Cara Memulihkan Cadangan WA Secara Praktis

Memulihkan Cadangan WA – Seperti yang di ketahui bersama, saat ini WhatsApp telah memiliki pengguna aktif yang terus bertambah jumlahnya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bagaimana tidak, aplikasi chatting yang satu ini memang banyak digemari oleh semua kalangan.

Selain karena mudah digunakan, fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini terbilang lengkap. Dengan kelengkapan fitur dan layanan itulah, banyak orang yang memilih aplikasi WhatsApp sebagai media untuk berbincang dan bersalam sapa kepada teman atau keluarga secara online.

Dan sebagian besar masyarakat Indonesia memang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi jarak jauh. Dan tak jarang dalam chat tersebut berisi berita atau informasi penting yang harus di simpan atau mungkin harus disampaikan lagi ke orang lain.

Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk menyimpan dengan baik pesan tersebut. Namun, hal-hal yang tak di inginkan memang bisa saja terjadi setiap saat tanpa kita duga. Misalnya, hp mengalami hang atau rusak, maka pesan penting tersebut bisa saja terhapus dan hilang.

Atau, jika kamu ingin mengganti hp tapi tetap ingin pesan-pesan dan data-data di WhatsApp tetap ada, maka kamu harus mengetahui cara memulihkan cadangan di WA.

Jadi, pada artikel kali ini flin setyadi akan membahas cara memulihkan cadangan di WA, baik di hp android maupun iPhone.

1. Memulihkan Cadangan WA Melalui Google Drive/iCloud Drive

Untuk memulihkan cadangan WA, kamu bisa mencobanya melalui aplikasi Google Drive untuk android dan iCloud Drive untuk iPhone. WhatsApp memiliki fitur back up alias cadangan pesan. Dan, pemulihan dengan cara ini membuatnya tersimpan secara otomatis di Drive

Baca juga : Cara Backup Chat dan File WhatsApp di Android

Dan cara ini sangat cocok untuk orang yang ingin mengganti hp, atau tidak sengaja menghapus pesan yang penting di dalamnya. Namun sebelum itu, pastikan bahwa kamu memang rutin mencadangkan pesan WhatsApp ke Drive menggunakan akun yang sama.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Hapus terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang sudah ada. Kemudian, unduh kembali aplikasi WhatsApp di hp kamu
  2. Ketika di minta untuk mendaftarkan akun, gunakan nomor ponsel kamu yang sama dengan sebelumnya
  3. Lakukan verifikasi pada nomor kamu
  4. Kemudian, akan muncul opsi untuk memulihkan cadangan pesan dan data yang telah di cadangkan melalui Google Drive atau iCloud Drive. Klik ‘Pulihkan’
  5. Tunggu hingga proses pemulihan selesai, kemudian klik ‘Lanjut’
  6. Setelah itu, kamu sudah bisa melihat cadangan WA kamu di Google Drive atau iCloud Drive

2. Memulihkan Cadangan WA Melalui Penyimpanan Ponsel

Memulihkan cadangan WA juga bisa dilakukan melalui penyimpanan di hp. Untuk cara ini kamu memerlukan bantuan aplikasi manajer file. Dan cara ini sangat cocok bagi kamu yang tidak rutin atau bahkan tidak pernah mencadangkan pesan WhatsApp ke Google Drive.

Baca Juga : Begini Cara Video Call WhatsApp di Laptop dan HP

Karena sebenarnya, WhatsApp akan memulihkan pesan secara otomatis ke cadangan lokal setiap pukul 02.00. Jadi, cadangan pesan kamu telah tersimpan pada memori di hp. Dan kamu bisa melihatnya melalui aplikasi manajer file.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu bahwa di hp kamu sudah ada aplikasi manajer file. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Manajer File di hp
  2. Pilih menu folder WhatsApp pada memori hp kamu. Disesuaikan dengan penyimpanannya, bisa jadi di penyimpanan internal atau eksternal (menggunakan kartu SD)
  3. Pilih ‘Databases’ yang ada di folder WhatsApp
  4. Disana terdapat file cadangan bernama msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12. Kemudian, ubah nama file tersebut menjadi msgstore.db.crypt12 (dan pastikan kamu tidak mengubah nomor ekstensi crypt yang ada di ujung nama file)
  5. Hapus aplikasi WhatsApp yang ada di hp kamu, kemudian unduh kembali
  6. Ketika diminta mendaftarkan akun, gunakan nomor ponsel kamu yang sama dengan sebelumnya
  7. Lakukan verifikasi pada nomor kamu
  8. Kemudian, akan muncul opsi untuk memulihkan cadangan pesan dan data. Klik ‘Pulihkan’
  9. Tunggu hingga proses selesai dan semua cadangan pesan akan kembali dipulihkan

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk memulihkan cadangan WA di hp kamu. Sebagai catatan, gunakanlah satu akun email saja saat mendaftarkan akun untuk WhatsApp-mu. Agar kamu lebih mudah dan tidak kebingungan ketika mencadangkan pesan ke Google Drive.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.