Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Mudah dan Berhasil

Mengatasi Hp Bootloop – Permasalahan yang terjadi pada hp memang tidak ada habisnya. Karena, mau secanggih apapun alat elektronik termasuk hp pasti akan mengalami masa dimana masalah-masalah kecil mulai muncul hingga terjadi kerusakan.

Namun, memang tidak semua hp yang bermasalah berakhir rusak dan mati total. Karena, jika hp bermasalah dan segera diatasi maka tentu saja hp bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Dan diantara banyaknya masalah yang sering terjadi adalah bootloop.

Bootloop sendiri merupakan keadaan dimana hp mengalami proses rebooting berulang kali yang menyebabkan ponsel tidak bisa masuk ke dalam sistem hingga membuatnya berhenti berproses. Yang ditandai dengan munculnya logo dari merk hp tersebut dengan sendirinya dan terjadi secara berulang.

Keadaan ini bisa terjadi pada android maupun iPhone. Yang menjadi penyebabnya pun biasanya karena perawatan hp yang kurang baik dan tidak benar. Dan bootloop sendiri dibagi menjadi 2. Yaitu bootloop ringan (light bootloop) dan bootloop parah (hard bootloop).

Jika hp mu mengalami kondisi tersebut, jangan terburu-buru membawanya ke tukang servis karena kamu bisa coba untuk mengatasinya sendiri. Berikut beberapa cara dari flin setyadi yang bisa kamu coba untuk mengatasi hp yang mengalami bootloop.

1. Restart HP

Mengatasi Hp Bootloop - Restart

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika HP mu mengalami bootloop adalah dengan me-restartnya. Jadi, ketika terjadi bootloop, coba matikan daya hp mu lalu cabut baterai serta perangkat tambahan lainnya seperti kartu SIM dan kartu memori.

Setelah dicabut, biarkan hp selama 30 menit atau seharian penuh. Dengan tujuan agar hp bisa me-restart dan beristirahat lebih baik. Jika hp mu hanya mengalami bootloop ringan, maka kemungkinan setelah baterai dan yang lainnya dipasang hp mu dapat kembali seperti semula.

Namun jika HP kamu termasuk baterai tanam, maka cara mengatasi bootloop nya sedikit berbeda. Silahkan tekan tahan tombol power selama 10-15 detik hingga HP me-restart dengan sendirinya. Namun jika memang tidak terjadi apa-apa, maka hanya tinggal satu cara lagi.

Biarkan HP mengalami habis baterai atau menjadi 0%. Selanjutnya silahkan cas / charge HP hingga dapat dihidupkan kembali.

Baca Juga:

Ciri Layar Smartphone Rusak atau Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Paling Mudah

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas (Baterai Tanam)

2. Hapus Cache Partition

Hapus Cache Partition

Dengan menghapus cache partition, bisa menjadi salah satu solusi ketika HP mu mengalami bootloop. Cara untuk menghapus cache partition pada setiap merk hp pun berbeda-beda.

Ada yang menggunakan tombol power + volume atas dan ada pula yang menggunakan tombol power + volume bawah untuk masuk ke Recovery Menu. Melalui menu inilah kamu bisa menghapus cache partition pada hp mu.

Jadi, kamu tinggal klik ‘Yes’ pada opsi ‘Wipe Cache Partition’ untuk memulai proses penghapusan.

3. Flashing Custom ROM

Flashing Custom ROM

Untuk mengatasi hp yang mengalami bootloop juga bisa dengan melakukan flashing custom ROM. Cara ini bisa terbilang cara yang cukup untuk mengatasi bootloop pada hp. Namun, untuk melakukannya di hp, kamu harus memasang CWM/TWRP permanen di hp.

Jika belum terpasang, maka kamu harus melakukannya melalui perangkat PC. Dan perlu diingat, pilihlah firmware yang tepat agar proses flashing bisa berhasil.

4. Lakukan Factory Reset

Factory Reset

Factory reset memang selalu menjadi solusi bagi beberapa permasalahan pada hp, termasuk hp yang mengalami bootloop. Karena, dengan melakukan factory reset, hp mu akan kembali ke setelan pabrik seperti baru pertama kali dibeli.

Dengan begitu, masalah atau error pada hp biasanya akan teratasi, termasuk bootloop. Namun, yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan factory reset adalah data dan file yang tersimpan di hp mu tersebut harus diamankan alias dipindahkan agar tidak terhapus.

Karena, dengan factory reset, tidak hanya sekedar mengembalikan pengaturan seperti semula, tapi juga menghapus seluruh data yang tersimpan di dalam hp. Maka dari itu, cara ini bisa dilakukan jika isi hp mu benar-benar sudah aman.

5. Bawa Ke Tempat Servis

Bawa Ke Tempat Servis

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hp yang bootloop adalah dengan membawanya ke tempat servis. Ketika bootloop pada hp mu sudah parah, maka membawanya ke tempat servis adalah jalan terbaik.

Selain tidak ada cara lain, dikhawatirkan bahwa hp mu akan bertambah rusak juga diotak-atik lebih lanjut. Jika sudah begitu, biasanya bootloop yang terjadi adalah bootloop parah (hard bootloop) dan satu-satunya jalan adalah dengan memperbaikinya di tempat servis.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi hp yang mengalami bootloop. Biasanya, jika bootloop yang terjadi pada hp mu adalah bootloop ringan, maka kamu masih bisa memperbaikinya sendiri.

Namun, jika dengan beberapa cara diatas namun bootloop di hp tetap tidak bisa hilang, maka kamu harus membawanya ke tempat servis agar hp mu bisa kembali seperti semula. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.