Cara Print Booklet PDF Lengkap Paling Mudah

Booklet pdf – Print atau cetak booklet PDF yang punya definisi mencetak PDF secara timbal balik. kini sebenarnya cara mencetaknya sama dengan cara print PDF bolak-balik. istilah booklet ini mengindikasikan metode ini digunakan untuk mencetak buku, Booklet Promosi, dan format cetak bolak-balik lainnya.

Metode ini memiliki kelebihan yang tentu sangat menguntungkan pengguna, yakni lebih hemat penggunaan kertas. Hal tersebut akan sangat cocok bagi kamu yang ingin mencetak dalam jumlah besar, biasanya hal ini sangat di butuhkan untuk jasa rental print ataupun fotocopy untuk mencetak.

Baca Juga: Cara Print PDF Agar Tidak Terpotong

Selain itu dapat mengurangi sampah kertas yang menjadi salah satu polusi alam saat ini. Maka dari itu flin akan mempersiapkan cara print booklet PDF secara mudah dan lengkap. Berikut ulasannya.

Cara Print Booklet PDF secara manual

Dengan cara manual, flin akan menggunakan software peramban website yang digunakan oleh banyak orang yaitu Chrome atau bisa disebut juga Google Chrome. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka File PDF yang akan kamu cetak secara Booklet pada Google Chrome.
  2. Kemudian ketika file sudah terbuka, tekan dan tahan tombol CTRL + P pada keyboard kamu atau klik icon Print.
  3. Setelah itu pilih More Settings.
  4. Lalu pilih Print using system dialog.
  5. Nanti akan muncul pengaturan cetak.
  1. Kemudian pilih Printer yang kamu gunakan dan pilih Preferences 
  2. Setelah itu muncul jendela Printing Preferences, lalu pilih pada menu Print on Both Sides.
  3. Selanjutnya pilih pengaturan cetak Booklet yang sesuai dengan kebuthanmu, antara Flip on Long Edge atau Flip on Short Edge. Dan pilih button OK.
  4. Jika semua pengaturan Print sudah kamu lakukan, terakhir klik button Print untuk memulai print.

Menggunakan cara print Booklet PDF secara manual ini, kamu harus memposisikan kembali kertas pada Tray atau Lidah Kertas secara manual.

Cara Print Booklet Secara Otomatis

Apabila menggunakan peramban chrome di atas kurang efektif untuk kamu, maka dengan cara print Booklet pada file PDF secara lebih advance dengan menggunakan software Adobe Acrobat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka file PDF kamu di Software Adobe Acrobat.
  2. Kemudian setelah file terbuka, maka tekan dan tahan tombol CTRL + P pada Keyboard kamu secara bersamaan atau bisa juga klik menu File > Print.
  3. Lalu akan muncul windows pengaturan Print.
  4. Di tab Page Sizing & Handling pilih menu Booklet
  5. Pada  menu Booklet subset pilih Both Side jika ingin mencetaknya secara bolak-balik. dan pilih front side only atau backside only untuk hanya cetak satu muka.
  6. Untuk pemilih jilid atau Binding kamu dapat menggunakan Left pada tulisan latin dan gunakan Right pada tulisan bahsa Arab
  7. Karena menggunakn fitur Auto Duplex, kamu tidak perlu melakukan proses bolak balik pada Printer secara manual lagi. Namun jika Printer kamu belum memiliki fitur Auto Duplex ini, kamu tetap harus membolak-balikan kertas secara manual setelah muncul notfikasi untuk membalikan kertas.

Baca Juga: Aplikasi Adobe Yang Penting Kamu Miliki

Menggunakan Acrobat and Reader X

Selanjutnya kamu juga bisa cetak booklet PDF dengan Acrobat and Reader X dengan cara berikut ini:

  1. Silahkan Pilih File > Cetak.
  2. Kemudian pilih printer dari menu di bagian atas kotak dialog Print.
  3. Pada area Pages to Print, pilih halaman mana yang inginkan di booklet.
  4. Semua halaman mencetak dari depan ke belakang.
  5. Pages akan menentukan rentang halaman untuk mencetak pengelompokan yang lebih kecil dari buklet besar. Kamu membagi buklet besar menjadi pengelompokan yang lebih kecil, lalu mencetak setiap rentang halaman secara terpisah.
  6. Lalu di bawah Ukuran & Penanganan Halaman, pilih Booklet.
  7. Di dalam menu pop-up Booklet Subset, pilih salah satu opsi berikut:
  8. Kedua sisi (printer dupleks) secara otomatis mencetak kedua sisi kertas, jika printer kamu mendukung pencetakan dupleks otomatis atau hanya sisi depan / Sisi belakang saja (untuk non- printer dupleks).
  9. Jika printer Anda tidak dapat mencetak kedua sisi secara otomatis, Anda dapat mencetak sisi depan kertas terlebih dahulu. Kemudian muat ulang halaman-halaman itu dan cetak sisi belakangnya.
  10. Setelah itu biarkan angka-angka dalam kotak Sheets From apa adanya.
  11. Acrobat atau Reader akan menentukan lembar mana yang harus di cetak untuk mengakomodasi pekerjaan cetak. Misalnya, jika kamu memiliki PDF 16 halaman dan kamu memilih Semua di area Rentang Cetak, maka lembar 1 sampai 4 akan di cetak.
  12. Kemudian pilih Auto-Rotate Pages agar dapat secara otomatis memutar setiap halaman agar paling pas di area yang dapat dicetak.

Baca Juga: Cara Mengatasi File PDF di Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Cara Print Booklet PDF dengan Acrobat and Reader 9

Selain Reader X kamu juga bisa menggunakan Acrobat and Reader 9 sebagai cara print booklet PDF. Berikut langkah mudahnya:

  1. Silahkan pilih File > Cetak.
  2. Kemudian pilih printer dari menu di bagian atas kotak dialog Print.
  3. Lalu pada area Print Range, tentukan halaman mana yang akan kamu cetak, antara lain:
  4. Semua mencetak halaman dari depan ke belakang.
  5. Pages Menentukan rentang halaman untuk mencetak pengelompokan yang lebih kecil dari buklet besar.
  6. Dan membagi buklet besar menjadi pengelompokan yang lebih kecil, lalu mencetak setiap rentang halaman secara terpisah.
  7. Setelah itu dari menu pop-up Penskalaan Halaman, silahkan pilih Pencetakan Buklet. Kontrol tambahan nantinya akan muncul di bawah menu pop-up Penskalaan Halaman.
  8. Pada menu pop-up Subset Buklet, pilih salah satu opsi berikut:
  9. Kedua sisi (Printer dupleks) Secara otomatis mencetak kedua sisi kertas, jika printer Anda mendukung pencetakan dupleks otomatis.
  10. Sisi depan saja / Sisi belakang saja (untuk printer non-dupleks) Jika printer kamu tidak dapat mencetak kedua sisi secara otomatis. Kamu dapat mencetak sisi depan kertas terlebih dahulu. Kemudian muat ulang halaman-halaman itu dan cetak sisi belakangnya.
  11. Langkah selanjutnya biarkan angka-angka dalam kotak Sheets From tersebut. Acrobat atau Reader akan menentukan lembar mana yang harus dicetak untuk mengakomodasi pekerjaan cetak. Contoh, jika kamu memiliki PDF 16 halaman dan kamu memilih semua di area Rentang Cetak, maka lembar 1 sampai 4 akan tercetak.
  12. Kemudian pilih Auto-Rotate Pages untuk secara otomatis memutar setiap halaman agar paling pas di area yang dapat di cetak.
  13. Lalu pilih opsi dari menu pop-up Binding: Left, Right, Left (Tall) atau Right (Tall)
  14. Terakhit klik OK untuk cetak.
  15. Selasai.

Baca Juga: Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Akhir Kata

Itulah empat cara print booklet PDF dengan mudah dan lengkap. Dengan memanfaatkan fitur Print Booklet tentu saja akan menghemat kertas karena dapat menjadi dua bagian hingga empat apabila mencetak secara bolak-balik. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam mengerjakan percetakan.

Nantikan artikel bermanfaat selanjutnya. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.