Cara Membuat Blog di Laptop Gratis dan Mudah

Blog merupakan suatu media digital berupa halaman web yang berisi tulisan pribadi dan dapat berbentuk informasi, pendapat, tutorial dan berkas. Cara membuat blog sebenarnya tidak sulit, apalagi saat ini sudah tersedia platform yang memberikan fasilitas pembuatan gratis.

Mungkin pembaca pernah mencari sesuatu dengan mesin pencari Google, lalu menemukan halaman web dengan nama seperti contoh.blogspot.com. Mungkin misalnya contoh.wordpress.com.

Halaman web tersebut merupakan fasilitas layanan gratis dan mudah untuk membuatnya. Silahkan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot

Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot
sumber: wikipedia

Platform pertama yang menyediakan fasilitas layanan gratis adalah Blogger. Dengan platform ini kamu bisa mendesain blog pribadi anda agar tampilannya menarik.

Apabila menggunakan layanan gratis, maka blog pribadi kamu akan mendapatkan tambahan alamat web blogspot.com. Misalnya kamu memberikan nama flinsetyadi, maka blog pribadi kamu akan memiliki alamat web berupa flinsetyadi.blogspot.com.

Baca juga: Cara Membuat Gmail Baru di Komputer, Laptop & HP

Berikut ini cara membuat blog pribadi di blogspot:

  1. Pertama silahkan akses laman web blogger.com
  2. Setelah itu, klik tombol “BUAT BLOG” dan perlu melakukan login ke akun gmail kamu.
  3. Setelah login, maka akan menampilkan halaman untuk mengisi nama atau judul blog pribadi anda. Silahkan mengisi sesuai keperluan anda.
  4. Setelah memasukkan nama atau judul, maka selanjutnya mengisi URL atau alamat web anda sehingga orang lain dapat menemukannya. Apabila alamat tersedia, maka tombol berikutnya akan muncul. Silahkan klik tombol “berikutnya“.
  5. Setelah itu silahkan melakukan Konfirmasi nama tampilannya, lalu klik tombol “selesai“.
  6. Selesai. Blog pribadi kamu sudah jadi, silahkan mendesain tampilan dan memposting tulisan kamu.
    Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot

Cara Buat Blog di WordPress.org

Cara Buat Blog di WordPress.org

Platform kedua untuk membuat blog pribadi adalah dengan fasilitas gratis yang tersedia di wordpress.org. Fitur yang tersedia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan blogspot, hanya saja wordpress.org menawarkan pengembangan secara offline.

Pengembangan tersebut bisa kamu dapatkan dengan menginstallnya di komputer atau laptop. Dengan demikian, kamu tidak perlu selalu terhubung dengan koneksi internet.

Selain itu, tersedia plugin dan tema yang tentu saja membantu keperluan blog pribadi kamu. Apalagi kalau kamu ingin mengembangkan hingga ke toko online. WordPress sangat cocok untuk pengembangan seperti ini.

Berikut ini cara buat blog di wordpress.org:

  1. Silahkan mengakses laman web wordpress.org. dan klik tombol “Get WordPress“. Selanjutnya akan mengarahkan ke halaman web untuk mendownload supaya kamu bisa mengembangkan web secara offline.
  2. Sedangkan untuk membuatnya online secara gratis, silahkan mengarah ke bagian paling bawah. Di sini terdapat alamat wordpress.com, silahkan klik alamat tersebut.
    Cara Membuat Blog Pribadi offline dengan WordPress.org
  3. Setelah itu akan mengarahkan anda ke halaman wordpress.com seperti berikut ini.
  4. Kemudian silahkan klik tombol “Buat Situs Web Anda“, maka akan mengarah ke halaman buat akun. Silahkan membuat akun WordPress anda, kami menggunakan pilihan “Lanjutkan dengan Google“.
  5. Isilah nama domain yang menggambarkan isi dari blog pribadi anda, ini fungsinya sama seperti alamat web atau URL di blogspot. Apabila sudah, silahkan klik tombol “pilih” yang memiliki akhiran nama “wordpress.com” untuk mendapatkan layanan gratis dari wordpress.com.
  6. Setelah itu memilih paket, untuk layanan gratis silahkan klik tulisan “mulai dengan situs gratis” seperti pada gambar di bawah ini.
  7. Selesai. Pada tahap ini, anda sudah bisa membuat tulisan dan mendesainnya.
    Cara Membuat Blog Pribadi di WordPress.com

Penutup

Membuat tulisan pada sebuah blog pribadi dapat menjadi sebuah jurnal pribadi, berbagi cerita, berbagi pengetahuan dan masih banyak lagi. Dengan mengekspresikan buah pikiran melalui tulisan, secara tidak langsung akan mengasah kemampuan menulis.

Kemampuan menulis ini membantu dalam berbagai keperluan seperti membuat laporan skripsi atau tugas akhir kamu. Sehingga tulisan tersebut menjadi terstruktur. Selain itu, kamu juga belajar mengutip dan mencari informasi sehingga tulisanmu lebih berbobot karena berdasarkan data dan sumber yang jelas.

Terima kasih sudah membaca artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

error: Content is protected !!