Software Cek Hardisk Laptop atau PC Secara Detail

Mengapa harus cek hard disk? Tujuan cek hardisk ini untuk memonitoring kondisi kesehatan hard disk, seperti pemantauan kegagalan fungsional, tingkat suhu, dan mendeteksi setiap permasalahan lainnya. Oleh karena itu kamu perlu cek hardisk, pembahasan kali ini akan menggunakan bantuan software.

Memang terkadang orang awam tidak akan mengecek hardisk laptop ataupun pc. Apalagi mengetahui caranya. Berikut ini pilihan software yang bisa kamu gunakan dalam mengecek hardisk.

Cek Hardisk dengan HDSentinel

software cek hardisk - HDSentinel
sumber: hdsentinel.com

Hard disk Sentinel (HDSentinel) merupakan sebuah software untuk monitoring dan analisis HDD dan SSD yang bisa berjalan di berbagai platform.

Bukan hanya monitoring dan analisis, fitur selanjutnya seperti menemukan, mendiagnosis, menguji dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di HDD dan SSD. Selanjutnya yaitu menampilkan laporan kesehatan, penurunan kinerja dan kegagalan yang terjadi.

Dengan sofware ini bisa memonitoring kecepatan transfer HDD dan SSD, sehingga bisa meninjau apakah terjadi penurunan kinerja. Selain itu terdapat proteksi yang memungkinkan data kamu aman terhadap malware maupun penghapusan yang tidak disengaja.

Apabila kebutuhan kamu sesuai dengan tawaran dari HDSentinel, kami telah menyediakan halaman web untuk mendownload software tersebut. Silahkan akses link di bawah ini

Download HDSentinel

Cara cek hardisk sangat mudah, anda hanya perlu menjalankan software ini dan akan menampilkan kondisi kesehatan hardisk anda.

software cek hardisk
sumber: hdsentinel.com

Dari menu Disk, anda bisa melakukan penyesuaian fitur khusus hard disk dan melakukan berbagai jenis tes hard disk.

sumber: hdsentinel.com

Pada gambar di atas, Software HDSentinel melakukan tes pada hard disk dan tidak menemukan adanya masalah. Dengan demikian, kamu bisa mengungkapkan dan memperbaiki segala jenis kesalahan hard disk, mendiagnosis hard disk / SSD – atau mengonfirmasi apakah statusnya stabil dan sempurna.

Cek Hardisk Tanpa Software

Sebenarnya kamu bisa mengecek hardisk tanpa software, hanya saja lebih ribet dibandingkan dengan bantuan software. Langsung saja kita bahas cek hard disk tanpa software.

Disk Management

Cek Hardisk Tanpa Software - Disk Management

Seperti pada gambar di atas, dengan disk management kamu dapat mengetahui nama disk, kapaitas dan kesehatan hard disk dan SSD kamu.

Kamu bisa menemukan fitur ini dengan pencarian windows, hanya perlu mengetik “disk management”. Maka selanjutnya akan tampil “Create an format hard disk partitions”, buka saja aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Search Windows 10 Tidak Berfungsi

Pada disk management, kamu bisa cek nama disk dan status kesehatan dari hard disk tersebut. Selain itu, kamu bisa memecah disk menjadi bagian-bagian kecil. Misalnya kamu punya disk C: sebesar 500GB, maka bisa membagi menjadi disk C:250GB dan disk D: 250GB.

Task Manager

software cek hardisk - Task Manager

Ya! memang benar task manager. Dengan bantuan task manager kamu bisa mengecek performa disk kamu. Seperti gambar di atas, disk yang tidak memiliki virus atau malware biasanya akan bekerja di bawah 90%.

Dengan demikian, kamu bisa cek apakah performa hard disk kamu memang berkurang karena virus atau malware, atau mungkin terjadi kerusakan. Namun bisa performa hardisk mencapai 90-100%, bisa saja windows kamu sedang update atau windows defender sedang bekerja mencari virus atau malware.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender (Sementara/Permanen)

error: Content is protected !!