Cara Mengembalikan File Terhapus di Laptop Atau PC

Mengembalikan File Terhapus di Laptop – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan file terhapus di laptop atau PC. Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar teknologi dan informatika khususnya pada laptop ya. Kita akan membahas terkait file yang terhapus dan cara untuk mengembalikannya.

Seperti yang kita tahu bahwa laptop menjadi salah satu alat elektronik yang penting ya untuk para pekerja, mahasiswa, ataupun seorang gamers. Kalian bisa menggunakan laptop ini untuk mengerjakan tugas, membuat dokumen, mecari infomasi, bekerja, berjejaring sosial, dan masih banyak lagi. Hal ini karena kapasitas penyimpanan lebih besar serta kita bisa membuat suatu dokumen lebih mudah dengan menggunakan laptop ya.

Maka tak heran jika ketika kita sudah membuat suatu file, apalagi file dengan isi yang banyak dan dengan perjuangan seperti file tugas akhir atau skripsi. Dan tiba-tiba kalian tidak sengaja menghapus file tersebut sehingga hilang di tempat penyimpanan dokumen. Jika kalian belum tahu, pasti kalian akan panik ya karena isi dari file tersebut penting dan sulit. Namun, kalian jangan panik ya karena dokumen file kalian tidak langhung hilang secara permanen ketika kalian mendalatenya.

Untuk kalian yang masih kepo ataupun penasaran dengan bagaimana cara menghadapi masalah ini. Setelah ini kami akan memberikan cara dan solusi untuk kalian mengembalikan file terhapus di laptop. Kalian bisa menyimak penjelasan kami sampai selesai ya, dan jangan di skip sampai habis. Selamat menyimak dan selamat mencoba. Semoga file kalian bisa kembali seperti semula, semoga berhasil.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Paling Ampuh

Mengembalikan File Terhapus di Laptop Atau PC

Cara Mengembalikan File Terhapus di Laptop Atau PC

Jika kalian mengalami masalah penghapusan file secara tidak sengaja ataupun kalian ingin mengembalikan file yang dulu sempat kalian hapus. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah dan solusi yang akan kami berikan setelah ini ya. Simak terus penjelasan kami dan semoga file kalian berhasil kembali seperti semula.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Laptop Atau PC

Cara Mengembalikan File Terhapus di Laptop Atau PC

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara untuk mengembalikan file kalian yang terhapus. Kalian jangan panik karena terdapat beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengembalikan file. Berikut beberapa solusi yang bisa kalian coba.

1. Melalui Recyle Bin

Cara pertama yang akan kami berikan kepada kalian adalah dengan melalui Recyle Bin. Recyle bin merupakan tempat penyimpanan file yang sudah terhapus sementara. Layanan ini ditandai dengan ikon bergambar seperti tempat sampah ya. Recyle bin ini seperti tempat penampungan file yang sudah di hapus, dan akan terhapus secara permanen setelah 30 hari di laptop.

Orang-orang biasanya akan langsung menuju recyle bin ini ketika ingin mengecek file-file yang sudah mereka hapus. Nah untuk kalian yang belum tahu bagaimana caranya untuk mengembalikan file yang sudah terhapus melalui recyle bin ini. Berikut kami berikan langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian klik tombol Start dan temukan menu Settings.
  • Selanjtnya, di dalam menu ‘settings’, silahkan kalian klik ‘Personalization’ kemudian ‘Themes’.
  • Kemudian pada pada halaman selanjutnya, carilah menu Desktop dengan ‘icon settings’ yang terletak di bagian sebelah kanan layar.
  • Kemudian, pastikan checkbox Recycle Bin. Jika sudah, kalian klik ‘OK’. Dengan ini, ikon Recycle Bin sudah muncul di desktop kalian.
  • Untuk bagaimana cara mengembalikan file-file atau folder yang sebelumnya sudah terhapus. Kalian pilih mana file yang ingin kalian kembalikan dan kalian klik kanan pada file kemudian kalian pilih Restore.
  • Selesai.

Nah di atas ini untuk cara mengembalikan file terhapus di laptop melalui recyle bin ya. Biasanya recyle bin ini sudah tercantumdi dekstop dan kalian tinggal membukanya. Namun, cara di atas ini untuk recyle bin kalian yang tidak tersedia di dekstop. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

2. Menggunakan Command Prompt

Cara kedua yang akan kami berikan untuk mengembalikan file kalian yang terhapus adalah menggunakan command pompt. Untuk kalian yang ini mencoba cara ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama-tama, silahkan kalian akses Command Prompt melalui Search bar atau ctrl+f.
  • Selanjutnya, silahkan kalian ketik cmd pada search bar. Kemudian, kalian klik kanan dan kalian pilih Run As Administrator.
  • Kemudian, silahkan kalian ketik chkdsk X: /f. Kalian gantilah X dengan nama drive tempat file yang di hapus tersimpan.
  • Silahkan kalian ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Seperti langkah sebelumnya, ganti X dengan nama drive kalian.
  • Terakhir, proses recovery file dan folder yang terhapus akan berlangsung setelahnya. Kalian hanya perlu menunggu proses terpenuhi.
  • Selesai.

Nah di atas ini merupakan cara untuk mengembalikan file yang terhapus melalui cammond prompt. Namun perlu di ingat bahwa, ketika kalian mencoba cara ini dan dalam proses recovery. Maka jangan mengunduh, menghapus, atau memindahkan file lain agar file tidak tertumpuk ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga :

Cara Reset iPhone Seperti Baru Dengan 2 Metode Mudah – Flin Setyadi

Black Box Testing Wajib Dilakukan Software Developer – Flin Setyadi

Perangkat Keras Jaringan Komputer : Jenis & Fungsinya – Flin Setyadi

3. Melalui Fitur Restore Previous Versions

Cara ketiga ketika kalian ingin mengembalikan file terhapus di laptop adalah dengan menggunakan fitur Restore Previous Versions. Nah fitur ini bisa kalian gunakan ketika file yang ada di recyle bin sudah terhapus permanen atau sudah tidak ada di sana ya. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kalian klik menu ‘Start’.
  • Selanjutnya, ksilahkan kalian klik folder yang sebelumnya berisikan file atau folder yang sudah terhapus.
  • Kemudian, kalian klik kanan pada folder tersebut.
  • Silahkan kalian pilih ‘Restore Previous Versions’.
  • Kemudian kalian klik ‘Open’ untuk melihat pada daftar file atau folder yang tersedia sebelumnya.
  • Silahkan kalian klik ‘Restore’ pada file atau folder yang ingin kalian pulihkan.
  • Selesai.

Nah di atas ini merupakan cara untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di recyle bin ya. Jadi kalian tidak perlu khawatir dan panik ketika file sudah terhapus permanen di recyle bin karen sudah melebihi 30 hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

4. Menggunakan Recuva

Cara keempat untuk mengembalikan file terhapus di laptop adalah dengan menggunakan recuva. Walaupun recuva ini merupakan tool berbayar, namun kalian juga bisa mengunduh versi gratisnya ya. Kalian juga tidak perlu menggunakan versi premium ketika kalian ingin menggunakan recovery file ya. Kalian bisa menggunakan recovery tanpa batas seperti yang kalian inginkan. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian coba.

  • Pertama-tama, silakan kalian download dan Install ‘Recuva’ di laptop kalian.
  • Selanjutnya, jika sudah terinstal, silahkan kalian buka ‘Recuva Wizard’ dari laptop, dan kalian pilih jenis file yang ingin kalian kembalikan. Silahkan kalian klik tombol ‘Next’.
  • Kemudian, silahkan kalian tentukan lokasi penyimpanan file yang sudah terhapus untuk mempercepat proses pencarian file yang hilang.
  • Jika kalian merasa yakin bahwa file yang sudah terhapus memang di simpan di lokasi yang sudah kalian tentukan, maka kalian dapat langsung klik ‘Next’ dan pilih ‘I’m Not Sure’ jika kalian tidak yakin atau lupa di mana lokasi penyimpanan file kalian.
  • Kemudian, untuk memulai proses pencarian, silahkan kalian centang kotak ‘Enable Deep Scan’, dan kalian klik ‘Start’.
  • Kalian tunggulah beberapa saat karena pencarian file sedang di lakukan dan di bagi menjadi 3 bagian. Yakni mencari file yang sudah terhapus, menganalisa kerusakan file, dan menganalisis isi file.
  • Kemudian, silahkan kalian pilih file yang ingin kalian kembalikan dengan cara mencentang kotak pada file-file yang ingin kalian kembalikan.
  • Rerakhir, kalian klik kanan dan pilih ‘Recover Highlighted’. Dan kalian akhiri dengan klik tombol ‘Recover’.
  • Selesai.

Nah di atas ini cara terakhir untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di laptop dengan menggunakan Recuva ya. Kalian bisa mencoba cara ini jika cara manual yang tidak menggunakan aplikasi tambahan sebelumnya tidak berhasil. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: Aplikasi Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Di atas tadi merupakan cara untuk mengembalikan file terhapus di laptop ya. Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan infromasi menarik dan pastinya bermanfaat dari berbagai kategori ya. Mohon maaf jika kalian menemukan kesalahan ataupun kekeliruan dan terima kasih sudah mampir ke lapak kami. See you.