Windows 11: Pengenalan dan Cara Install

Windows 11 merupakan sistem operasi besutan microsoft yang diluncurkan pada Juni 2021. OS terbaru besutan dari Windows ini berfokus dalam mendesain ulang demi produktivitas, kreativitas dan kemudahan.

Tentu saja dengan mempertimbangkan kondisi pandemi yang sudah berjalan 1,5 tahun terhitung dari januari 2020, mengharuskan pekerja melakukan aktifitas kerjanya dari rumah (Work from Home). Tidak hanya pekerja, pelajar pun melakukan proses belajar mengajar dari rumah juga.

Dengan demikian, banyak dari kita yang bekerja, sekolah, bahkan mencari hiburan seperti menonton film dan bermain game dengan perangkat laptop atau PC. Inilah alasan Microsoft meluncurkan Windows ini, untuk memenuhi kebutuhan kamu yang sebagian besar aktifitasnya berada di depan laptop atau pc.

Baca Juga: Cara Aktivasi Windows 10 Jadi Permanen Dengan Mudah

Desain Windows 11

Windows 11
Sumber: windows.com

Membuat desain lebih sederhana namun tetap modern dan indah, Windows berusaha meningkatkan produktivitas dan kreativitas penggunanya. Selain itu, tombol Start dan taskbar bahkan setiap suara, font, dan ikon semuanya baru.

Pada windows 11, membuka banyak jendela akan menjadi lebih fleksibel. Misalnya kamu membuka aplikasi seperti word, chrome, dan memutar video akan lebih mudah untuk mengatur posisinya.

sumber: windows.com

Fitur ini berupa Snap Layouts, Snap Group dan Desktop yang akan memanjakan multitasking kamu. Dengan fitur ini, tentu saja kamu akan lebih mudah mengorganisir atau mengatur seluruh jendela yang ingin kamu lihat sekaligus.

sumber: windows.com

Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Jika laptop atau PC kamu menggunakan Windows 10 versi terbaru dan memenuhi spesifikasi perangkat keras minimum maka laptop atau PC kamu akan dapat upgrade ke Windows 11.

Rencana peluncuran pemutakhiran masih dalam penyelesaian, tetapi untuk sebagian besar perangkat yang sudah digunakan saat ini, kami berharap itu akan siap pada awal tahun 2022.

Tidak semua PC Windows 10 yang memenuhi syarat untuk upgrade akan mendapatkan penawaran untuk ini pada saat yang sama.

Setelah peluncuran pemutakhiran dimulai, kamu bisa memeriksa apakah perangkat Anda sudah siap dengan masuk ke Pengaturan/Pembaruan Windows.

Windows 11 download dan Install

Sebelum download dan install, silahkan simak kebutuhan spesifikasi hardware minimal berikut ini:

ItemDeskripsi
Processor1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)
Memory4 GB RAM
Storage64 GB or larger storage device
System firmwareUEFI, Secure Boot capable
TPMTrusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics cardDirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x
DisplayLebih dari 9 inci Dengan resolusi HD (720p)
Internet connectionAkun microsoft dan koneksi internet untuk melakukan instalasi Windows 11 Home
Spesifikasi perangkat keras minimum

Download file ISO Windows 11: androidhost.org

error: Content is protected !!