Ciri Layar Smartphone Rusak atau Tidak Bisa Disentuh

Ciri Layar Smartphone Rusak – Layar sentuh merupakan ciri khas dari Smartphone dan menjadi salah satu bagian internal saat ini. Sehingga jika LCD pada Smartphone rusak maka Smartphone tersebut tidak bisa digunakan.

Namun, dari dulu hingga sekarang, kebanyakan pengguna Smartphone pernah mengalamin kerusakan pada layar. Banyak sekali hal-hal yang bisa membuat LCD tersebut rusak, mulai dari masalah komponen, adanya error pada Smartphone, hingga kesalahan dari user dalam pemakaiannya.

Jika kerusakannya diakibatkan oleh kesalahan sendiri, dapat kita bisa lihat dan bisa juga tidak. Akan tetapi jika kerusakan tersebut disebabkan oleh user, mungkin tidaklah masalah. Kali ini kita akan membahas tentang ciri Layar Smartphone rusak.

Ciri – Ciri Layar Smartphone Rusak

Liquid Crystal Display (LCD) merupakan salah satu tipe layar yang biasa ditemui di Smartphone pada saat ini. Jenis-jenis dari layar Smartphone tersebut terdiri dari beberapa misalnya, seperti LCD, TFT LCD, IPS LCD, PLS TFT, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, Retina Display dan Haptic Tactile.

Sehingga setiap merk Smartphone biasa menggunakan salah satu jenis LCD dan membuat setiap tipe layarnya memiliki masalah yang sejenis atau berbeda. Kali ini kita akan membahas tentang ciri layar Smartphone rusak.

1. Layar Smartphone Retak

Ciri Layar Smartphone Rusak

Layar Smartphone yang retak bisa disebabkan berbagai hal, seperti karena terjatuh, terkena tekanan yang berat, mengalami benturan, dan tertimpa sesuatu. Meskipun layar Smartphone retak, akan tetapi masih bisa digunakan tanpa ada masalah.

Meskipun layar Smartphone tersebut retak, tetapi masih bisa dijual kembali meskipun harganya sedikit menurun. Cara memperbaiki Layar Smartphone retak, maka harus diganti dengan yang baru.

2. Layar Smartphone Pecah

Ciri Layar Smartphone Rusak

Layar Smartphone pecah, tentunya lebih parah dari Smartphone yang sebatar retak saja. Dikarenakan pecah disini dapat bisa membuat Smartphone tersebut, jadi tidak bisa terlihat tampilan layarnya. Sehingga membuat Smartphone tersebut tidak bisa digunakan. Jenis pecahan tersebut sendri ada jenis halus dan ada juga yang kasar.

Jika pecahan layar halus maka tidak terasa ditangan ketika tangan kita merasakan layar Smartphone tersebut. Tetapi jika kasar tangan kita dapat merasakan dan ada serpihan dari layar Smartphone tersebut yang keluar.

Pecah pada layar Smartphone disebabkan oleh pengguna secara tidak sengaja Dikarenakan Smartphone pecah biasa jatuhnya langsung terkena pada bagian layar di tempat berbatuan atau tempat yang tidak datar.

Cara memperbaiki Layar Smartphone yang pecah, maka harus diganti dengan yang baru.

3. Smartphone No Display

Ciri Layar Smartphone Rusak

Smartphone No Display merupakan kondisi, layar yang tidak memiliki tampilan apa-apa atau bisa juga disebut dengan black screen. Dikarenakan disebabkan oleh backlight HP ynag tidak aktif. Akan tetapi sebenarnya Smartphone tersebut masih bisa digunakan.

Pada sistem Smartphone tersebut juga masih dapat bekerja dengan baik, akan tetapi LCD tidak dapat menampilkan gambar apapun. Smarphone yang mengalami No Display kebanyakan disebabkan oleh kerusakan komponen, disebabkan terkena air, misalnya saat kita mencuci pakaian akan tetapi Smartphone tersebut terikut terendam air dan tidak cepat-cepat untuk di angkat.

Cara memperbaiki layar Smartphone No Display dengan cara, bisa dikeringkan terlebih dahulu atau dijemur dan jika cara tersebut tidak berhasil maka layar Smartphone tersebut harus diganti dengan yang baru.

4. Terdapat Garis Pada Layar Smartphone

Ciri Layar Smartphone Rusak

Pada layar Smartphone terdapat garis pada tampilannya, akan tetapi kondisi Smartphone tersebut normal, kondisi sistem bagus dan fisik layar tidak ada masalah. Garis ini muncul biasa dengan bentuk vertical ataupun horizontal dan kadang berwarna biru, mera, oranye dan lain-lain.

Baca Juga : Baterai Smartphone Dicas Berkurang? Ini Penyebabnya

Penyebab utama layar Smartphone bergaris ini rata-rata karena ada masalah pada komponen layar. Misalnya, seperti karena Smartphone tersebut terlalu panas, umur Smartphone yang sudah terlalu lama dan lain-lain.

Terkadang, LCD bergaris merupakan suatu tanda awal sebelum layar mengalami kerusakan lebih lanjut. Misalnya, seperti No Display.

5. Titik Hitam Pada Layar Smartphone

Ciri Layar Smartphone Rusak

Titik hitam atau Dead Pixels merupakan sebuah kondisi di mana layar terdapat bercak hitam pada salah satu bagiannya misalnya, seperti posisinya diatas, ditegah atau dibawah. Penyebab munculnya titik hitam pada layar Smartphone sangatlah bermacam-macam, namun penyebab utamanya rata-rata efek dari backlight LCD yang mengalami masalah.

Sangat disarankan bagi user yang sedang menghadapi problem ini untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan Smartphone. Dikarenakan semakin lama, tidak jarang bercaknya menjadi besar hinga dapat memenuhi sebagian besar tampilan layar.

6. Layar Smartphone Tidak Bisa Di Sentuh

Ciri Layar Smartphone Rusak

Pada masalah pada masalah layar Smartphone tidak dapat disentuh sulit untuk dijelaskan, dikarenakan kadang keseluruhan layar dan terkadang juga pada bagian tertentu pada layar. namun penyebab utamanya merupakan hampi keseluruhan dari masalah terletak pada komponen LCD yang sudah rusak.

Disarankan pada pengguna untuk melepas terlebih dahulu bagian touchscreen, kemudian bersihkan dan memasangnya kembali. Sehingga biasanya membuat respon layar dari yang sebelumnya tidak dapat disentuh bisa menjadi normal kembali. Jika belum efektif. Baru mengganti layar Smartphone.

7. Layar Smartphone Tidak Sensitif

Ciri Layar Smartphone Rusak

Layar Smartphone tidak sensitif masih mending dari pada layar tidak bisa di sentuh, dikarenakan jika layar tidak sensitive maka layar tersebut bisa dibilang masih normal, akan tetapi hanya saja sensitivitasnya yang bekurang.

Baca Juga : Virus Terkenal Sepanjang Masa

Misalnya seperti anda biasa memainkan Smartphone hanya membutuhkan sentuhan yang halus dan lembut, tetapi ketika layar Smartphone anda tidak seitif maka anda harus membutuhkan sentuhan yang kuat atau lebih mengeluarkan sedikit tenaga suapaya layar Smartphone tersebut merespon.

Penyebab ini berada pada pemakaian Smartphone yang terlalu berlebihan atau pada umur Smartphone tersebut.

8. Layar Smartphone Burn–in

Ciri Layar Smartphone Rusak

Pada layar Smartphone yang Burn–in merupakan kerusakan layar yang paling banyak ditemui beberapa tahun belakangan ini di Smartphone keluaran terbaru atau pada tipe layar IPS dan amoled. Penyebab masalah ini bukan karena User akan tetapi disebabkan karena masalah komponen yang berasal dari pabrik.

Mengatasi layar Burn-in di sarankan untuk ke Service Center Smartphone tersebut dengan menggunakan garansi yang ada, sehingga User tidak perlu membayar perbaikan Smartphone tersebut.

9. Ghost Touch

Ciri Layar Smartphone Rusak

Jenis kerusakan dimana layar Smartphone sulit untuk disentuh dan terkadang cenderung sering meleset. Penyebab utama masalah ini merupakan hal yang normal untuk sebagian besar Smartphone dengan layar sentuh, diakrenakan sesuatu yang umum seperti Smartphone panas dan umur Smartphone yang terbilang sudah lama.

Untuk mengatasi masalah ini, coba matikan Smartphone anda terlebih dahulu, kemudian nyalakan kembali dan jika Smartphone anda masih Ghost Touch maka coba mengganti layar Smartphone anda.

10 . No Backlight

Ciri Layar Smartphone Rusak

Pada masalah layar Smartphone bukan hanya pixel menjadi satu-satunya masalah yang bisa menyebabkan kerusakan. Dikarenakan selain pixel, layar Smartphone juga bisa rusak dikarenakan backlight atau lampu pada lcd mati. Akan tetapi Smartphone tersebut hanya mengalami no backlight dan bisa digunakan namun layarnya tetap gelap.

Penyebab kerusakan ini bisa disebabkan karena banyak hal seperti short, konslet, korosi, dan Smartphone terkena benturan. Solusi pada masalah ini ada 2 yaitu, mengganti LCD Smartphone dengan yang baru dan jika anda memiliki dana yang terbatas, anda bisa meminta ke teknisi HP untuk melakukan jumper pada kapasitor backlight LCD Smartphone yang mengalami kerusakan.

Penyebab Utama Layar Smartphone Rusak

Pada kerusakan bagian komponen Smartphone pasti selalu memiliki penyebabnya, termasuk dengan LCD, dibawah ini merupakan penyebab utama layar smartphone rusak :

  • Smartphone sering dalam kondisi panas.
  • Smartphone terendam air.
  • Smartphone mengalami kerusakan pada komponen (LCD).
  • Smartphone mencapai batasnya atau umurnya sudah tua.
  • Smartphone mengalami kesalahan pada pengaturan sistem.
  • Smartphone mengalami kerusakan internal, pabrik dan lain-lain.
  • Smartphone sering dimainkan sambil di charge.
  • Smartphone mengalami benturan atau terjatuh.

Tips Agar Layar Smartphone Tidak Mudah Rusak

Berikut ini saya akan memeberikan tips supaya layar smartphone tidak mudah rusak, yaitu :

  • Smartphone ketika dalam kondisi terasa sangat panas, maka sebaiknya semartphone tersebut dimatikan dayanya agar membuat smartphone tersebut dingin. (Biasanya yang menyebabkan smartphone panas menggunakan data saluler dan main sambil di charger)
  • Smartphone ketika terendam air, disarankan untuk segera dimatikan dayanya dan keringkan smartphone tersebut.
  • Smartphone jangan diroot atau smartphone sebaiknya dalam keadaan original.
  • Smartphone diharapkan tidak dimainkan sambil di charger.
  • Smartphone diharapkan selalu menggunakan charger yang original.
  • Smartphone diharapkan menggunakan anti crack untuk melindungi layar dan body smartphone.

Perbedaanperbedaan Kerusakan LCD dan Touchscreen

Pada umumnya kerusakan LCD Smartphone berasal dari komponen. Misalnya, seperti retak, no display, burn-in, dead pixels dan no backlight.

Sedangkan pada kerusakan touchscreen biasanya tidak berasal dari komponen langsung melainkan luar komponen.

Misalnya, seperti Ghost Touch atau layar tidak sensitive. Kerusakan Touchscreen bisa diketahui dengan menggunakan beberapa aplikasi di Google Playstore, salah satunya adalah Touchscreen Fixer.

Cara Memilih LCD Smartphone yang Bagus

Pada umumnya cara memilih LCD Smartphone yang bagus adalah dengan cara dibawa ke Service Center resmi Smartphone tersebut. dikarenakan saya pernah membawa Smartphone ke tempat Service HP yang tidak resmi untuk memperbaikinya. akan tetapi ketika saya menanyakan LCD Smartphone tersebut ada beberapa variasi original dan KW.

Sehingga saya bingung untuk memilih LCD tersebut, karena memiliki harga yang berbanding sedikit dan akhirnya saya memilih untuk menggantinya. Ketika saya menggunakan Smartphone dengan mengganti LCD dari Service HP yang tidak resmi. Membuat mata saya sakit ketika memainkannya dan tidak bisa berlama-lama untuk bermain Smartphone padahal LCD yang saya pilih merupakan Original.

Jadi saya sarankan anda untuk mengganti LCD di Service Center resmi Smartphone anda, dikarenakan LCD yang original hanya tersedia di Service Center resmi dan harganya tidak beda jauh dengan tempat Service HP pada umumnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!