Baterai Smartphone Dicas Berkurang? Ini Penyebabnya

Baterai Smartphone Dicas Berkurang? Ini Penyebabnya– Bertahun-tahun saya telah menggunakan Smartphone, dan banyak masalah yang perna saya alami saat menggunakan smarphone. Terkadang saya menemui masalah ringan dan berat. Salah satunya ketika, Smartphone tersebut sedang dicash, membuat baterai terkadang malah berkurang. Berikut ini kita akan membahas tentang penyebab utama batarai Smartphone berkurang saat dicas.

Penyebab Utama Baterai Smartphone Dicas Berkurang

Penyebab utama baterai smarphone berkurang saat dicas adalah kita sering sekali bermain Smartphone sehingga kita tergantungan pada Smartphone tersebut. Menyebabkan pada waktu pengisian daya pada Smartphone tidak menjadi terstruktur.

Terkadang kita baru melakukan pengisian daya baterai Smartphone ketika sudah 30 % lebih sudah di lepas. Padahal seharusnya pada umumnya, boleh di cabut jika baterai telah terisi 80 % ke atas. Dibawah ini merupakan penyebab utama baterai smartphone berkurang saat dicas lainnya, yaitu :

  • Charger Smartphone sudah tidak optimal lagi, disebabkan daya aliran listrik lebih kecil yang digunakan.
  • Charger Smartphone yang digunakan tidak ori atau biasa disebut kw.
  • Kabel Charger smarphone sering digunakan untuk transfer data di PC atau smarphone sering dicas pada PC.
  • Kabel Charger mengalami kerusakan, dikarenakan sering di gulung atau digunakan untuk mengecas smarphone merek lain. Sehingga membuat kabel pada chager longgar.
  • Daya listrik yang diterima Charger terlalu kecil, sehingga membuat pengecasan pada Smartphone jadi di optimal.

Cara Memperbaiki Baterai Smartphone Dicas Berkurang

Banyak sekali pengguna bingung dengan keadaan, ketika sedang dicas smartphonenya tetapi batrainya malah berkurang, apa lagi Smartphone pada era saat ini sangat dibutuhkan. Sehingga kita biasa membutuhkan fast charger untuk mengisi daya Smartphone tersebut.

Di sini saya ingin memberikan beberapa solusi yang bisa kamu lakukan, dikarena saya sering sekali menemukan kasus ini saat saya sedang mengecas Smartphone.

Berikut ini adalah solusi untuk menangani Smartphone, yang sedang dicas akan tetapi dayanya malah berkurang, yaitu :

Baca Juga:

1. Restart Smartphone

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Restart Smartphone

Ketika Smartphone sedang digunakan dalam melakukan pengisian daya, biasanya membuat pengisian daya pada baterai Smartphone sangat lambat. Dikarenakan Smartphone terlalu banyak task atau aplikasi yang berjalan. Sehingga membuat beban pada CPU otomatis menjadi semakin berat.

CPU yang bekerja sangat berat, akan memakan konsumsi daya yang lebih tinggi. Akibatnya, baterai pada Smartphone pun akan lama terisi penuh.

2. Mematikan Daya Smartphone

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Mematikan Daya Smartphone

Ketika Smartphone anda tidak digunakan saat dicas tetapi batrainya malah berkurang, saya sarankan untuk mematikan hp anda pada saat dicas. Dikarenakan daya yang masuk sangat kecil sehingga tidak sebanding dengan aplikasi yang berjalan dismartphone secara otomati.

Aplikasi-aplikasi yang berjalan secara otomatis misalnya seperti, facebook, instragram, gmail, dan youtube. Sehingga menyebabkan Smartphone terus mengeluarkan daya baterai walaupun Smartphone tersebut tidak digunakan.

3. Mematikan Data saluler

Baterai Smartphone Dicas Berkurang

Ketika Smparthone lagi dicas saya sarankan harap mematikan data saluler. Data saluler banyak sekali memakai daya Smartphone, dikarenakan Smartphone akan mencari jaringan internet secara terus menerus mengakibatkan daya yang digunakan sangatlah besar.

Maka dari itu saya sarankan untuk mematikan data saluler saat mengecas, sehingga membuat charger lebih optimal saat melakukan pengisian daya.

4. Mendinginkan Smartphone

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Mendinginkan Smartphone

Ketika Smartphone lagi bekerja terlalu keras, mengakibatkan temperature pada Smartphone menjadi panas. Sehingga membuat Smartphone membutuhkan daya baterai yang sangat besar.

Baca Juga : Ciri Layar Smartphone Rusak atau Tidak Bisa Disentuh

Dengan demikan saya menyarangkan untuk mengeluarkan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan pada saat melakukan pengisian daya baterai atau tidak bermain game pada saat melakukan Smartphone dicas.

5. Ganti Kabel USB

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Ganti Kabel USB

Ketika Kabel USB sering digunakan untuk mengecas hp dengan smua merk berbeda-beda sehingga membuat Kabel USB menjadi kendor. Misalnya merek charger Samsung digunakan untuk mengecas Smartphone Vivo.

Selain untuk digunakan untuk mengecash Smartphone merek lain yang membuat rusak pada Kabel USB Charger, juga dikarenkan Kabel USB khusus untuk cas sering dipakai untuk memindahkan data Smartphone ke pc atau sebaliknya.

Saya sarankan untuk membeli kabel usb yang ori dari merek Smartphone tersebut atau kabel USB yang agak mahal sedikit. dikarenakan jika kita menggunakan kabel USB yang kw dapat merusak komponen dalam Smartphone tersebut atau daya yang dihasilkan dari kabel USB tidak optimal.

6. Mengganti Adapter Charger

Baterai Smartphone Dicas Berkurang

Ketika Kabel USB tidak bermasalah maka kalian harus juga mengecek Adapter Charger yang juga bisa menyebabkan pengisian daya baterai smartphone tidak optimal atau tidak mengisi. Tetapi Adapter Charger relatif awet dibandingkan dengan kabel USB. Akan tetapi awet bukan berarti tidak bisa rusak, dikarenaka setiap barang yang kita gunakan ada waktunya untuk rusak.

Misalnya seperti Adapter Charger sudah tua, sehingga membuat daya antarnya bisa menurun. Dengan begitu kalian harus mengeceknya dengan cara menggunakan Adapter Charger lainnya. jika kalian mengisi daya baterai Smartphonenya optiman dengan menggunkan Adapter Charger lain, maka Adapter Charger tersebut rusak.

Jika rusak disarankan untuk mengganti dengan Adapter Charger yang original atau yang agak mahal dan memiliki merek ternama. Tujuannya untuk meminimalisir resiko kerusakan pada komponen smartphone akibat suplai listrik yang buruk atau berlebihan.

7. Cas dari Sumber Listrik yang Benar.

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Cas dari Sumber Listrik yang Benar.

Ketika melakukan pengisian daya diharapkan dengan melakukan pengecasan pada sumber listrik yang dayanya besar dan stabil. Misalnya, seperti tidak melakukan Charging di USB PC ataupun laptop, dikarenakan daya yang diterima kecil.

Seperti halnya juga pada sumber listrik yang memiliki tegangan yang tidak stabil. Biasanya saya juga sering sekali menemukan masalah ini dimana saat saya melakukan pengecasan hp pada teriminal yang banyak tersabung pada barang elektronik lainnya, seperti kulkas, television, dan mejikom.

Sehingga saya memindahkan ke stop kontak yang tidak terhubung dengan terminal atau yang tidak terhubung dengan apapun dan stop kontaknya juga tidak longgar.

8. Kalibrasi Baterai

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Kalibrasi Baterai

Saat Smartphone Android melakukan Update, bisa juga membuat kondisi baterai Smartphone menjadi tidak akurat atau terjadinya error pada statistik baterai. Error terjadi setelah Update pada Sistem Operasi Android selesai, sehingga statistik baterai menjadi tidak jelas, serta membuat kapasitas baterai tidak bertambah saat dicas dan malah berkurang.

Dengan menggunakan metode kalibrasi baterai dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Dikarenakan fungsi dari metode kalibrasi untuk bisa melakukan reset kepada stastistik baterai sehingga bisa kembali seperti semula. Di Playstore ada beberapa perangkat lunak untuk melakukan kalibrasi baterai, misalnya seperti aplikasi Battery calibration.

9 . Reset Sistem (Factory Reset)

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Reset Sistem (Factory Reset)

Factory reset dapat mengembelbalikan Smartphone seperti semula, dikarenakan akan membuat seluruh data-data yang ada diSmartphone terapus, kecuali data-data bawaan smartphone tersebut.

Pada point ini berfunsi untuk reset sistem smartphone, untuk mengilangkan error-error pada sistem yang banyak terdapat pada smartphone tersebut, misalnya seperti chache dan virus-virus yang tersebunyi di smartphone akan terikut terapus.

Jika kesembilan pemeriksaan ringan diatas tidak mendapatkan hasil atau hasilnya tidak ada dan malah baterai smartphone anda tetap berkurang ketika di charger, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada integrated Circuit (IC) Power Smartphone.

Kenali Jenis Kerusakan Pada Baterai Smartphone

Baterai Smartphone Dicas Berkurang
Hardware Smartphone

Kita sebagai pengguna Smartphone harus mengenali jenis kerusakan pada baterai Smartphone dikarenakan masalah pada perangkat keras seperti integrated Circuit (IC), maka dengan mengenal kerusakannya dapat kita indentifikasi akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh perangkat keras tersebut.

Berikut ini merupakan kendala yang ditimbulkan oleh perangkat keras Smartphone, yaitu :

1. Akibat Kerusakan IC Charging dan IC Power Smartphone

Akibat dapat ditimbulkan ketika kondisi IC Charging dam IC Power Smartphone pada Smartphone rusak, pada umumnya akan menimbulkan kendala, sebagai berikut :

  • Smarphone tidak bisa di charge.
  • Pada saat melakukan Charge akan otomatis mengulang pengisian atau reconnect charging.
  • Ketika saat dicas akan terisi namun akan berhenti di x%.
  • Smartphone akan mengalami drop baterai ketika terjadinya koslet pada IC Charging dan ketika telah dicas lama tapi baterai tidak melakukan pengisian daya.
  • Smartphone ketika dicas baterainya malah berkurang. (diharapkan sudah mengikuti langkah-langkah diatas)

2. Akibat menurunnya kualitas baterai Smartphone

Akubat dapat ditimbulkan ketika kondisi kualitas baterai Smartphone menurun, pada umumnya akan menimbulkan kendala. sebagai berikut :

  • Daya baterai Smartphone akan menjadi lebih cepat habis.
  • Smartphone ketika dicas daya batrainya x% dan ketika dicabut daya baterai tersebut akan turun.
  • Smartphone ketika dicas dalam keadaan mati terisi daya tetapi ketika dihidupkan dan dilepas chargernya akan membuat daya menjadi 0 % atau smartphone langsung mati.

Berdasarkan Identifikasi pada akibat yang ditimbulkan kerusakan pada hardware smartphone maka dapat disimpulkan. Bahwa baterai Smartphone ketika dicas tetapi batrainya malah berkurang, penyebabnya bisa jadi ada kerusakan pada bagian IC Charger atau Baterai Smartphone.

Kesimpulan

Pada penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa smartphone saat dicas malah berkurang bisa jadi akibat charger, sistem smartphone atau hardware smartphone tersebut. Ketika anda telah mencoba kesembilan pemeriksaan ringan tetapi masih belum berhasi, saya sarankan membawa smartphone anda ke Service Center merek Smartphone tersebut atau tempat Service hp yang terpercaya.

Semoga artikel tentang Baterai Smartphone Dicas Berkurang yang telah saya buat ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memperbaiki Smartphone.

Tinggalkan komentar