Cara Menghidupkan Tethering di iPhone atau iPad

Menghidupkan Tethering di iPhone – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghidupkan tethering di iPhone atau iPad. Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Pembahasan kita kali ini akan lebih mengarah ke HP iPhone dan fitur tethering yang mereka sediakan.

Sepeeti yang kita tahu ya bahwa suatu HP seperti Android ataupun iPhone pasti akan membutuhkan sebuah jaringan dan data untuk saling menghubungkan. Kita akan lebih mudah dan cepat ketika menggunakan HP dan ingin mencari informasi atau sesuatu yang memerlukan data untuk akses. Jaringan dan data memang saling berhubungan karena ketika kita sudah memiliki data namun dalam lingkup lingkungan yang tidak memiliki jaringan. Maka akan sama saja kita akan sulit mengakses suatu dan hal itu akan berlaku sebaliknya.

Maka tak jarang ya ketika kita kehabisan paket data di HP kita maka kita akan kelimpungan dan sulit untuk mengakses sesuatu. Namun kalian tenang saja, karena hampir di semua jenis HP Android maupun iPhone terdapat salah satu fitur yang bisa membagikan paket data yang kita punya ke orang lain. Fitur ini bernama tethering atau biasa bisa kita sebut dengan hots pot pribadi ya. Kita bisa menyalurkan tethering kepada teman kita yang mendesak dan membutuhkan data untuk mengakses sesuatu.

Nah, pembahasan kita kali inilah yang akan membahas lebih dalam terkait tethering khususnya untuk kalian para pengguna HP iPhone. Mungkin di antara kalian masih ada yang bingung terkait bagaimana cara menghidupkan tethering di iPhone. Di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana lagkah-langkah yang bisa kalian ikuti secara perlahan. Yuk, simak penjelasan kami sampai selesai.

Baca Juga: Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Menghidupkan Tethering di iPhone

Cara Menghidupkan Tethering di iPhone atau iPad
Nah para pembaca flin setyadi sekalian, untuk kalian yang udah kepo dan penasaran nih. Yuk simak penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini. Akan kami berikan informasi menarik dan langkah-lankah bagaimana cara mengaktifkan tethering di HP iPhone. Selamat menyimak dan selamat mencoba.

Informasi Terkait Tethering iPhone

Nah untuk kalian yang ingin memberikan atau mengaktifkan tethering, maka kalian bisa menggunakan melalui sambungan WiFi, kabel USB, hingga melalui bluetooth ya. Dalam menggunakan layanan tethering ini, HP iPhone minimal harus mempunyai minimal 3GS atau yang lebih tinggi ya.

Tak hanya itu, fitur layanan ini bisa di jalankan pada IOS 4.3 ke atas dengan syarat memiliki paket data yang mendukung proses ini berlangsung. Perangkat lain yang masih berhungan dengan jenis iPhone seperti HP maupun ipad bisa menggunakan fitur ini dengan maksimal perangkat yang terhubung adalah sebanyak 5 perangkat.

Ada bebeberapa hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu seperti memastikan kondisi baterai yang penuh atau dikira cukup ya. Karena ketika kita mengaktifkan tethering ini, maka akan ikut menyedot daya baterai karena seperti memberikan daya kepada HP lain.

Kemudian kalian bisa menutup semua program yang kalian buka di Mac komputer, khususnya program yang membutuhkan koneksi iternet. Hal ini dilakukan karena bisa menguras paket data di iPhone kalian.

Cara Mengaktifkan Tethering di iPhone

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa menghidupkan hotspot atau tethering iPhone ini bisa melalui hots pot pribadi kalian, melalui kabel USB, ataupun melalui bluetooth. Kalian bisa menggunakan salah satu di antara cara-cara tersebut. Nah setelah ini akan kami berikan beberapa cara untuk mengaktifkan tethering di HP iPhone kalian. Selamat menyimak dan selamat mencoba.

1. Mengaktifkan Tethering Melalui Hotspot Pribadi

Cara pertama menghidupkan tethering di iPhone yang akan kami berikan kepada kalian adalah melalui Hots Pot pribadi di HP kalian masing-masing. Seperti yang kita tahu bahwa cara pertama ini merupakan cara yang paling umum di gunakan oleh semua rata-rata HP ketika ingin mengaktifkan tethering ya. Nah untuk di HP iPhone sendiri, berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, yang perlu kalian lakukan untuk mengaktifkan tethering ialah dengan masuk ke menu “Setting atau Pengaturan”.
  • Selanjutnya, silahkan kalian pilih menu “Personal Hotspot” agar hotspot di HP iPhone kalian berganti status menjadi aktif.
  • Kemudian, jika kalian sudah mengaktifkan Personal Hotspot di HP iPhone kalian, silahkan periksa perangkat yang akan kalian hubungkan dengan Hotspot iPhone kalian misalnya laptop dan masuk ke bagian ‘Setting atau Pengaturan Wifi’ pada perangkat.
  • Kemudian jika sudah masuk, maka wifi dari laptop akan mendeteksi nama hotspot dari HP iPhone kalian yang telah di aktifkan tetheringnya, silahkan kalian klik pada nama hotspot dan masukkan password atau kata sandi jika ada.
  • Terakhir, silahkan kalian tunggu laptop yang terhubung untuk mendapatkan nomor IP address dari tetherin HP iPhone kalian dan cobalah browsing dengan menggunakan jaringan internet.
  • Selesai.

Nah readers sekalian, cara di atas ini merupakan cara pertama yang bisa kalian lakukan ketika ingin mengaktifkan tethering melalui hotspot pribadi ya. Cara pertama ini merupakan cara yang paling umun di lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga :

SIM Card Tidak Terbaca ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi – Flin Setyadi

Layar HP Bergaris ? Ini Penyebab dan Solusi Ampuh – Flin Setyadi

Cara Agar Discord Tidak Terbuka Otomatis Paling Mudah – Flin Setyadi

2. Thetering Menggunakan Kabel USB

Cara kedua untuk menghidupkan tethering di iPhone adalah dengan menggunakan kabel USB ya. Cara ini sering di gunakan karena memang koneksi akan lebih cepat ketika di gunakan. Kerika kalian tethering menggunakan kabel USB ini akan lebih efektif jika hanya satu perangkat yang terhubung. Berikut kami berikan langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka menu ‘Setting atau Pengaturan’ yang ada di HP iPhone kalian. Pengaturan yang tertera di iPhone atau biasnya di lambangkan dengan ikon berbentuk roda bergerigi ya.
  • Selanjutnya, silahkan kalian pilih opsi menu ‘Personal Hotspot’ dan geser ke kanan atau sekedar klik pilihan untuk mengaktifkan opsi tersebut. Pastikan juga warna dari tombol ‘Personal Hotspot’ tersebut sudah berubah menjadi hijau. Biasanya, kalian akan mendapatkan notifikasi terkait dengan paket data yang mengharuskan kalian untuk menghubungi penyedia paket data di HP kalian.
  • Sebelum menghubungkan iPhone ke laptop Mac dengan label USB, sebaiknya perbarui iTunes ke versi terbaru.
  • Kemudian, dengan menggunakan kabel USB tersebut, kalian hubungkan HP iPhone ke computer Mac.
  • Kalian lakukan juga uji koneksi, di sini komputer perangkat akan mendeteksi iPhone sebagai modem yang memungkinkan perangkat untuk mengakses jaringan internet. Ketika iPhone tidak terdeteksi oleh Mac, sebaiknya kalian coba menggunakan kabel USB lainnya atau coba hubungkan ulang.
  • Kemudian, silahkan kalian buka sistem pengaturan, silahkan kalian pilih jaringan. Kalian pilih USB iPhone. Akan tetapi, jika kalian tidak melihat opsi USB iPhone, tekan tombol tambah atau + untuk menambahkan.
  • Selanjutnya, kalian klik tombol pengaturan dan pilih “Jadikan Layanan Tidak Aktif“, kemudian kalian klik “Terapkan“.
  • Kalian klik kembali tombol pengaturan, kemudian kalian pilih menu “Buat Layanan Aktif” dan klik “Terapkan“. Jika kalian masih terhubung dengan jaringan lain, koneksi yang baru saja di aktifkan kemungkinan menjadi non-aktif. Cara untuk mengatasi masalah ini ialah dengan menghilangkan centang pada tulisan “Tidak aktif kecuali di perlukan“, kalian klik “Terapkan” dan tunggu perangkat tersambung ke internet.
  • Selesai.

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan cara untuk menyambungkan memalui kabel USB ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3. Menggunakan Bluetooth di Laptop Windows

Cara ketiga menghidupkan tethering di iPhone adalah melalui bluetooth di laptop windows. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kalian klik ikon Bluetooth yang terdapat di iPhone untuk mengaktifkan Bluetooth.
  • Selanjutnya, kalian arahkan pada menu pengaturan iPhone, pilih personal hotspot klik aktifkan. Jika pengaturan tersebut gagal dil akukan, kemungkinan paket data yang di gunakan tidak mendukung fitur tethering internet. Maka, pengguna harus beralih pada penyedia layanan lain yang telah mendukung fitur tethering.
  • Selanjtnya, pada laptop, kalian nyalakan Bluetooth dengan menekan ikon Bluetooth pada tray sistem. Pastikan laptop kalian sudah dilengkapi dengan Bluetooth.
  • Kemudian, pilih opsi “Join a Personal Area Network” dan lanjut “Add a device”.
  • Kalian cari nama bluetooh iPhone yang terdeteksi oleh laptop. Setelah nama Bluetooth ditemukan kemudian pilih “Pair“.
  • Kalian klik kanan pada nama Bluetooth iPhone setelah dilakukan pairing dan klik “Connect using” dan dilanjutkan dengan memilih pilihan “Accss Point“.
  • Laptop kalian sudah dapat mengakses internet dari iPhone dan Lakukan uji coba koneksi terlebih dahulu.
  • Selesai.

Baca Juga: Aplikasi Hotspot Terbaik di Laptop atau PC

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian, sekian informasi di atas terkait cara menghidupkan tethering di iPhone yang dapat kami sampaikan.

Jangan lupa mampir ke web kami unutk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Terima kasih.