Samsung kalian ya. Yuk simak penjelasan kami dibawah ini dan selamat mencoba.

1. Cek Melalui Kotak atau Dus HP

Cara pertama yang akan kami berikan adalah cek melalui dus Hp tersebut ya. Kalian bisa melihat seluruh nomor IMEI yang di miliki oleh HP Samsung melalui bagian sbawah atau amping kotak. Jika HP Samsung yang kalian beli memang terbukti asli, maka harusnya nomor IMEI akan tercamtum di kotak tersebut.

Terdapat beberapa ciri-ciri adanya nomor IMEI biasanya tersedia dalam bentuk ikon barcode. Secara umum akan tertera pada bagian bawah barcode yang tercantum di kotak. Cara ini sebenarnya juga bisa kalian pakai untuk semua merek HP, seperti Sony, Oppo, Vivo, Realme, Redmi dan juga termasuk Samsung.

Namun, khusus untuk HP Samsung terkdang kode IMEI akan di awali dengan angka 35 baru setelahnya angka unik lain. Untuk mengecek keasliannya, kalian dapat mencocokan nomor IMEI yang tertera pada kotak dengan IMEI yang ada pada bagian belakang HP atau di baterai HP. Jika kode sama, maka bisa di pastikan HP Samsung yang kalian beli tersebut merupakan produk asli. Tapi, jika kode berbeda, maka hal tersebut bararti HP tersebut merupakan produk bajakan atau palsu.

2. Cek Melalui Baterai HP

Cara kedua yang bisa kalian lakukan jika ingin cek nomor IMEI Samsung adalah melalui baterai Hp tersebut ya. Ketika kalian sedang membeli dan memilih-milih HP, maka kalian bisa sambil cek dan samakan kode IMEI yang berada di baterai dan di kotak ya. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama pastikan HP Samsung tersebut sudah dalam keadaan mati bukan terkunci.
  • Selanjutnya, silahkan kalian buka cashing dan lepaskan baterai jika memungkinkan. Jika kalian dalam keadaan belum membeli namun baru melihat-lihat, kalian bisa izin atau meminta pegawai yang melayani anda untuk memperlihatkan baterai HP tersebut.
  • Kemudian kalian lihat di bagian belakang baterai, biasanya akan terlihat sebuah icon barcode.
  • Di dalam barcode inilah nomor IMEI HP Samsung tersimpan.
  • Kalian pastikan nomor IMEI tersebut di awali dengan angka 35, karena HP produksi Samsung di awali kode dengan nomor 35.
  • Selesai.

Nah di atas ini merupakan cara untuk cek IMEI HP Samsung melalui baterai HP tersebut ya. Pastikan kode di baterai dan di kotak HP tersebut sama.

Baca Juga :

Cara Cek Tagihan PDAM di HP Android dan iPhone – Flin Setyadi

Cara Menyadap SMS Orang Lain Tanpa Ketahuan – Flin Setyadi

Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP ✔️ – Flin Setyadi

3. Cek IMEI HP Samsung Baterai Tanam Dengan Dial Phone

Untuk kalian yang bingung karena HP Samsung kalian dengan jenis baterai tanam, maka kalian tidak eprlu khawatir. Hal tersebut di karenakan HP Samsung sudah diinovasikan menjadi baterai tanam ya. Berikut cara untuk kalian cek imei untuk hp samsung baterai tanam.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka aplikasi ‘Telepon atau Dial Phone’ pada HP Samsung kalian masing-masing.
  • Selanjutnya, silahkan kalian ketik kode rahasia Samsung yaitu *#06#.
  • Kemudian tunggu dan secara otomatis HP akan langsung melakukan pangecekan tanpa harus menekan menu Panggil.
  • Terakhir, jika hal ini berhasil, kalian akan melihat sebuah pop up nomor IMEI pada layar.

Nah readers, cara di atas ini merupakan cara cek IMEI untuk kalian pengguna HP Samsung baterai tanam dengan menggunakan dial phone ya. Perlu diingat bahwa cara ini sebenarnya juga bisa kalian gunakan untuk HP Android lainnya, seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme dan lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

4. Cek IMEI Melalui Menu Pengaturan

Cara keempat dalam mengecek IMEI HP Samsung adalah dengan menggunakan fitur pengaturan ya. Selain menggunakan kotak, baterai, ataupun kode rahasian Samsung, kalian juga bisa mengecek keaslian nomor IMEI melalui menu pengaturan yang ada pada HP. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka menu ‘Pengaturan atau Setting’ pada HP Samsung kalian.
  • Selanjutnya, silahkan kalian cari menu ‘About Device atau Tentang Telepon’.
  • Kemudian kalian cari dan klik menu ‘Status’.
  • Nah, kalian akan melihat tampilan mengenai informasi HP Samsung secara lengkap dan di sana juga terdapat nomor IMEI HP kalian.

Nah readers sekalian, di atas ini cara cek imei melalui pengaturan ya. Untuk HP yang ponsel CDMA, biasanya informasi IMEI akan tersimpan pada opsi ‘MEID’. Sedangkan untuk teknologi GSM, informasi IMEI biasanya akan di tuliskan dengan nama ‘IMEI’. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

5. Cek IMEI Online

Nah, sebelumnya sudah banyak cara menegcek IMEI secara langsung ataupun melalui menu pengaturan di HP Samsung kalian masing-masing ya. Maka selanjutnya ini, kalian bisa cek informasi IMEI lebih terperinci secara online.

Kalian mengambil langkah untuk mengecek nomor IMEI secara online ini juga sangat penting ya. Karena akan memudahkan kalian untuk memeriksa keaslian HP Samsung yang akan di beli. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka terleih dulu situs resmi IMEI yang bernama imei.info.
  • Selanjutnya, silahkan kalian masukan nomor IMEI yang ada di bagian kotaknya.
  • Kemudian, kalian wajib untuk mengisi Captcha dan klik menu Check.
  • Tunggulah untuk beberapa saat, maka akan muncul sebuah informasi lengkap tentang HP Samsung kalian.
  • Terakhir, kalian hanya perlu mengecek dan mencocokkan nomor IMEI tadi dengan IMEI yang muncul pada situs imei.info.
  • Selesai.

Di atas ini merupakan cara cek IMEI secara online ya. Jika nomor IMEI yang di tampilkan berbeda atau muncul pesan tidak ada yang cocok, maka bisa di pastikan HP Samsung tersebut palsu ya.

Baca Juga: SIM Card Tidak Terbaca? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Di atas tadi merupakan beberapa cara untuk cek IMEI HP Samsung kalian ya. Jangan lupa mampir ke web kami, mohon maaf jika menemukan kesalahan dan terima kasih.