Cara Resetter EPSON L405 Dengan Mudah dan Gratis

Resetter Epson L405 – Epson terbilang merupakan merek printer yang ternama di Indonesia. Selain itu Epson juga banyak di cari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan percetakan. Dengan alasan kepraktisan perintah printer berteknologi nirkabel jarak jauh terkhususnya Epson L405.

Namun, meskipun terbilang bagus akan pernah mengalami masalah atau error, yang tentunya membutuhkan penanganan yang serius.

Salah satu penanganan tersebut bisa kita lakukan dengan reset. Proses reset Epson L405 sendiri memiliki dua pilihan yakni meggunakan cara manual dan cara otomastis dengan menggunakan aplikasi Resetter.

Baca Juga: 2 Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Macet

Mengapa Epson L405 perlu di resetter?

Mengapa Epson L405 perlu di resetter?

Sebelum menjawab pertanyaan “mengapa Epson L405 harus direset”, kita kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Resetter.

Pada dasrnya Resetter adalah software yang digunakan untuk mengembalikan kepada setelan pabrik. Reset tersebut dilakukan saat Epson L405 mengalami masalah. Karena pabrikan telah mengatur siklus default di dalam hitungan main pad counter tertentu.

Sama halnya dengan Epson seri L lainnya, apabila main pad counter telah melebihi batas yang terprogram dalam chip printer, maka sistem secara instan akan mengirimkan signal error berupa pesan notifikasi di layar dan kedipan beberapa kali dari lampu indikator.

Berikut beberapa pesan notifikasi yang biasa kamu terima sebagai tanda error Epson L405 kamu:

  1. Waste Ink Pads Counter overflow error.
  2. A Printer’s ink pad is at the end of its service life please contact Epson Support.
  3. Ink pad is at the end of its service live.
  4. Service required.
  5. Ink waste is full.
  6. Past inside your sprinter area at the end of their life.

Itulah yang menjadi jawaban dari sub judul ini, sekaligus sebagai informasi penyebab. Namun yang sering muncul adalah Ink waste is full atau Waste Ink Pads Counter Overflow Error. Yang berarti batas main pad yang telah ditentukan dalam sebuah printer melebihi batas dari rata-rata 6000 poin.

Cara reset Epson L405 (Manual/Resetter)

Cara reset Epson L405 (Manual atau Resetter)

Setelah mendapatkan notifikasi error di atas, salah satu jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan reset. Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa cara reset Epson L405 memiliki dua cara yang bisa kamu pilih.

Dua cara tersebut adalah secara manual tanpa aplikasi dan secara otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program.

Reset Epson L405 secara manual

Dengan cara manual tanpa aplikasi mungkin lebih memudahkanku jika tidak ingin repot mengunduh software. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Silahkan hidupkan printer dengan menekan tombol power.
  2. Setelah hidup dan standby, lalu pencet resume (tombol logo tinta) kurang lebih selama selama 5 detik, kemudian lepaskan.
  3. Kemudian pencet sekali lagi tombol tersebut selama 3 detik kemudian lepaskan lagi.
  4. Nantinya printer akan memberikan respon untuk melakukan reset.
  5. Setelah selesai silahkan matikan dan hidupkan kembali printer.
  6. Selesai.

Cukup mudah bukan, tapi jika menggunakan cara yang manual Epson masih menunjukkan ke-error-an atau lampu masih berkedip, maka kamu bisa mencoba melakukan reset dengan cara otomatis atau dengan aplikasi Resetter.

Resetter Epson L405 secara otomatis

Flin memang menyarankan untuk para pengguna memakai opsi reset dengan cara otomatis untuk mengatasi Epson L405 error. Karena kamu akan bisa mendapatkan banyak keuntungan jika memakai tools Epson Adjustment Program.

Nantinya di dalam akan tersedia 3 opsi menu utama, dan silahkan jalankan fitur sesuai permintaan kerusakan pada printer.

Oh iya, sebelum melakukan reset secara otomatis, tentunya kamu perlu mendownload aplikasi Resetter Adjustment Program di sini:

Cara Resetter Epson Dengan Mudah

aplikasi tersebut berguna untuk mengembalikan Epson L405 ke setelan pabrik agar menjadi seperti baru. Password file tersebut adalah flinsetyadi.com

setelah berhasil mendownload aplikasi Resetter Epson L405 tersebut kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai proses reset otomatis.

  1. Silahkan ekstrak file pada link di atas.
  2. Kemudian buka folder yang sudah kamu ekstrak tadi.
  3. Lalu klik kanan aplikasi  Adjustment Program, dan tekan Run as administrator.
  4. Setelah aplikasi terbuka, kamu bisa tekan tombol Select untuk memilih seri print.
  5. Selajutnya pilih model name menjadi L405, lalu biarkan Port di posisi Auto Selection atau Default.
  6. Kemudian klik tombol OK.
  7. Selanjutnya kamu bisa tekan tombol Particular adjustment mode.
  8. Lalu scroll sampai meemukan menu Maintenance, dan pilih tools Waste ink pad counter.
  9. Setelah itu centang bagian kotak Main pad counter, dan klik tombol Check.
  10. Lalu centang lagi bagian kotak Main pad counter, lalu klik tombol Initialization.
  11. Apabila berhasil akan muncul tulisan please turn off/turn on printer. Yang artinya matikan dan nyalakan kembali
  12. Selesai. Kamu bisa menggunakan printer dengan normal lagi.

Baca Juga: Resetter Epson L120 Beserta Cara Menggunakannya

Akhir Kata

Itulah cara resetter Epson L405 yang dapat kita ikuti saat printer mulai menunjukkan error dengan munculnya salah satu notifikasi yang disebutkan di atas. Semoga tutorial dalam artikel ini bermanfaat khususnya pegguna Epson L405.

Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.