Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Paling Ampuh

Mengatasi HP Kemasukan Air – Setiap barang elektronik selalu identik dengan listrik. Dan setiap yang berkaitan dengan listrik harus dijauhkan dari air dan sesuatu yang mendekatinya. Karena, selain dapat menimbulkan kerusakan juga bisa menimbulkan korslet.

Walaupun beberapa alat elektronik di zaman sekarang sudah banyak yang tahan air, namun bukan berarti benda tersebut bisa terus-terusan terkena air. Salah satunya adalah perangkat ponsel atau biasa disebut hp.

Bagi beberapa hp, terutama jenis smartphone keluaran terbaru, biasanya telah dilengkapi dengan fitur canggih berupa tahan air. Tapi, bagi pengguna versi lama tentu fitur ini tidak ada. Maka dari itu, ketika hp terkena air bahkan hingga masuk ke dalamnya, air tersebut harus segera dikeluarkan.

Dan jika hal tersebut terjadi pada hp mu, jangan buru-buru membawanya ke tempat servis untuk memperbaikinya. Karena kamu masih bisa mengatasinya sendiri. Dan pada artikel kali ini flin setyadi akan membahas cara mengatasi hp kemasukan air yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Paling Mudah

1. Matikan Ponsel

Mematikan HP

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi hp yang kemasukan air adalah mematikannya. Jika hp dalam keadaan hidup saat kemasukan air, maka hp juga harus segera dimatikan.

Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya korslet dan kerusakan yang lebih parah pada setiap komponen hp, apalagi keadaan hp sedang menyala.

2. Keluarkan Semua Komponen Ponsel

Mengatasi HP Kemasukan Air Keluarkan Semua Komponen Ponsel

Setelah dimatikan, segera keluarkan setiap komponen yang ada di dalam hp. Seperti SIM card, kartu memori, dan baterai jika baterai hp mu bukan baterai tanam. Agar kamu bisa mengetahui bagian mana saja yang terkena air.

Selain itu, dengan mengeluarkan komponen yang ada akan memudahkan kamu untuk mengeluarkan air dari dalam hp dan ketika proses pengeringan nantinya.

3. Keringkan Setiap Bagian HP

Keringkan Setiap Bagian HP

HP yang Kemasukan Air pasti tidak akan bisa keluar semua dengan sendirinya. Untuk itu, setelah semua komponen dikeluarkan, keringkan setiap bagian-bagian hp menggunakan tisu, handuk, atau lap kering lainnya agar tidak tersisa titik-titik air di dalam hp.

Utamakan untuk mengeringkan bagian LCD hp terlebih dahulu. Karena, bagian ini merupakan bagian paling rentan rusak jika terkena air. Selain rusak, LCD akan menjadi kotor oleh noda seperti flek hitam jika dibiarkan lembab terlalu lama.

Baca Juga:

Cara Mudah Memperbaiki HP Android Tidak Bisa Menyala

4. Gunakan Vacuum Cleaner USB

Gunakan Vacum Cleaner USB

Setelah seluruh bagian hp dikeringkan menggunakan lap kering, pasti masih ada beberapa sisi dan sudut hp yang tidak terjangkau oleh lap. Maka dari itu, Mengatasi HP Kemasukan Air kamu bisa coba mengeringkannya menggunakan vacuum cleaner.

Vacuum cleaner yang digunakan adalah vacuum USB. Dengan alat ini, air-air yang tersisa akan tersedot dan tingkat kekeringan hp pun lebih maksimal

5. Masukkan Dalam Beras atau Silica Gel

Mengatasi HP Kemasukan Air Masukkan Dalam Beras atau Silica Gel

Cara mengatasi hp yang kemasukan air berikutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam beras kering, atau merendamnya dalam silica gel. Meskipun terdengar aneh, tapi cara ini memang terbilang ampuh dan patut dicoba.

Hal itu dikarenakan beras kering dan silica gel sama-sama memiliki sifat menyerap kelembaban. Rendam hp beserta komponen-komponennya selama beberapa hari agar lembab pada hp dapat terserap secara sempurna oleh beras atau silica gel sesuai yang ingin kamu gunakan.

6. Jangan Menggoyang-goyangkan HP

Ketika hp mu kemasukan air, jangan coba-coba untuk langsung menggoyangkannya. Beberapa orang berpikir agar air bisa keluar melalui lubang-lubang yang ada pada hp. Padahal, justru hal itu dapat menambah resiko rusak dan korslet pada hp.

Karena, kamu tidak tau bagian mana saja yang sudah kemasukan air. Jika digoyangkan, khawatir air akan menyebar dan justru masuk ke bagian yang sulit dijangkau untuk dikeringkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Paling Ampuh

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hp kemasukan air yang bisa kamu lakukan sendiri. Kuncinya, jangan panik ketika hp mu tersiram air hingga masuk ke dalamnya. Dan jika sampai tercelup ke dalam air, segera ambil hp tersebut lalu lakukan langkah-langkah diatas.

Walaupun banyaknya air yang masuk ketika hp tersiram dan tercelup pasti berbeda, jika kamu bisa mengatasinya dengan baik, maka kemungkinan rusak dan korslet akan berkurang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.