Cara Resetter Epson Dengan Mudah

Resetter Epson – Pada saat ini kebanyakan orang-orang bingung cara memperbaiki printer epson yang tidak mau mencetak dokumen ataupun tidak bisa menjalankan perintah lainnya. Hal ini biasanya ditandai dengan lampu indikator power / resume dan lampu indikator kertas / tinta berkedip secara bergantian ataupun secara bersamaan. Sehingga dapat memunculkan berbagai pesan error pada layar komputer anda.

Beberapa pesan Error Printer Epson akan mengeluarkan pemberitahuan seperti berikut ini:

  1. Waste Ink Pads Counter Overflow Error.
  2. A printer’s ink pad is at the end of its service life please contact epson support.
  3. Ink pad is at the end of its service live.
  4. Service required.
  5. ink waste is full.
  6. Part inside your printer area at the end of their life.

Biasanya error ini terjadi dikarenakan printer Epson telah mencapai batasan maksimal dalam mencetak dokumen dan printer Epson. Apabila printer Epson telah melebihi batasan maksimal cetaknya, maka epson tersebut tidak dapat melakukan job printing dan solusi satu-satunya harus melakukan reset total terhadap Waste Ink Pad Counter.

Anda bisa melakukan resetter Epson ataupun reset printer Epson dengan cara manual dan menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program atau Adjprog yang bisa anda download secara gratis. Adjprog dapat melakukan reset total terhadap Waste Ink Pad Counter yang terdapat pada printer Epson. Selain itu juga dapat melakukan maintenance lainnya, misalnya seperti mengatur EEPROM, Ink Charge, Print Head Cleaning dan lain-lain.

Penyebab Lampu Indikator Berkedip Pada Printer Epson

Pada zaman sekarang ini banyak printer yang mempunya bantalan busa ataupun spon yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyerap, dan menampung tinta yang menetes dari cartridge. Apabila batalan tinta tersebut penuh atau mencapai batasannya printer tersebut akan mengirimkan preingatan yang dapat menolak untuk melakukan pencetakan dokumen ataupun printah-perintah lainnya.

Masalah lain ketika lampu indikator pada printer epson berkedip disebabkan oleh roller pada printer macet, tinta yang terdapat pada cartrigde perlu disedot, nozzle cartridge butuh semprotan cairan head cleaner dan lain-lainnya. Akan tetapi sering ditemukan penyebab lampu indikator berkedip pada printer epson dikarenakan oleh masalah Waste Ink Full yang dapat menyebabkan Over Ink Pad Counter ataupun conter pembuangan tinta yang sudah penuh.

Oleh karena itu anda harus melakukan resetter pada epson agar sistem dapat kembali normal ataupun semua sistem yang ada di printer epson dapat ke reset seperti ketika anda membeli printer baru dari toko dan dapat menghilangkan error-error yang terdapat dalam printer epson tersebut.

Download Resetter Epson

Berikut ini merupakan kumpulan Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe) agar anda dapat melakukan reset printer epson dengan mudah.

Seri Printer EpsonFile
Epson L120disini
Epson L130, L220, L310, L360, L365disini
Epson L110, L210, L300, L350, L355disini
Epson L405disini
Epson L455disini
Epson L805disini
Epson L1300disini
Epson L1110disini
Epson L1800disini
Epson L3100, L3110, L3150, L3001disini
Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe)

Pada list diatas merupakan Resetter Epson Series L120, L130, L220, L310, L360, L365, L110, L210, L300W, L350, L355, L405, L455, L805, L1300, L1110, L1800, L3100, L3110, L3150, dan L3001. berfungsi untuk melakukan reset printer epson secara total ataupun mengembalikan ke pengaturan pabrik, dan untuk Password filenya adalah flinsetyadi.com

Cara reset printer epson dengan manual dan menggunakan aplikasi

Cara reset printer epson bisa dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan aplikasi resetter epson. Berikut ini merupakan cara untuk melakukan reset pada printer epson.

Cara reset printer EPSON dengan manual

Berikut ini merupakan mereset printer epson secara manual.

  1. Silahkan anda mencabut kabel power printer epson selama 5 menit.
  2. Setelah 5 menit dicabut, silahkan anda colokkan kembali kabel power dan nyalahkan printer epson anda.
  3. Kemudian Tekan dan tahan “tombol power” dan “tombol resume” ataupun tombol yang ada gambar tinta ataupun paper secara bersamaan selama 5 detik. Tombol tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:
Reset printer epson secara manual
  1. Setelah itu Tekan dan tahan “tombol power” dan “tombol resume” secara bersamaan lagi selama 3 detik.
  2. Tunggu hingga prosesnya selesai dan jika proses reset printer epson berhasil maka printer tersebut akan kembali berfungsi dengan normal.

Jika cara mereset printer epson secara manual gagal ataupun sulit untuk anda ikuti maka anda harus melakukan reset menggunakan aplikasi Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe).

Cara reset printer EPSON dengan aplikasi resetter epson

Berikut ini merupakan cara melakukan reset printer epson menggunakan aplikasi Epson Adjustment Program (AdjProg.exe):

  1. Silahkan anda download aplikasi Adjprog.exe sesuai dengan seri printer epson anda.
  2. Setelah berhasil mendownload aplikasi adjprog.exe, bukalah aplikasi tersebut.
  3. Pilih menu “Select” pada menu utama aplikasi.
  4. Kemudian silahkan anda pilih seri epson yang sesuai dengan printer anda di bagian “Model Name”, lalu tekan tombol “Oke”.
Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe)
  1. Setelah itu pilih menu “Particular adjustment mode”.
  2. Silahkan anda klik tulisan “Waste ink pad counter” yang terdapat pada menu “Maintanace” lalu klik tombol “Ok”.
Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe)
  1. Kemudian silahkan anda tekan tombol “Check” dan tunggu aplikasi tersebut menghitung total jumlah penggunaan printer.
  2. Setelah aplikasi telah menghitung jumlah pemakaian silahkan anda centang “Main Pad Conter” lalu tekan tombol “Initialization”.
  1. Langkah terkahir silahkan anda mematikan printer epson anda dan kemudian nyalahkan kembali.

Printer epson anda sekarang siap digunakan ataupun printer anda akan kembali dengan kondisi normal.

Baca Juga: Cara Print Foto Dengan Kualitas Tinggi dan Tidak Pecah

Penutup

Resetter epson sering digunakan untuk merawat printer Epson yang sering digunakan ataupun memperbaiki Error seperti sudah mencapai batasan cetakan. Nah semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda dan terimkasih telah berkunjung di flinsetyadi.

18 pemikiran pada “Cara Resetter Epson Dengan Mudah”

  1. min mau tanya, kok aplikasinya gak bisa dibuka ya, pertama kali waktu aktivasi bisa, lalu not responding saat udah tahap ke 7, lalu tertutup kemudian tidak bisa dibuka kembali

    Balas
  2. Terima kasih banyak yaa Gan…. , artikelnya berhasil diikuti hingga printer saya berfungsi kembali… Semangatterus berbagi ilmu yaa gan, semoga selalu sehat

    Balas

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!