Resetter Epson L120 + Cara Reset Manual dan Otomatis

Resetter Epson L120 – Printer memang sebuah benda yang sangat di butuhkan untuk mencetak kertas dll untuk segala macam kebutuhan. Salah satu merk printer yang cukup ternama di Indonesia adalah Epson, karena Epson mampu menghasilkan gambar yang tajam.

Printer Epson sendiri memiliki banyak seri yang memiliki keunggulan masing-masing. Satu seri yang akan saya sebutkan kali ini adalah Epson L120. Namun, sebagus-bagusnya kualitas printer pasti akan mengalami masalah.

Nah, bagaimana jika Epson L120 kamu yang memiliki masalah seperti not responding, lampu berkedip, tidak keluar tinta ataupun tidak bisa mencetak. Tenang saja, kamu masih bisa memperbaikinya dengan cara reset Epson L120 maupun resetter dengan mudah.

Baca Juga: 2 Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Macet

Tapi pembaca Flin Setyadi sekalian perlu tahu penyebab masalah-masalah printer Epson L120 sebelum melakukan resseter.

Penyebab masalah pada Epson L120

Penyebab masalah pada Epson L120

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa Epson mungkin bisa memiliki masalah yang menurut kita sangat mengganggu. Maka ketahuilah penyebab dari masalah-masalah tersebut, agar lebih berhati-hati untuk menggunakannya.

1. Not responding

Tidak merespon, tidak hanya terjadi pada laptop maupun hp, printer pun juga bisa mengalaminya. Dengan arti ia tidak merespon dari sistemnya. Ciri-cirinya biasanya keterangan “not responding” tersebut muncul pada jendela print, dan jendela tersebut tidak bisa kamu apa-apakan.

Masalah tersebut kebanyakan terjadi karena printer yang mengalami ke-error-an pada penghantaran data saat mencetak. Dengan bantuan resetter Epson L120 bisa mengatasi Not Responding ini.

2. Printer tidak bisa menarik kertas

Selain not responding Epson L120 juga bisa mengalami masalah tidak bisa menarik kertas atau kertas tidak bisa tertarik ke dalam proses cetak dan tidak bisa berjalan.

Hal tersebut di sebabkan karena roller printer yang bermasalah hingga ada komponen lain yang rusak. Masalah ini tidak bisa menggunakan Resetter Epson L120, karena harus mengganti komponen roll tersebut.

3. Tidak bisa mencetak

Jika masalah sebelumnya tidak bisa menarik kertasnya, maka masalah lain juga bisa terjadi dengan tidak bisa mencetak. Artinya lembar kertas kamu kosong karena tidak tercetak oleh mesin printer. Terkadang kertasnya malah tersangkut di dalam printer.

Masalah tersebut biasanya di sebabkan oleh roller atau software printer-nya. Tapi juga bisa dari komponen lainnya.

4. Lampu berkedip

Masalah selanjutnya bisa terjadi pada Epson L120, dengan lampu led yang berkedip-kedip dan juga di sertai printer tidak merespon. Hal itu cukup sering terjadi pada printer Epson L120.

Ke-error-an tersebut bisa di sebabkan oleh salah satu komponen yang rusak. Selain itu juga biasa dari drivernya yang bermasalah, baik itu kurang cocok atau yang lainnya. Tidak hanya itu, lampu yang berkedip juga disebabkan oleh roller pada printer tersebut telah macet.

Baca Juga: Printer Murah Terbaik Dan Berkualitas

Cara Reset Printer Epson L120 Manual atau Resetter

Cara Reset Printer Epson L120 Manual atau Resetter

Nah jika pembaca Flin Setyadi sekalian menemukan salah satu dari beberapa masalah di atas, kamu perlu me-reset printer Epson L120 untuk mengatasi masalah tersebut. Reset merupakan cara untuk mengembalikan pengaturan printer ke Pabrik. Baik itu kamu atur sendiri sampai dengan pengaturan bawaan.

Cara reset printer Epson L120 ini ada dua cara, yaitu secara manual dan secara otomatis dengan aplikasi resetter. Pembaca Flin Setyadi sekalian bisa menggunakan salah satu cara tersebut yang menurutmu mudah. Tapi sebaiknya install ulang driver printer di laptop atau komputer pembaca Flin Setyadi sekalian setelah melakukan reset.

1. Reset Epson L120 secara manual (tanpa software)

Cara yang pertama untuk me-reset Epson L120 pembaca Flin Setyadi sekalian bisa lakukan tanpa menggunakan software Resetter Epson L120 maupun alat lainnya alias manual. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Silahkan cabut terlebih dahulu kabel power selama kurang lebih 5 menit.
  • Kemudian pasang lagi kabel tersebut.
  • Setelah itu cobalah tekan tombol power, dan tekan juga tombol resume (logo tinta) pada printer Epson L120.
  • Lalu tahan tombolnya selama 5 detik dan lepaskan.
  • Setelah itu tekan dan tahan lagi tombol yang sama selama 3 detik, dan lepaskan.
  • Lalu biarkan printer selama beberapa saat, kalau proses reset sukses, maka masalah pada printer akan normal kembali.

Sebenarnya cara manual ini sudah ada dalam buku panduan resmi Epson L120. Selain itu juga tersedia pada situs resminya baik luar maupu dalam negeri.

2. Reset Epson L120 secara otomatis (Resetter)

Cara yang kedua bisa pembaca Flin Setyadi sekalian lakukan secara otomatis dengan menggunakan software atau aplikasi. Software untuk reset printer inilah yang disebut resetter. Resetter ini sengaja diciptakan hanya untuk mengatur ulang seluruh pengaturan printer, baik yang bawaan maupun kamu atur sendiri.

Nah, kali ini Flin akan memberikan resetter epson berbagai tipe yang bisa kamu unduh sekarang di sini:

Cara Resetter Epson Dengan Mudah

Setelah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, maka ikuti langkah-langkah resetter Epson L120 secara otomatis di bawah ini.

  • Silahkan buka aplikasi resetter di atas.
  • Nantinya akan muncul sebuah jendela dialog. Pada kolom model name, pilih printer yang sesuai. Kemudian kamu pilih Epson L120.
  • Lalu pada kolom adjust akan muncul fungsi-fungsi aplikasi yang bisa kamu pilih untuk menjalankan perintah tertentu pada printer.
  • Setelah itu geser sampai masuk ke kolom maintenance lalu pilih Waste Ink Pad Counter.
  • Selanjutnya klik OK untuk melanjutkan.
  • Kemudian akan muncul halaman Waste Ink Pad Counter. Di situ kamu bisa centang Main Pad Counter.
  • Lalu klik check untuk melanjutkan.
  • Silahkan tunggu beberapa saat, aplikasi sementara akan menghitung jumlah total pemakaian printer.
  • Setelah muncul jumlahnya, kemudian centang kembali pada menu Main Pad Counter dan klik Initialization.
  • Lalu tunggu lagi beberapa saat, jika sudah berhasil, akan memunculkan notifikasi bahwa kamu harus mematikan printer.
  • Matikan printer kamu, kemudian nyalakan kembali. Dengan begitu printer akan otomatis ter-reset.
  • Setelah berhasil di reset, kamu juga perlu mengetes lagi apakah masalah-masalah tersebut sudah kembali normal.

Akhir Kata

Itulah dua informasi tentang cara reset printer Epson L120 manual atau Resetter, untuk menyelamatkan dari berbagai masalah tersebut. Sehingga perinter Epson pembaca Flin Setyadi sekalian akan kembali berjalan normal dan lancar.

Selamat mencoba, jangan malu bertanya jika ada pertanyaan terkait atikel ini.

Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.

Tinggalkan komentar