Tips Melakukan Test Drive Mobil Sebelum Membeli

Saat membeli kendaraan baru atau bekas test drive adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan. Saat ini opsi test drive untuk mobil baru juga sudah disediakan oleh dealer, Anda tinggal memilih saja mana jenis mobil yang ingin dicoba dan jadwalnya.

Selama Anda melakukan test drive ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting dikenali karena Anda akan menggunakan kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Sayang sekali jika satu atau dua hal terlewatkan, apalagi harga mobil juga tidak murah.

Apa saja yang perlu Anda cermati ketika test drive, berikut 7 hal yang perlu Anda perhatikan.

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Test Drive Mobil

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Test Drive Mobil

Tujuan utama dari test drive adalah untuk menguji performa dari kendaraan yang diminati.
Performa ini akan disesuaikan dengan kebutuhan para pengendaranya. Jadi sebelum test drive ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis mobil apa dan harganya sesuai dengan keinginan. Hindari untuk mencoba mobil yang Anda belum sanggup untuk membayarnya. Jadi yakinkan diri Anda bahwa mobil tersebut sudah tepat.

Apabila sudah menentukan jenis mobilnya sejak dari rumah, selanjutnya Anda tinggal menghubungi dealer atau pemilik kendaraan yang ingin menjual. Nah, pada saat test drive ada beberapa hal lagi yang perlu diamati sebagai berikut::

1. Mempersiapan Rute

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentuan rute mana saja yang akan dilalui pada saat tes. Anda bisa membicarakannya dengan sales soal rute mana saja yang bisa dilewati.

Apabila Anda lebih sering melalui rute jalan aspal maka pilih rute tersebut. Tapi jangan lupa juga untuk mencoba apakah mobil tetap nyaman melewati jalanan rusak. Semakin banyak jenis kondisi jalan yang dicoba maka Anda jadi lebih tahu bagaimana kualitas mobil tersebut.

2. Mengecek Sistem Keselamatan

Hal kedua yang perlu dicek adalah soal sistem keamanannya. Sistem ini menjadi bagian yang sangat penting karena menjadi tumpuan keselamatan semua penumpang. Sebelumnya Anda bisa mencari tahu apa saja sistem keselamatan yang tersedia.

Kemudian pada saat test drive mintalah sales person untuk menjelaskan bagaimana cara kerja dari sistem tersebut ketika mobil dikemudikan. Misalnya saja kendaraan sudah dilengkapi dengan sistem alert, dll.

3. Naik Mobil sebagai Penumpang

Jangan hanya sebagai pengemudi saja, Anda juga harus mencoba mengendarai sebagai penumpang. Duduklah di bagian belakang pengemudi dan rasakan bagaimana kenyamanan seorang penumpang.

Tujuannya agar siapa saja yang Anda ajak untuk berkendara merasakan kenyamanan. Seperti kondisi AC yang sampai pada tempat duduk di belakang atau kemudahan untuk mengakses jendela, dll.

4. Mengetahui Performanya saat Parkir

Bukan hanya kenyamanan penumpang saja, tetapi pengemudi juga harus tahu apakah mobil mudah untuk diparkir. Misalnya saja mobil dengan body besar tentu akan lebih sulit untuk diparkir.

Kemudahannya juga berpengaruh dengan bagaimana skill mengemudi yang Anda miliki. Namun mobil juga perlu memiliki akses parkir yang mudah seperti mengenali sudut-sudut mobil dan menentukan blind spot.

5. Memperhatikan Bunyi Mesin dan Transmisi

Khusus Anda yang ingin test drive mobil bekas harus lebih teliti ketika mengecek mobil dari segi mesin dan juga transmisinya. Pada saat Anda sudah menyalakan mesin, cobalah untuk membuka jendela dan dengarkan bunyi mesinnya dari bagian luar.

Mesin yang normal tentu akan menimbulkan suara yang lebih halus. Begitu juga dengan transmisinya harus halus ketika Anda menjalankan mobil.

6. Mengecek Semua Fungsinya

Tak ketinggalan adalah semua fungsi mobil yang terkait dengan kaki-kaki mobil apakah nyaman saat melewati jalanan berbatu. Setir juga harus ringan saat dibelokkan ke kanan maupun ke kiri.

Fungsi rem juga harus sempurna tidak boleh muncul bunyi dan bisa menghentikan kendaraan kapanpun.

7. Mengetahui Fitur Teknologi SHVS dari Suzuki

Mobil baru selalu memiliki teknologi yang canggih disematkan. Bagi Anda yang ingin membeli mobil baru tentunya harus tahu akan hal ini. Contohnya saja teknologi Smart Hybrid Vehicle (SHVS) dari Suzuki.

SHVS sendiri merupakan teknologi dari Suzuki yang memanfaatkan Integrated Starter Generator (ISG) untuk menggantikan alternator konvensional. Beberapa kelebihan mobil dengan teknologi ini adalah irit bahan bakar, ringan serta kompak.

Selain SHVS masih ada fitur baru seperti smart e-mirror yang bisa Anda temukan pada mobil SUV XL 7. Smart e-mirror ini berada di bagian spion tengah dalam kabin. Fungsinya agar pengemudi bisa melihat bagian belakang mobil dengan jelas.

Kabar baiknya tentu saja Anda bisa mencobanya pada saat test drive.

Biasanya pengemudi kesulitan untuk dilihat karena terhalang penumpang yang terlalu penuh atau barang. Kini smart e-mirror akan merekam kondisi bagian belakang juga sehingga fungsi lainnya adalah sebagai dash cam.

Ada juga teknologi seperti cruise control yang fungsinya adalah mengatur kecepatan mobil dengan konstan. Anda bisa menyalakannya ketika kondisi jalan lengang sehingga mobil dapat berjalan dengan lebih konstan sekaligus hemat bbm.

Masih banyak jenis fitur lainnya yang perlu dikenali seperti Auto Gear Shift (AGS), Dual Jet Engine, Radar Brake Support (RBS), dan Adaptive Cruise Control (ACC). Anda yang mungkin belum paham fungsi dari fitur ini bisa mempelajari terlebih dahulu.

Mengetahui fitur teknologi seperti ini pada mobil yang hendak Anda beli tentu menjadi sebuah kelebihan untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli.

Test drive menjadi kegiatan yang penting sehingga Anda tidak kecewa setelah membeli. Anda pun bisa dengan mudah mengajukan test drive baik ke dealer atau pemilik kendaraan jika Anda membeli mobil bekas.

Pada saat pengecekan mesin, jika Anda kurang paham bisa mengajak kerabat yang paham akan mesin. Sehingga Anda bisa mengenali tipe mesin dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

error: Content is protected !!