Sistem Operasi Komputer dan Komponen Sistem Komputer

Pada artikel kali ini akan membahas tentang Sistem Operasi (Dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS) dan Komponen Sistem Komputer.

Baca Juga: Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software  yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan  manusia.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Selain itu, OS komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer,serta menjamin aplikasi-aplikasi  yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

OS Komputer menjamin aplikasi atau perangkat lunak lainnya bisa memakai  memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada  sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka OS Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh Sistem Operasi Komputer

  • Windows 10
  • Linux Ubuntu
  • Mac OS X

3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer

Untuk mengoperasikan sebuah komputer, terdapat 3 komponen utama yang harus terpenuhi. Karena ketiganya ini memiliki peran yang sangat penting. Jika kurang satu saja dari 3 kopmonen ini, maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah bisa dioperasikan. Dengan kata lain, ketiga Komponen Sistem Komputer ini tidak bisa dipisahkan, dan memiliki peran yang mengikat. Ketiga komponen yang dimaksud adalah:

  1. Perangkat keras (Hardware)
  2. Perangkat lunak (Software)
  3. Manusia/pengguna (Brainware).

Perangkat keras (Hardware)

Perangkat keras (Hardware) Komputer

Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Apabila tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak akan ada yang dioperasikan. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak (Software) Komputer

Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan.

Manusia/pengguna (Brainware)

Manusia/pengguna (Brainware) Komputer

Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!