Cara Mengatasi HP Error Beserta Penyebabnya

FlinsetyadiCara Mengatasi HP Error. Beberapa error yang sering terjadi pada HP atau smartphone diantaranya: HP Ngehang, Keyboard HP Error, Internet HP Error, kamera gagal, HP Error Fastboot, layar hp ngeblank, Touchscreen HP Error, HP Sering Restart maupun layar hp tidak merespon. Dengan permasalahan tersebut, maka kali ini akan membahas tentang penyebab dan Cara Mengatasi HP Error.

Penyebab HP Error

Mendownload Berkas atau Aplikasi dari Sumber Tidak Terpecaya

Mendownload Berkas atau Aplikasi dari Sumber Tidak Terpecaya

Apabila kamu sering mendownload berkas atau aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, maka kemungkinan smartphone kamu terinfeksi virus atau malware. Hal ini merupakan salah satu Penyebab HP Error. Biasanya ditandai dengan melambatnya kinerja smarphone. Tujuan menyisipkan file tersebut dengan virus atau malware yaitu untuk mengakses dan menggunakan sumber daya smartphone. Dengan demikian, smartphone kamu dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam tindakan seperti Mengambil data pribadi kamu, kontak, maupun lokasi.

Kemudian apabila berkas atau aplikasi tersebut sudah ada di smartphone kamu, maka akan dapat merusak sistem sehingga akan menyebabkan smartphone kamu jadi error dan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset factory atau flashing.

Melakukan Modifikasi File Sistem

Melakukan Modifikasi File Sistem

Salah satu kelebihan dari smartphone Android yakni dapat dengan leluasa memodifikasi file sistemnya. Salah satunya dengan melakukan Root. Apabila smartphone sudah diroot, maka kamu dapat melakukan banyak hal dengan lebih leluasa seperti memodifikasi file sistem.

Memang apabila memodifikasi sistem tentunya mengasikkan dan dapat menjadikan smartphone kamu jadi lebih keren. Tetapi jika kamu melakukan kesalahan saat memodifikasi file sistem, maka hal ini mengakibatkan sistem tak stabil bahkan bisa menyebabkan error. Apabila ingin melakukan root pada smarphone, lebih baik mengikuti panduan dari forum terpercaya.

Penggunaan Dalam Jangka Waktu Yang Berlebihan

Penggunaan Dalam Jangka Waktu Yang Berlebihan

Dalam setiap komponen elektronik, tentunya memiliki batas penggunaanya sendiri. Jika smartphone kamu digunakan dalam jangka waktu yang berlebihan, maka dapat menjadikan kinerja perangkat keras jadi tak stabil. Misalnya kamu bermain game dalam jangka waktu yang berlebihan. Biasanya gejalanya mulai dari layar terasa panas, game mulai lag atau patah patah, hingga akhirnya HP Xiaomi kamu jadi error seperti layar menekan sendiri atau biasa disebut ghost touch. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baik menggunakan smartphone dengan jangka waktu sewajarnya agar tidak error dan komponen elektronik pada smartphone lebih awet.

Bermain Game Sambil Mengecas HP

Kebiasaan bermain game sambil mengecas merupakan salah satu penyebab HP bisa Error. Apabila smartphone kamu mengalami lowbat saat bermain game, sebaiknya sudahi dulu aktivitas tersebut. Tapi apabila kamu malah bermain game sambil mengecas smartphoe yang lowbat, hal ini akan mengakibatkan suhu smartphone akan meningkat tinggi. Dalam keadaan tersebut dapat mempengaruhi layar smartphone menjadi panas dan memungkinkan terjadinya ghost touch atau layar smartphone menekan sendiri.

Dalam keadaan baterai masih penuh pun, sebaiknya menghindari bermain game sambil mengecas. Karena hal ini dapat mengakibatkan baterai tetap diisi walaupun sudah penuh. Beberapa smartphone tidak dirancang untuk digunakan sambil mengecas. Hal ini akan mempengaruhi Battery life atau umur baterai. Semakin sering dilakukan, maka baterai akan berkurang kinerjanya.

Cara Mengatasi HP Error

Beberapa Penyebab HP Error sudah dibahas di atas. Pada bagian ini akan membahas tentang Cara Mengatasi HP Error. Berikut beberapa masalah dan cara Mengatasi HP Error:

Cara Mengatasi HP Ngehang

Cara Mengatasi HP Ngehang

HP Ngehang merupakan kondisi di mana smartphone dalam keadaan tidak bisa digunakan karena mati atau tidak memberikan respon meskipun menekan tombol power. Hal ini biasanya terjadi karena masalah pada software atau hardware pada smartphone. Pastikan dulu penyebab terjadinya HP ngehang. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan saat mengalami HP Ngehang:

  1. Restart HP, dengan cara menekan dan menahan tombol power sampai melakukan Restarting.
  2. Apabila melakukan restart HP belum menyelesaikan masalah, maka hal berikutnya yang perlu anda coba yakni mencopot baterai HP anda. (Ini bagi pengguna HP yang bukan baterai tanam)
  3. Bila baterai HP anda merupakan jenis baterai tanam, maka langkah terakhir dalam mengatasi masalah ini yaitu flashing atau reset data pabrik.
  4. Kondisi HP yang terlalu panas juga dapat mengakibatkan HP Ngehang. Hal ini dikarenakan panas komponen hardware yang melebihi batas suhu tertinggi. Sebaiknya diamkan dulu HP hingga tidak terlalu panas.

Mengatasi Keyboard HP Error

Mengatasi Keyboard HP Error

Untuk mengatasi keyboard HP error sebaiknya masuk terlebih dahulu ke dalam bagian sistem aplikasi keyboard. Kemudian bersihkan file cache yang tersimpan pada aplikasi keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuklah ke menu “Setting”, Kemudian pilih bagian “Aplikasi”.
  2. Kemudian cari aplikasi keyboard yang anda gunakan. Misalnya “Keyboard Android (AOSP)”, lalu “Hapus Data” dan “Hapus Cache” pada aplikasi keyboard tersebut.
  3. Selesai.

Mengatasi ‘Android Keyboard Has Stopped’

Cara untuk mengatasi “android keyboard has stopped” sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, hanya perlu masuk pada aplikasi “Download Manager” pada android anda. Lalu lakukan “disable” dan “enable” supaya aplikasi keyhbard bisa berjalan dengan normal kembali. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuklah ke menu “Setting”, Lalu pilih “Aplikasi” atau “Apps”.
  2. Kemudian carilah aplikasi “Download Manager”, Selanjutnya lakukan “disable” dan “enable” pada aplikasi keyboard tersebut. Terakhir lakukan “restart” atau “reboot” pada ponsel android anda.
  3. Selesai.

Mengatasi Internet HP Error

Mengatasi Internet HP Error

1. Cek kembali tanggal dan waktu HP

Tanggal dan waktu pada HP mungkin terkesan sangat sepele. Itulah kenapa banyak orang kerap mengabaikan pengaturannya. Padahal, pengaturan tanggal dan waktu yang kurang tepat pada HP bisa menjadi salah satu penyebab HP tidak bisa internet.

Cara mengaturnya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, pilih Setelan Tambahan, lalu masuk ke opsi Tanggal dan Waktu. Baru setelah itu atur tanggal dan waktu HP sesuai kalender. Dengan begini, tanggal dan waktu HP pun sesuai dengan operator sehingga jaringan internet bisa aktif.

2. Memancing sinyal operator

Salah satu alasan HP tidak bisa dibuat internetan adalah sinyal operator yang melemah. Tenang saja, kamu bisa mencoba memperkuat sinyal yang lemah tersebut secara manual. Cara pertama adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau Flight Mode, tunggu selama beberapa menit, lalu matikan kembali mode tersebut. Apabila masih tidak bisa, kamu bisa coba melakukan restart atau mematikan perangkat HP, menunggu selama beberapa menit, dan menyalakannya kembali.

3. Bersihkan cache memori

Seiring dengan pemakaian HP terus menerus, akan ada semakin banyak cache memori yang tertumpuk pada perangkat. Nah, cacheyang menumpuk terlalu banyak bisa berisiko mengganggu koneksi internet.

Untungnya, kamu bisa membersihkan cache sendiri dengan masuk ke menu Pengaturan pada HP, pilih Setelan Tambahan dan Manajemen Aplikasi. Cari nama aplikasi yang mau kamu hapus cache-nya, kemudian pilih opsi Hapus Cache. Kalau ingin lebih praktis, aplikasi seperti Clean Master juga bisa kamu manfaatkan.

4. Mengalihkan jaringan secara manual

Saat ini, mode jaringan internet apa yang sedang kamu aktifkan pada HP? Umumnya, mayoritas orang mengaktifkan jaringan mode 4G LTE pada HP mereka karena dianggap mampu memberikan koneksi internet paling cepat. Nah, kalau HP tidak bisa internet, coba alihkan dulu jaringannya secara manual. Pindahkan dulu ke jaringan 2G atau 3G untuk sementara, lalu ganti lagi ke jaringan 4G LTE. Biasanya setelah itu jaringan tersebut akan kembali aktif.

5. Lakukan reset APN

Sudah melakukan berbagai cara di atas, tapi HP tetap tidak bisa internet? Sepertinya kamu harus me-reset APN pada HP. Setiap provideratau operator biasanya menyediakan jenis APN yang berbeda pada jaringan seluler. Tujuannya agar kamu bisa menggunakan internet pada perangkat HP secara langsung. Jika terjadi perubahan pengaturan APN, koneksi internet pun secara otomatis akan ikut berubah atau justru hilang. Karenanya, cobalah melakukan reset APN untuk mengaktifkan internet kamu.

Cara Mengatasi kamera gagal

Cara Mengatasi kamera gagal
  1. Restrat atau Reboot HP

Anda bisa melakukan reboot ulang pada smartphone Anda. Matikan beberapa saat smartphone Anda, lepas memori eksternal dan juga sim card yang Anda miliki. Diamkan sekitar satu menit sebelum Anda mulai memasang dan mengaktifkan kembali smartphone Anda. Setelah ponsel menyala, cobalah buka aplikasi kamera. Bisa jadi hal ini dapat mengatasi kamera error yang sedang terjadi.

  1. Hentikan Aplikasi Lalu bersihkan cache dan Data

Jika saja cara pertama tidak dapat mengatasi masalah yang terjadi, Anda bisa menghentikan dengan paksa aplikasi yang sedang berjalan. Biasanya ini dimaksudkan untuk kamera bawaan dari smartphone. Setelah itu hapus data dari aplikasi ini. Penghapusan data ini juga dimaksudkan untuk menghapus cache yang ada di dalam aplikasi ini. Biasanya, suatu aplikasi menjadi error atau gagal beroperasi, bisa dikarena sampah elektroni, atau cache yang menumpuk.Masuklah ke bagian Pengaturan kemudian pilihlah menu Aplikasi. Scroll hingga Anda menukan aplikasi Kamera, kemudian klik. Tekan Hapus Data dan juga paksa berhenti. Kemudia  keluar dan buka kembali aplikasi kamera.

Mengatasi HP Error Fastboot Xiaomi

Hal ini sering terjadi pada HP Xiaomi, biasanya hal ini disebabkan oleh:

  • Menekan tombol volume bawah saat HP baru direstrat atau dinyalakan
  • Masuk tiba-tiba ke dalam mode Fastboot karena masalah pengecasan
  • Sistem mengalami error (pada Firmware) yang mana tidak dapat dimuat dengan sempurna

Jika anda masuk ke dalam mode fastboot secara tidak sengaja dan ingin keluar, berikut ini merupakan cara untuk keluar mode fastboot Xiaomi:

  1. Tekan dan tahan tombol Power selama 8 – 10 detik
  2. Kemudian HP Xiaomi anda akan mengalami restart
  3. Tunggu saja, karena akan menyala kembali HP seperti biasa
  4. Anda sudah keluar dari mode Fastboot

Mengatasi layar hp ngeblank

Mengatasi layar hp ngeblank

Berikut ini merupakan beberapa penyebab layar hp ngeblank yang perlu kalian ketahui :

Penyebab: 1. HP Terlalu Panas

Penggunaan HP yang dalam jangka waktu lama apalagi menjalankan aplikasi yang berat seperti game, dapat membuat suhu pada HP terlalu panas atau overheat. Dengan panas yang tinggi ini, akan berdampak pada komponen HP lainnya dan dapat menyebabkan hang atau blank pada layar.

Penyebab: 2. Menggunakan HP Saat Sedang Dicas

Hal yang harus kalian ketahui jika sedang melakukan pengisian ulang baterai, maka ada peningkatan suhu yang terjadi pada HP kalian. Memang beberapa HP tidak dirancang untuk digunakan saat sedang dicas. Hal ini kemungkinan mempengaruhi komponen pada layar HP sehingga mengakibatkan blank.

Penyebab: 3. Sistem Operasi Tidak Sesuai

Sistem Operasi yang tidak kompatibel dengan HP yang kalian, bisa mengakibatkan layar HP kalian menjadi blank. Lebih parahnya lagi, banyak kasus HP manjadi mati total karena tidak sesuainya sistem operasi saat melakukan Flashing atau Reset HP.

Penyebab: 4. Penyimpanan Memori Internal Sudah terisi Penuh

Penyimpanan Memori internal yang sudah terisi penuh akan mengakibatkan HP lambat dalam melakukan eksekusi program. Hal ini diakibatkan karena tidak adanya ruang yang cukup untuk program menjalankan perintahnya. Dikarenakan proses yang lambat, terkadang HP hanya menampilkan layar blank / gelap saat proses sedang berlangsung. Pada saat memori internal akan penuh biasanya ada notifikasi atau peringatan. Sebaiknya memberikan beberapa ruang kosong agar HP anda tidak ngeblank

Penyebab: 5. Banyak Aplikasi digunakan dalam waktu bersamaan

Pemakaian aplikasi yang banyak dalam waktu bersamaan dapat memberatkan proses kerja pada RAM. Sehingga kapasitas RAM akan digunakan semaksimal mungkin dan tidak memiliki ruang kosong. Hal ini mengakibatkan HP ngelag dan bahkan dapat membuat HP kita menjadi blank.

Penyebab: 6. Baterai HP Bocor

Layar HP yang tidak muncul gambar apapun dan hanya muncul hitam gelap saja, dapat diakibatkan dari baterai HP yang bocor atau ngedrop.

Penyebab: 7. Part / Komponen yang Rusak

Layar LCD yang rusak juga dapat menjadi penyebab layar menjadi blank. Biasanya setelah HP terjatuh dan membuat retak layarnya sehingga terdapat titik hitam di area yang retak. Selain itu HP (bukan waterproof / anti air) yang terkena air bisa membuat komponen pada HP menjadi rusak. LCD juga dapat terbakar jika terlalu lama di suhu yang sangat tinggi.

Baca Juga: Baterai Smartphone Dicas Berkurang? Ini Penyebabnya

Berikut ini beberapa Cara Mengatasi layar HP Ngeblank:

Solusi: 1. Nyalakan Ulang/Restart HP

Pada saat kalian menyalakan HP kemudian tiba-tiba layar HP ngeblank, kemungkinan itu terjadi dikarenakan sistem operasi pada HP tidak bekerja secara sempurna. Salah satu kasusnya yakni saat hendak menyalakan HP, akan tetapi logo awalan HP kalian saat dinyalakan tidak kunjung muncul. Padahal suara saat melakukan booting sudah terdengar.

Mematikan ulang atau merestart HP merupakan solusi yang cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan cara berikut ini, maka secara tidak langsung anda akan merefresh sistem HP. Berikut langkahnya:

  1. Mematikan ulang HP kalian dengan cara menekan dan menahan tombol power.
  2. Apabila HP sudah mati, kemudian lepas baterai (jika bukan baterai tanam), kartu memori, dan kartu SIM.
  3. Biarkan HP dalam kondisi seperti itu selama beberapa menit (kurang lebih sekitar 1-2 menit) kemudian kalian pasang kembali semua yang telah dilepas tadi.
  4. Nyalakan kembali HP kalian dengan menekan dan menahan tombol power.

Solusi: 2. Menghapus Cache pada HP

Cache HP yang tidak pernah dibersihkan akan berdampak pada penyimpanan. Hal ini mengakibatkan semakin banyaknya data yang akan kita disimpan. Jadi, apasih cache itu? Cache merupakan data sementara yang tersimpan pada memori internal HP untuk membantu dalam mempercepat proses transfer data sehingga loading menjadi lebih cepat.
Jika memori internal pada HP kalian berkapasitas besar maka ini bukanlah masalah. Namun jika memori internal berkapasitas kecil tetapi aplikasinya banyak, maka akan memperlambat proses transfer data tersebut. Sebaiknya kalian menghapus cache minimal seminggu sekali atau saat memory akan penuh. Lalu bagaimana cara untuk menghapus cache HP? Berikut ini caranya:

  1. Masuk ke menu pengaturan pada HP kalian.
  2. Pilih menu aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang kemungkinan banyak menyimpan cache seperti Facebook, chrome, instagram dan lain sebagainya.
  4. Kemudian buka pengaturan aplikasi kalian dan pilih bersihkan cache aplikasi.

Cara di atas dapat kamu lakukan saat layar HP kalian dalam kondisi layar tidak blank. Lalu bagaimana membersihkan cache jika layar HP blank? Kalian dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama kalian harus menekan dan menahan tombol “power + volume up”.
  2. Tunggulah sebentar sampai masuk ke mode recovery.
  3. Kemudian pilih menu wipe, lalu cari “wipe cache partition”.
  4. Biarkan beberapa saat sampai proses partisi cache sistem selesai dan cache terhapus.
  5. Kemudian pilih reboot untuk menghidupkan kembali HP.

Solusi: 3. Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika cara-cara sebelumnya tidak menyelesaikan masalah layar HP Blank, kemungkinan HP kalian sudah terserang dengan virus. Virus tersebut mungkin didapat dari aplikasi yang sudah kalian unduh dari sumber tidak terpercaya. Oleh karena itu, melakukan reset ke pengaturan pabrik bisa menjadi solusinya. Dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik, maka HP kalian akan kembali pada setelan awal seperti kondisi pertama kali kalian membeli HP tersebut.
Untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik saat layar blank, kalian dapat melakukannya lewat mode recovery, berikut langkahnya:

  1. Masuk ke dalam mode recovery sama seperti cara yang dijelaskan sebelumnya.
  2. Kemudian Pilih menu factory reset / wipe data.
  3. Terakhir pilih yes – delete all user data.

Solusi: 4. Ganti Baterai HP Kalian

Ketika kalian menghidupkan HP yang sebelumnya mati, maka bisanya akan muncul logo android. Namun ketika layar mendadak mati lagi setelah dinyalakan, kemungkinan masalahnya ada pada baterai HP kalian. Hal ini dapat terjadi karena kondisi baterai pada HP kalian sudah tidak optimal.
Untuk mengatasi hal tersebut, kalian hanya perlu membeli baterai yang baru. Pastikan baterai baru yang kalian beli kualitas original.

Solusi: 5. Layar HP Blank Setelah Terjatuh Kedalam Air

Jika HP kalian masuk ke dalam air, kemudian muncul garis-garis dan tiba-tiba layar menjadi gelap. Maka kalian dapat lakukan cara berikut ini:

  1. Jangan mencoba menghidupkan HP dalam keadaan basah.
  2. Keringkan dulu HP kalain dan lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori.
  3. Masukan ke dalam beras dan biarkan selama 2 hingga 3 hari.
  4. Kemudian coba hidupkan kembali HP kalian dan lihat kondisinya.

Jika memang belum berhasil juga, kalian dapat mencoba untuk membersihkan konektor layar.

Solusi: 6. Bawa ke Tempat Service HP

Jika semua cara tersebut sudah kalian lakukan namun tidak berdampak apapun, maka bawalah ke tempat service. Ada kemungkinan penyebab layar HP kalian menjadi blank disebabkan oleh kerusakan pada chipset, touchscreen, kapasitor dan komponen lain sebagainya. Pastikan untuk membawa ke service center resmi HP kalian. Karena komponen original dan lengkap untuk kebutuhan HP kalian. Walaupun biayanya relatif mahal, namun sebanding dengan kualitas yang akan didapat. Tapi kalian juga boleh membawa HP kalian ke tempat service biasa. Tapi pastikan terlebih dahulu tempat tersebut terpercaya, misalnya dari rekomendasi teman atau tempat langganan kalian.

Solusi: 7. Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Baterai Tanam

Jika terjadi lag atau hang pada HP yang menggunakan baterai tanam, tentu saja akan sulit untuk melakukan restart. Apabila ketika menekan tombol power HP dan tidak mau mati, maka berikut ini cara yang akan kita bahas yaitu merestart HP secara paksa dengan menggunakan HP Xiaomi. berikut langkahnya:

  1. Tekan tombol volume down dan volume up secara bersamaan dalam beberapa menit.
  2. Jika berhasil, secara otomatis HP kalian akan melakukan restart.
  3. Jika gagal, kalian bisa mencari tombol kecil berwarna merah lalu tekan tombol itu.
  4. Diamkan beberapa saat, kemudian nayalakan kembali.

Tombol merah ini biasanya berada di dekat slot SIM. Tombol merah tersebut berfungsi untuk memutus arus baterai yang masuk ke HP.

Mengatasi Touchscreen HP Error

Liquid Crystal Display (LCD) merupakan salah satu tipe layar yang biasa ditemui di Smartphone pada saat ini. Jenis-jenis dari layar Smartphone tersebut terdiri dari beberapa misalnya, seperti LCD, TFT LCD, IPS LCD, PLS TFT, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, Retina Display dan Haptic Tactile.

Sehingga setiap merk Smartphone biasa menggunakan salah satu jenis LCD dan membuat setiap tipe layarnya memiliki masalah yang sejenis atau berbeda. Kali ini kita akan membahas tentang ciri layar Smartphone rusak. Berikut ini merupakan artikel khusus yang membahas tentang Mengatasi Touchscreen HP Error maupun Layar HP tidak merespon

Baca Juga: Ciri Layar Smartphone Rusak atau Tidak Bisa Disentuh

Mengatasi HP Suka Restart Sendiri

HP Suka Restart Sendiri

HP Suka Restart Sendiri merupakan kondisi dimana HP melakukan “mulai ulang” berkali-kali padahal kita tidak melakukan apapun pada HP tersebut.

Hal ini sangat mengganggu karena sering terjadi saat kita sedang menggunakan HP. Biasanya sebelum HP suka restrat sendiri akan ditandai dengan HP mengunci layar kemudian menghidupkan kembali dengan sendirinya. Membuka dan mengunci layar akan terjadi beberapa kali dan selanjutnya HP suka restart sendiri.

Penyebab HP Suka Restart Sendiri

Berikut ini merupakan beberapa penyebab HP suka restart sendiri:

  1. Sistem mengalami Bug: maksud Bug di sini adanya kesalahan dari sistem. Misalnya, efek dari gagal update sistem atau dikarenakan menginstal aplikasi tertentu yang mengganggu proses kerja sistem.
  2. Sistem mengalami Crash: Tidak jauh beda dengan bug, namun sistem mengalami crash ini dapat disebabkan oleh hal yang tidak diketahui.
  3. Suhu HP yang Terlalu Panas: Saat digunakan dalam waktu yang lama, tentunya HP akan mengeluarkan suhu panas. Hal ini sebenarnya toleransi suhu panas HP tersebut. Karena HP juga punya batas suhu tersendiri. Apabila batas toleransi suhu HP terlewati, maka membuat HP terpaksa restart sendiri.
  4. Komponen HP Rusak: Kemungkinan HP suka restart sendiri merupakan tanda-tanda IC UFS nya sudah mulai melemah.

Cara Mengatasi HP Suka Restart Sendiri

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk Mengatasi HP Suka Restart Sendiri:

1.Update Sistem Operasi HP: Apabila sistem mengalami Bug maupun crash dapat diatasi dengan cara melakukan Update Sistem Operasi HP.
Cara melakukan Update Sistem Operasi HP hanya perlu masuk ke Mene Pengaturan > Tentang Telepon > Pilih menu Periksa Pembaruan > Pilih Perbarui. Bila menu Periksa Pembaruan tidak muncul, silahkan tap pada bagian Logo Versi OS terbaru HP anda.

  1. Matikan HP dan biarkan dingin: Apabila sebelum terjadi HP Suka Restart Sendiri HP dalam kondisi suhu yang panas dan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya matikan dulu HP dan biarkan dingin. Biasanya ini terjadi dikarenakan batas suhu yang dapat diterima oleh HP sudah tercapai. Untuk menyelamatkan komponen yang ada dalam HP biasanya HP akan melakukan restrat sendiri.
  1. Masuk ke Mode Fastboot: apabila sudah berbagai cara dilakukan tapi masih saja HP suka restart sendiri, maka cara berikutnya yang dapat anda coba yakni masuk ke mode fastboot. Cara masuk ke mode fastboot yaitu dengan menekan dan menahan tombol “power + volume down” secara bersamaan. setelah masuk ke dalam mode fastboot, diamkan HP untuk beberapa saat. Kemudian hidupkan kembali HP dengan cara menekan dan menahan tombol power

Penutup

HP disamping memudahkan kita dalam melakukan komunikasi, juga memiliki kerentanan dalam terjadi Error. Jika kalian memiliki kemampuan dalam mendeteksi dan memperbaiki HP Error, kalian dapat mencoba beberapa tips yang kami berikan di atas. Apabila kalian tidak memiliki kemampuan tersebut, sebaiknya membawa HP kesayangan kalian ke service center resmi sesuai merk HP kalian.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!