Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Putus-Putus

Tinta Printer Epson Putus-Putus – Pada saat ini sering sekali printer sebagai alat cetak dokumen dari digital menjadi fisik. Hal ini dilakukkan untuk kebutuhan mulai dari sekolah sampai pekerjaan.

Membuat printer sangat di butuhkan dimanapun, apa lagi ketika kamu setiap hari mencetak banyak dokumen. Ini akan menyebabkan tinta pada printer cepat habis, sehingga kamu harus mengisinya ulang.

Akan tetapi ada beberapa printer misalnya seperti epson ketika mengisi ulang tintanya, namun ada beberapa merek akan menyebabkan tinta tidak keluar ataupun hasil cetakkannya kurang sempurna.

Hal ini akan mengganggu kamu dalam mencetak dokumen. Oleh sebab itu pada artikel kali ini flin setyadi akan membuat tutorial cara mengatasi tinta printer merk Epson putus-putus.

1. Head Cleaning Printer Epson

Setelah isi ulang tinta printer epson biasanya harus melakukkan pembersihan head. Hal ini supaya tinta yang telah di isi akan tertarik pada kepala head printer epson. Karena saat mengisi ulang tinta printer epson tidak bisa langsung menuju ke head printer epson.

Jadi printer perlu bantuan agar tinta tersebut tetarik sampai ke head. Oleh sebab itu hal ini wajib untuk dilakukkan setelah melakukkan pengisian ulang tinta pada printer epson.

Berikut ini cara melakukan Head Cleaning pada printer epson.

  1. Silahkan ketikkan di pencarian windows “Control Panel”.
  2. Kemudian klik “Control Panel”.
  3. Lalu klik “View devices and printers”.
  4. Setelah itu klik “Printers & Scanners”.
  5. Kemudian klik type printer epson yang kamu gunakan untuk mencetak dokumen.
  6. Lalu klik “Printing Preferences”.
  7. Setelah itu klik menu “Maintenance”.
  8. Kemudiang klik “Head Cleaning”
  9. Lalu tunggu sampai peroses “Head Cleaning” selesai.
  10. Setelah itu jika proses “Head Cleaning” selesai, silahkan klik “Nozzle Check” untuk mengetahui kualitas cetakkan printer.

Jika menu printing preferences tidak ada maka driver printer epson belum di install

Baca Juga :

2 Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Macet
Resetter Epson + Cara Reset Printer Dengan Mudah
Cara Mengatasi Printer Offline Ketika Print Paling Ampuh

2. Power Ink Flushing Printer Epson

Jika tinta printer epson putus-putus ataupun hasil cetak belum sempurnah, setelah di Head Cleaning. Kamu bisa menggunakan Power Ink Flushing, untuk membersihkan saluran tinta dengan bertenaga.

Hal ini biasa digunakan untuk mengatasi tinta printer epson yang putus-putus. Sebab jika Head Cleaning tidak bisa mengatasinya, maka dengan menggunakan fitur Power Ink Flushing bisa mengatasinya.

Karena dengan fitur ini akan membersihkan saluran tinta dan memaksimalkan kualitas cetak dengan bertenaga. Akan tetapi cara ini juga tidak baik di lakukkan secara berulang kali. Sebab dapat membuat Head Cetridge printer cepat rusak.

Oleh sebab itu di printer-printer epson terbaru, akan memunculkan notif jika fitur ini dapat digunakan selama dua belas jam sekali.

Berikut ini cara melakukan Power Ink Flushing pada printer epson.

  1. Silahkan ketikkan di pencarian windows “Control Panel”.
  2. Kemudian klik “Control Panel”.
  3. Lalu klik “View devices and printers”.
  4. Setelah itu klik “Printers & Scanners”.
  5. Kemudian klik type printer epson yang kamu gunakan untuk mencetak dokumen.
  6. Lalu klik “Printing Preferences”.
  7. Setelah itu klik menu “Maintenance”.
  8. Kemudiang klik “Power Ink Flushing”
  9. Lalu tunggu sampai peroses “Power Ink Flushing” selesai (Proses ini bisa memakan waktu sangat lama).
  10. Setelah itu jika proses “Power Ink Flushing” selesai, silahkan klik “Nozzle Check” untuk mengetahui kualitas cetakkan printer.

Jika menu printing preferences tidak ada maka driver printer epson belum di install.

Penyebab Tinta Epson Putus-Putus

Pada dasarnya penyebab tinta epson bisa mengalami putus – putus atau hasil cetak tidak jelas, banyak sekali faktornya yang dapat mempengaruhinya. Namun kamu harus mengetahui penyebab-penyebabnya tinta epson putus-putus agar, dapat mengantisipasi cetakan epson jelas.

Berikut ini penyebab-penyebab tinta epson putus-putus.

  1. Kualitas Tinta : Ketika tabung printer epson hampir habis maka akan menyebabkan hasil cetakkan putus-putus atau hasil cetakan kurang jelas.
  2. Setelah Melakukkan Isi Ulang Tinta : Ketika kamu telah melakukkan pengisian ulang tinta maka hasil cetakkan akan putus-putus dan tidak jelasn. Masalah ini di jumpai pada seri printer L3110 dan L3210.
  3. Selang Tinta Tersumbat : Pada dasarnya banyak hal yang dapat membuat selang tinta tersumbat, salah satu contohnya ialah pada printer L210 yang terdapat penutup dan pembuka selang tinta.
  4. Tempat Selang Pembuangan Tinta Tersumbat : Pada dasarnya setiap kita cetak dokumen, foto dan lain sebagainya. Akan ada tinta yang masuk ke tempat pembuangan, apabila selang pembuangannya tersumbat hasil cetakkan akan putus-putus atau kurang jelas.
  5. Kualitas Kertas : Biasanya kertas juga mempengaruhi hasil cetakan seperti kertas yang terlalu tipis, permukaan terlalu kasar, permukaan terlalu halus dan lain sebagainya. Sebagai contoh apabila kamu mencetak foto dengan kertas foto, akan tetapi kertas foto tersebut kebalik maka cetak yang dihasilkan kurang jelas.

Akhir Kata

Jika kalian menemukan tinta macet, hasil cetakkan putus-putus, dan cetakkan belum sempurna. Maka kamu bisa mencoba cara di atas untuk memperbaikinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke flin setyadi.