Cara Mempercepat HP Android Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Mempercepat HP Android – Pengguna Hp Android pasti akan pernah mengalami lola alias loading lama saat di gunakan. Biasanya hal tersebut terjadi saat membuka ataupun menutup aplikasi. Tentu hal tersebut tentu akan membuat kesal, apalagi saat kondisi terburu-buru. Sekarang tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut bisa kamu tangani sendiri tanpa perlu membawa ke  counter untuk diperbaiki.

Di sini flin akan membagikan beberapa cara mempercepat HP Android layaknya flagship generasi terbaru seperti Samsung Galaxy S22 Ultra. Cara-cara ini nantinya juga tidak memerlukan aplikasi, sehingga prosesnya lebih mudah.

Yuk simak ulasannya seperti berikut ini.

10 Cara Mempercepat HP Android Lemot

10 Cara Mempercepat HP Android Lemot

1. Kosongkan memori

Terkadang HP Android lemot disebabkan oleh ruang penyimpanan yang sudah penuh. Sehingga untuk mempercepat kinerja HP Android perlu mengosongkan memori. Tentu tidak semuanya dikosongkan, hanya beberapa file yang tidak kamu butuhkan saja.

Tahukah kamu Google akan memperlihatkan masalah kinerja setelah penyimpanan di perangkat yang tersedia kurang dari 10%.

Jika sudah begitu perlulah mengatasi hal tersebut dengan cara mengosongkan memori seperti berikut ini.

  1. Silahkan buka Pengaturan pada ponsel Android kamu.
  2. Kemudian klik Penyimpanan di bilah pencarian Pengaturan.
  3. Apabila kamu melihat ruang penyimpanan yang tersedia kurang dari 80%, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikutnya untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Android Terbaik 2022

2. Ubah kecepatan animasi sistem

Cara kedua ini bukan untuk mempercepat HP Android lemot, tetapi akan menciptakan persepsi bahwa kinerja perangkat kamu akan jauh lebih cepat. Meningkatkan skala animasi akan memungkinkan grafik selesai lebih cepat, yang akan memberikan perasaan peningkatan kinerja sistem.

Metode kali ini sangat cocok kamu terapkan saat animasi di ponsel Android kamu sangat lambat. Selain itu kamu juga dapat mematikan animasi sistem untuk selamanya jika kamu lebih suka kecepatan daripada efek mencolok.

Beginilah langkah mematikan animasi sistem dengan mudah:

  1. Silahkan masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Icon yang melambangkan menu ini berbeda-beda, bergantung apakah kamu menggunakan tampilan dasar atau menggunakan tema tertentu.
  1. Kemudian tarik layar smartphone ke bawah hingga menemukan perintah About Phone.
  2. Setelah menemukan, klik About Phone kemudian cari Built Number sebanyak 7 kali. Kamu dapat menghitungnya sambil mencari.
  3. Lalu akan muncul pemberitahuan atau notifikasi yang menandakan Developer Mode sudah aktif.
  4. Selanjutnya kembali ke menu Setting dan arahkan perintah pada Developer Options.
  5. Kemudian pada perintah yang menunjukkan Window Animation Scale, klik bagian tersebut.
  6. Di situ akan muncul tampilan Animation Off sampai Animation Scale 10x. Karena tujuan kamu menonaktifkan animasi, maka klik bagian Animation Off.
  7. Setelah itu lakukan hal yang sama pada bagian Transition Animation Scale dan Animation Duration Scale.
  8. Selesai. Sekarang kamu dapat kembali ke menu utama dan merasakan sendiri perbedaan kerja android setelah kamu setting.

3. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Selain menghabiskan ruang penyimpanan, aplikasi juga tetap berjalan di latar belakang meskipun tidak kamu gunakan sehingga memakan kinerja RAM. Maka dari itu mencopot pemasangan aplikasi akan meningkatkan kelancaran sistem dan dapat menambah masa pakai baterai ekstra.

Setiap HP Android memiliki cara mencopot pemasangan aplikasi, tapi biasanya kamu bisa menekan dan menahan aplikasi hingga muncul perintah copot pemasangan yang berada di atas layar. Kemudian seret aplikasi tersebut ke perintah tersebut.

4. Restart HP

Dengan me-restrat HP untuk mengatasi Android lemot merupakan cara yang paling mudah dan sederhana, tapi sangat efektif untuk meningkatkan kinerja. Walaupun sistem kinerja memori Android sangat baik dan RAM besar, tapi reboot dapat membebaskan sumber daya yang digunakan untuk menjalankan aplikasi di latar belakang.

Saya menyarankan agar me-restart Android setidaknya seminggu sekali. Namun jika menjadi lamban, maka tingkatkan frekuensi menjadi setiap hari.

Di sisi lain cara ini kurang tepat jika ponsel kamu memiliki flagship yang lebih baru. Sebaliknya, jika ponsel yang kamu gunakan dengan RAM terbatas, restart secara signifikan akan dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

5. Reset ke pengaturan pabrik

Walaupun cara ini ampuh untuk mempercepat HP Android, tapi kamu harus hati-hati karena mau tidak mau data dalam ponsel akan hilang seketika. Tapi kamu masih bisa menyelamatkan semua datamu sebelum melakukan reset, yakni dengan membuat cadangan.

Setelah mengatur ulang telepon kamu, pastikan untuk melihat daftar aplikasi yang kamu unduh, dan kamu tidak perlu menginstal aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan sejak awal.

6. Menghapus Cache Aplikasi

HP Android lemot juga dapat di sebabkan oleh banyaknya cache aplikasi yang tidak terpakai. Untuk mempercepat HP Android akibat masalah ini, kamu dapat melakukan dengan cara berikut ini.

  1. Silahkan buka ponsel kamu.
  2. Kemudian masuk ke menu Setting dan pilih Storage untuk melihat berapa banyak jumlah cache yang tersimpan pada android kamu.
  3. Untuk melihat jumlah cache ini, kamu dapat mengklik atau memilih Cached Data.
  4. Lalu akan muncul berbagai pilihan dan kamu dapat memikirkan kembali sebelum menyentuh perintah penghapusan semua cache.
  5. Setelah itu klik Ok setelah mempertimbangkan semuanya.
  6. Selanjutnya kembali ke tampilan layar utama handphone dan Anda dapat merasakan perbedaan antara sebelum dan sesudah cache dihapus.

7. Disable Bloatware

Cara mempercepat HP Android tanpa aplikasi juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan pengaturan Disable Bloatware yang sudah tersedia di setiap ponsel Android. Berikut langkah mudahnya:

  1. Silahkan buka menu Setting atau Pengaturan.
  1. Kemudian pilih Applications dan pilih Applications Manager.
  2. Sedangkan untuk melihat aplikasi apa saja yang tersedia di handphone kamu, geser layar ke All.
  3. Lalu perhatikan aplikasi di handphone kamu satu per satu dan tentukan mana aplikasi yang sekiranya tidak berguna.
  4. Selanjutnya klik icon aplikasinya dan lakukan perintah Uninstall.
  5. Biasanya yang tersedia selain perintah Uninstal, kamu dapat memilih perintah Disable agar aplikasi tidak aktif selama handphone hidup.
  6. Sebagai konfirmasi, layar akan menampilkan kotak dialog yang meminta persetujuan, tinggal kamu hendak membatalkan perintah Uninstal atau melanjutkannya.
  7. Apabila ingin melanjutkan, tinggal memilih perintah Ok.

8. Peningkatan batas memori chrome browser

Sebenarnya memori yang di gunakan oleh browser Google chrome mencapai angka 128MB RAM. Menariknya, pembatasan memori ini masih dapat kamu maksimalkan hingga 4 kali lipatnya. Keren bukan!

Untuk meningkatkannya tidaklah sulit, ikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Pertama kamu harus masuk ke chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area atau jika terlalu rumit, dapat mengetikkan chrome://flags kemudian tarik layar smartphone ke bawah hingga kamu menemukan Max Tiles for Interest Area.
  1. Nantinya layar handphone kamu akan muncul kotak dialog berisi pilihan, mulai dari Default hingga pilihan 512.
  2. Lalu kamu dapat memaksimalkan kinerja android dengan memilih opsi 512.
  3. Terakhir, klik perintah Relaunch Now.
  4. Selesai. Sekarang bedakan apakah kerja android jauh lebih maksimal atau tidak dari sebelumnya.

9. Mengaktifkan Developer Mode

Apabila sudah menggunakan cara di atas tapi HP Android masih saja lemot, maka kamu bisa mempercepat menggunakan Developer Mode. Ikuti langkah berikut:

  1. Aktifkan Developer mode, dengan cara ini.
  2. Silahkan buka ponsel Android.
  3. Kemudian cari menu pengaturan, dan pilih About Phone atau Software information.
  4. Di situ akan tertera beberapa informasi HP. Lalu kamu klik Build Number.
  5. ketuk beberapa kali hingga muncul tulisan Developer Mode yang berada di bawah.
  6. Masuk ke Developer Option
  7. Cari semua bagian yang ada tulisan Animation.
  8. Off-kan atau matikan semua bagian yang sudah kamu pilih tadi, dengan cara,
  9. Klik satu per satu opsi yang ada tulisan Animation tadi, kemudian klik Off.
  10. Terakhir, kamu bisa membandingkan kecepatan transisi HP kamu dengan sebelumnya. Jangan khawatirkan kehilangan animasi-animasi lucunya, dengan cara ini HP kamu akan bisa berjalan lebih cepat.

10. Mempercepat HP Android tanpa aplikasi

Nah, jika kamu hanya ingin mempercepat kinerja HP Android lemot saja tanpa adanya faktor yang mmemperlamban ponsel, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan aplikasi. Dengan langkah berikut ini.

  1. Silahkan masuk ke bagian Pengaturan atau Setting yang biasanya ditandai dengan icon gear.
  2. Kemudian tarik layar smartphone ke bawah hingga menemukan pilihan About Phone dan klik pada bagian tersebut.
  3. Di situ kamu dapat menemukan perintah Build Number.
  4. Setelah itu kamu akan mendapatkan opsi, yang isinya 1x sampai 5x.
  5. Karena di sini kita akan memaksimalkan kerja android, maka kamu harus mengubahnya dari di bawah 5x menjadi 5x.
  6. Selesai. Dan silahkan rasakan sendiri perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan cara membuat Android semakin cepat.

Baca Juga: Cara Membuat HP Android Tidak Lemot Paling Ampuh

Akhir Kata

Itulah sepuluh cara mempercepat HP Android lemot yang disebabkan lamban karena beberapa faktor maupun hanya sekedar ingin meningkatkan kecepatan. Semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi pengguna Android.

Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.