11 Software Desain Rumah Terbaik Bagi Pemula

Software desain rumah – Ingin belajar desain rumah, tapi malas coret-coret di kertas karena butuh keahlian menggambar, dan waktu yang cukup lama.  

Namun dengan adanya komputer, saat ini kita bisa mendesain rumah dengan mudah. Bahkan untuk kita seorang pemula yang tidak memiliki latar belakang sekalipun.

Dengan menggunakan aplikasi desain rumah kita bisa memanfaat sebagai media belajar. Aplikasi-aplikasi tersebut berkapasitas ringan sehingga tidak memakan banyak memori PC kamu.

Dapat digunakan secara offline, sehingga tidak membutuhkan kuota internet. Dan yang paling menarik lagi, kamu bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut secara gratis. Tentunya setiap aplikasi memiliki fitur masing-masing.

Nah, disini bersama Flin Setyadi kamu akan saya rekomendasikan software desain rumah terbaik yang cocok untuk pemula.

Baca Juga: Aplikasi Cetak Foto Terbaik dan Praktis

1. Energy3D

Software desain rumah
Sumber: concord.org

Software desain rumah pertama yang cocok kamu gunakan adalah Energy3D mempunyai fitur dasar bagi pemula dan membantu merekan memuat desain rumah yang tampak realistis. Sangat cocok juga untuk kamu ajarkan juga kepada siswa tentang desain rumah.

Di sini kamu dapat dengan mudah membuat desain. Selain itu juga bisa menambahkan berbagai komponen pendukung seperti jendela, pintu, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya, kamu juga dapat mengekspor hasil desain rumah yang kamu buat dalam format PNG.

2. My Virtual Home

Sumber: filehippo.com

Software My virtual bagus buat pengguna biasa hingga profesional sekalipun. Hal tersebut dikarenakan fitur yang mudah untuk pengguna baru.

Dengan ini kamu bisa membangun denah rumah atau mengatur ruangan. Selebihnya kamu dapat mengubah, mendesain, dan menambahkan furnitur seperti  meja, kursi, tempat tidur, hingga furnitur hiasan seperti lukisan.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengatur pencahayaan ruang dan barang, yang bisa mensimulasikan model di sekitar rumah.

3. Dream Plan

Software desain rumah
Sumber: microsoft.com

Seperti namanya, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang merencanakan untuk membangun rumah impian. Aplikasi ini hampir mirip seperti SketchUp dalam fitur rendering dan kesederhanaan dasar, sehingga sangat bagus untuk pemula.

Jika hanya sekedar hobi desain rumah, software ini juga bagus untukmu. Begitupun bagi pengguna rumahan.

Tidak hanya mendesain rumah, dengan DreamPlan kamu dapat melengkapi interior rumah dan juga mendesain exterior atau taman untuk rumah.

Walaupun fitur atau model 3D tidak terlalu lengkap seperti software lainnya. Namun, mencakup model 3D yang umum seperti sofa, pintu, kamar atau ranjang tetap ada.

4. Google Sketchup

Google Sketchup Software desain rumah
Sumber: sketchup.com

Ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa perusahaan Google telah memproduksi software desain rumah, yang diberi nama Google Sketchup. Walaupun aplikasi ini gratis tapi fitur yang ditawarkan tidak sedikit.

Aplikasi Google Sketchup sangat mudah untuk dipelajari bagi pemula, karena memiliki panduan yang lengkap dan banyak.

Fitur tersebut seperti fitur presentasi kerja, yang sangat berguna untuk menunjukkan preview hasil pekerjaan kamu ke klien.

Kemudian fitur konversi ke model 3D dan PDF, merupakan salah satu fitur yang bermanfaat untuk mengkonversikan ke dalam bentuk denah yang dilengkapi dengan keterangan.

Namun, apabila kamu ingin serius mempelajari desain rumah, alangkah baiknya jika meng-upgrade Sketchup menjadi versi Pro.

5. ArchiCAD

ArchiCAD Software desain rumah
Sumber: graphisoft.com

Software satu ini memiliki kelebihan yang lebih unggul dibanding dengan software  CAD lainnya. Selain tampilan dan fiturnya yang mudah dipelajari, juga buku-buku pelatihan atau tutorial ArchiCAD juga sudah banyak beredar di toko buku sehingga bisa mendalami tahap dasar hingga tingkat atas.

ArchiCAD merupakan aplikasi desain 3D yang sangat kompleks. Kamu bisa mendesain apapun dalam bentuk 3D termasuk rumah.

Selain itu juga tersedia fasilitas renderdengan kualitas yang sangat bagus. Setiap objek dilengkapi parameter dengan ukuran yang sangat detail. Maka dari itu, kamu bisa mendapatkan sebuah objek dengan ukuran yang fleksibel.

Setiap lantai akan dipisahkan per-layer secara otomatis, guna untuk memudahkan pengguna, dan biasa digunakan oleh para mahasiswa arsitektur baru. Namun, banyak juga arsitektur professional yang menggunakan aplikasi ini. Karena fitur-fitur yang tersedia di sini sangat menarik.

6. AutoCAD Architecture

Software desain rumah
Sumber: autodesk.com

Tahukah kamu bahwa aplikasi AutoCAD Architecture merupakan jebolan dari Autodesk yang dikembangkan khusus untuk para arsitek. Tidak hanya itu, banyak juga yang menggunakan untuk pembelajaran di sekolah pada jurusan teknologi.

Sang pengembang telah menambahkan fitur yang cukup lengkap, seperti tools serta banyak library untuk membuat pintu, jendela, lantai, atap, dan lain-lain baik dalam bentuk 2D maupun 3D.

Selain untuk mendesain rumah, dengan AutoCAD Architecture kamu juga bisa mendesain apartemen, kantor maupun bangunan lainnya.

7. AutoDesk Revit

AutoDesk Revit Software desain rumah
Sumber: autodesk.com

Ingin membuat desain rumah impian dengan mudah, AutoDesk Revit akan mengabulkan keinginanmu itu. Karena telah memiliki fitur yang sangat lengkap, seperti gambar denah, potongan, tampak, serta axonometri yang dihidangkan secara satu paket.

Rancangan yang akan kamu buat secara otomatis akan di update dengan cepat. Sehingga proses merancang bangunan menjadi tidak membosankan ketika kita pada tahap penggeseran dinding dan bidang lainnya.

Menariknya, kamu juga dapat membuat dokementasi desain rumah yang sudah kamu buat.

8. Soft Plan

Soft Plan
Sumber: softplan.com

Tidak jauh beda dengan SketchUp, dengan Softplan kamu juga mendesain rumah, gedung, dan bangunan lain secara detail baik dari segi ukuran hingga tata letak.

Salah satu kelebihannya terletak pada kecepatannya dalam membaca setiap perubahan. Maksudnya ia akan secara otomatis melakukan perubahan apapun secara cepat pada setiap detail objek yang dibuat.

Begitu juga proses renderingnya pun tergolong lebih cepat sehingga tidak memakan waktu lama. Software desain rumah ini sangatlah mudah untuk digunakan, sehingga sangat cocok bagi pemula maupun para arsitektur.

Selain untuk mendesain rumah, kamu juga dapat secara langsung mengetahui perkiraan dana untuk membangun rumah tersebut.

9. Microstation

Microstation
Sumber: bentley.com

Dengan software Microstation kamu akan disuguhi tampilan yang sangat sederhana. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah menggunakan dan memahami semua fitur yang ada. Sehingga cocok untuk kamu yang baru terjun ke dunia desain pada perangkat lunak CAD.

Dengan Microstation, kamu bisa merancang sebuah bangunan rumah sederhana dengan parameter ukuran yang detail maupun sketsa rumah secara 3D. Selain itu kamu juga bisa menambahkan berbagai objek. Karena sudah tersedia banyak sekali model komponen rumah seperti tembok, tiang, pintu, dll.

10. Chief Architect

Software desain rumah
Sumber: chiefarchitect.com

Dengan Chief Architect, kamu akan mudah membuat desain rumah baik dengan format 2D atau 3D. Selain mudah, terdapat fitur yang cukup lengkap. Sehingga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pemula maupun profesional.

Oh iya, dengan aplikasi ini kamu juga dapat melakukan render desain rumah kita dalam format 360.

11. Homestyler

Homestyler
Sumber: homestyler.com

Jika kamu lebih suka mendesain rumah di HP saja, Homestyler sangat mendukung itu, karena software yang satu ini  juga tersedia versi mobile yang dapat dijalankan baik menggunakan Android atau iPhone.

Kamu dapat menggunakannya secara online. Selain itu bahasa yang tersedia juga bervariasi yaitu bahasa Inggris, China, Jepang dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Aplikasi Edit Background Foto Terbaik dan Praktis

Akhir Kata

Itulah 11 software desain rumah terbaik yang sangat cocok untuk pemula dan bisa diandalkan. Dengan beberapa software yang saya rekomendasikan di atas, kamu dapat merancang bangunan sesuai dengan keinginan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.

error: Content is protected !!