Cara Mengetahui Hp disadap Sekaligus Cara Mengatasinya

Mengetahui HP disadap – Penyadapan Hp tidak hanya terjadi pada film-film saja, tapi juga terjadi di dunia nyata dan itu terjadi pada siapa saja. Biasanya penyadap di lakukan oleh hacker, mantan pasangan, bos atau pihak yang berwajib. Sedangkan sasarannya biasanya adalah anggota keluarga, pacar maupun teman sendiri. Namun hal itu sangatlah tidak baik dan ilegal.

Mereka dengan mudah melakukan penyadapan Hp orang lain, karena terdapat berbagai aplikasi penyadap yang dapat di unduh secara gratis di Play Store.

HP yang sudah di-jailbreak atau di-root biasanya lebih rawan di sadap. Orang yang menyadap HP kamu tidak hanya bisa mendengarkan panggilan telepon, tapi juga membaca dan mengirimkan sms atau email, bahkan mengubah tampilan antarmuka.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Error Beserta Penyebabnya

Ciri-ciri Hp Telah Disadap

Ciri-ciri Hp Telah Disadap

Meskipun begitu, kamu bisa kok mengetahui ciri-ciri jika Hp kamu disadap. Berikut ciri-cirnya:

1. Kuota Internet Cepat Habis

Kadang kita merasa heran dengan internet yang baru kita beli ternyata cepat sekali habisnya, padahal pemakaian juga tidak seberapa.

Aplikasi jahat atau aplikasi penyadap yang diinstal diam-diam oleh hacker atau penyadap akan membuat boros kuota internet. Aplikasi tersebut biasnya berjalan di background.

Ia akan menyedot banyak informasi dari ponsel, dan mengirimkannya ke server tanpa sepengetahuan pengguna. Tiba-tiba saja kuota internet yang baru diisi ulang sudah habis begitu saja.

Kamu bisa melihat daftar aplikasi yang paling besar atau paling haus kuota. Apabila penggunaanya normal dan tidak mendapatkan jawabannya langsung. Bisa jadi ada aplikasi tersembunyi yang membuat hp kamu telah disadap sehingga menghabiskan kuota internet.

2. Baterai Cepat Habis

Selain kuota internet yang cepat habis, mengetahui HP disadap berikutnya dari baterai yang cepat habis. Mungkin menurut kamu saat pemakaian Hp yang biasa saja atau tidak untuk aktivitas berat, tiba-tiba Hp cepat panas dan baterai kamu mendadak cepat habis.

Maka dari itu kamu bisa mengeceknya dengan cara memonitor penggunaan HP kalian sehari-hari. Coba perhatikan aplikasi apa saja yang dipakai dan bagaimana efeknya terhadap daya tahan baterai.

Kemudian lihatlah aplikasi apa saja yang yang paling haus baterai dan durasi penggunaannya lewat Settings di HP. Jika ternyata penggunaannya normal tapi baterai HP kamu tetap bermasalah, besar kemungkinan perangkat kamu sudah tersusupi aplikasi penyadap yang super jahat tersebut.

3. Muncul Iklan Pengganggu

Demi keamanan perangkat Hp, biasanya kita melakukan pengunduhan aplikasi dari toko aplikasi yang resmi seperti Google Play Store. Namun terkadang masih ada aplikasi yang tidak tersedia dan memaksa kamu untuk mengunduhnya dari situs pihak ketiga. Itulah yang membuat kita jengkel bukan.

Apalagi banyak situs pihak ketiga yang keamanannya diragukan. Aplikasi yang diunduh lewat situs ini bisa saja palsu atau bahkan berisi malware yang berbahaya.
Sedangkan malware tersebut berfungsi untuk menyadap Hp kamu. Maka iklan yang mengganggu ikan bisa jadi ciri-ciri untuk mengetahui HP disadap.

Selain itu, kadang malware ini juga menampakkan wujudnya dengan menampilkan iklan yang mengganggu, bahkan sulit dihilangkan di HP. Jadi kalau HP kamu tiba-tiba di bombardir iklan, coba periksa lagi aplikasi yang ada di dalamnya.

4. Menerima SMS dengan Huruf Aneh

Karena sms sekarang sudah jarang di gunakan, terkadang menganggap setiap sms pasti dari operator sehingga menganggap kurang penting dan mengabaikannya. Namun kamu harus tetap memperhatikan isi dari setiap sms yang masuk.

Jika tiba-tiba kamu mendapat sms dengan karakter, digit, dan simbol aneh yang kamu terima, kamu harus waspada karena mungkin saja itu tanda bahwa HP kalian sudah di sadap.

Beberapa aplikasi penyadap ada yang menerima perintah dari server pusatnya dalam bentuk sms yang sudah berisi kode. Terkadang juga sms ini di gunakan oleh aplikasi penyadap untuk berkomunikasi dengan kreatornya. Maka dari SMS ini Kamu bisa mengetahui apakah HP sudah disadap.

Hal yang menyeramkan lagi, aplikasi penyadap atau malware juga bisa mengirimkan sms ke daftar kontak kamu tanpa sepengetahuanmu. Kiriman sms tersebut juga menggunakan huruf aneh seperti yang di sebutkan di atas.

Jika hal tersebut terjadi pada Hp kamu, itu artinya Hp kamu telah disadap dan penyadap mencoba menginfeksi perangkat orang terdekat kamu.

5. HP Jadi Lemot

Akibat beberapa masalah yang terjadi pada HP kamu tentu akan memaksa HP kalian untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Akhirnya performa HP yang biasanya cepat untuk multitasking kini jadi lambat bahkan untuk melakukan aktivitas sederhana.

Jika tiba-tiba HP kamu lemot, coba kamu cek apa yang membuat kelemotan pada HP, Karena dari hal tersebut kamu bisa mengetahui apakah HP telah disadap.

Terkadang efek memorinya yang hampir penuh, tapi bisa juga terdapat aplikasi mencurigakan yang menyedot semua sumber daya sehingga membuat kinerja HP jadi lambat.

6. Website Terlihat Berbeda

Saat kamu mencoba mengunjungi website favorit kamu tiba-tiba tampilannya berbeda, maka bisa jadi Aplikasi penyadap atau malware telah mempengaruhi website kamu.
Aplikasi tersebut bertindak sebagai proxy dan menghalangi komunikasi kamu dengan situs yang ingin kamu kunjungi. Malware bisa juga menampilkan halaman palsu yang terlihat sangat mirip seperti situs aslinya, atau sekedar melacak aktivitas kamu di internet.

hal tersebut sangat membahayakan lagi jika kamu membuka situs yang membutuhkan informasi pribadi seperti password atau rincian online banking.

7. HP Sulit Dimatikan

Cara terakhir untuk mengetahui HP disadap adalah HP yang sulit sekali di-non-aktifkan atau dimatikan. Selain itu juga bisa terjadi pada  HP yang sering mati atau menyala sendiri atau mulai menginstal aplikasi tanpa seizin kalian.

HP yang sudah disadap juga biasanya jadi kurang responsif dan kamu sulit mematikan karena sudah terambil alih oleh orang lain. Maka dari itu kamu perlu mengeceknya dengan cara, saat mematikan HP coba perhatikan apakah prosesnya bisa gagal atau backlight tetap menyala meski proses shut down telah berhasil.

Selain ciri-ciri di atas sebenarnya masih banyak lagi yang menjadi tanda bahwa HP telah di sadap seperti:

  • Saat melakukan panggilan terdapat suara berisik yang mengganggu dan suaranya terkesan menggema.
  • Volume panggilang yang tidak stabil.
  • Sering terdengar bunyi klik sebelum mengangkat telepon.
  • Sulit mendapatkan signal.
  • HP sering macet saat sedang menjalankan aplikasi tertenru.

Cara Mengecek HP disadap

Cara Mengecek HP disadap

Jika HP milik kamu terjadi seperti di atas tapi masih ragu-ragu apakah benar HP kamu sedang disadap, maka kamu bisa mengetahui nya dengan cara mengecek seperti berikut.

  1. Silahkan ketik kode dial #06# di menu panggilan.
  2. Setelah itu akan muncul IMEI HP kamu.
  3. Jika muncul 2 nomor IMEI bisa jadi HP kamu kena sadap.

Selain menggunakan kode dial, kamu juga bisa menelpon #61#, kemudian muncul nomor IMEI HP penyadap.

Cara Mengatasi HP yang Disadap

Cara Mengatasi HP yang Disadap

Setelah mengetahui tanda-tanda bahwa HP kamu disadap oleh aplikasi jahat.  Tenang saja kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi WA

Penting untuk mengetahui apabila akun Whatsapp kamu mulai menunjukkan gejala telah disadap. Misalnya sering online padahal kamu tidak menggunakannya atau sering mengirim pesan aneh ke orang lain seperti halnya mengirim sms dengan huruf aneh. Kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

  1. Silahkan buka aplikasi WA.
  2. Kemudian pilih Setting.
  3. Lalu pilih Whatsapp Web.
  4. Setelah itu Log out from All Devices.

Dalam Setting tersebut kamu bisa melihat perangkat yang tengah terhubung dan bisa mengakses WA kamu. Apabila terdapat perangkat yang tidak kamu kenal, maka keluarkan dengan paksa menggunakan menu setting yang ada pada HP kamu.

Menggunakan Kode Dial #002#

Cara mengatasi hp disadap selanjtnya adalah menggunakan kode dial. Cara ini cukup mudah yaitu kamu tinggal ketik #002# maka secara otomatis pengalihan ponsel dan penyadapan langsung terputus saat itu juga.

Factory Reset

Dengan cara mengembalikan HP ke setelan pabrik atau factory reset juga merupakan cara mengatasi HP yang disadap loh. Bagaimana tidak, setelah kamu melakukan factory reset semua aplikasi, data, dan history web di HP kamu akan terhapus semua. Dengan begitu sistem HP kamu akan benar-benar dalam kondisi seperti baru beli.

Menggunakan Contact Call Center Operator

Mungkin factory reset sangat berat dilakukan karena harus rela kehilangan semua data-data yang sudah tersimpan di HP. Maka kamu bisa menggunakan layanan call center provider kamu.

Provider punya alat deteksi penyadapan sehingga jika benar HP telah disadap, maka kamu bisa dengan mudah mengetahui dan memutuskannya.

Baca Juga: Cara Sadap WhatsApp Jarak Jauh Tanpa Ketahuan

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang cara mengetahui HP disadap sekaligus cara mengatasi nya. Kamu bisa menjadikan pedoman jika ciri-ciri yang di sebutkan di atas terjadi pada HP kamu. Semoga artikel ini bermanfaat

Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.