Sekilas Materi Tentang Jaringan Komputer

Jaringan dan komputer merupakan dua komponen yang diperlukan dalam pertukaran informasi maupun sumber daya. Jaringan berperan sebagai penghubung antar komputer sehingga dapat terhubung satu dengan yang lain.

Baca Juga: Materi Jaringan Komputer: Instalasi Jaringan

Apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya. Jaringan komputer menggunakan suatu protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi. Tujuan Pembangunan jaringan komputer yakni mengantarkan informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengirim ke sisi penerima.

Manfaat jaringan komputer

Beberapa manfaat dari jaringan komputer yaitu sharing resources (berbagi sumber daya), media komunikasi, integrasi data, pengembangan dan pemeliharaan, keamanan data serta sumber daya lebih efisien dan informasi terkini.

Sharing resources (Berbagi sumber daya)

Dengan memanfaatkan teknologi ini, berbagi sumber daya dapat dilakukan. Resource sharing meliputi :

  1. Data Sharing (berbagi data), berbagi data seperti dokumen, gambar, audio, video, dll dapat dilakukan dengan mudah dengan siapa saja di mana saja dan kapan saja.
  2. Hardware Sharing (berbagi perangkat keras), tidak perlu menyiapkan satu printer untuk satu komputer, tetapi satu printer bisa terhubung dan digunakan oleh beberapa komputer sekaligus. Tidak hanya printer, bahkan dapat melakukan sharing storage dan banyak hardware lainnya.
  3. Internet Access Sharing (Berbagi akses internet), beberapa komputer dapat berbagi satu akses internet. Protokol komunikasi berupa device router, memiliki kemampuan untuk mengalokasikan bandiwdth kepada komputer pengguna yang membutuhkan akses internet.

Media komunikasi

Individu dalam sebuah gedung atau workgroup dapat dikoneksikan dalam jaringan LAN. Beberapa LAN dengan lokasi yang berjauhan terkoneksi kedalam jaringan WAN. Ketika jaringan sudah terbentuk dan terhubung, maka komunikasi antar user bisa terjadi, misalnya dengan menggunakan teknologi email.

Integrasi data

Komunikasi data menjadi lebih efektif, tepat dan akurat sehingga data menjadi terintegrasi karena penyimpanan yang saling terhubung.

Pengembangan dan pemeliharaan

Dengan pemanfaatan jaringan komputer ini, maka pengembangan peralatan menjadi lebih mudah dan biaya menjadi lebih hemat. Jaringan komputer memberikan kemudahan pemeliharaan untuk merawat harddisk dan peralatan lainnya. Misalnya untuk melindungi dari terjadinya serangan virus, maka pengguna hanya perlu memusatkan perhatian pada harddisk yang terdapat pada komputer pusat.

Keamanan data

Dalam Dunia bisnis jaringan komputer memudahkan pihak administrator untuk me-manage data penting perusahaan dengan lebih efektif dan efisien. Daripada data penting ini ada di masing-masing perangkat komputer karyawan yang bisa saja pengelolaan data tersebut dilakukan tidak hati-hati, akan lebih aman dan lebih mudah ketika data tersebut disimpan secara terpusat dengan memanfaatkan Shared Server. Dengan cara seperti ini, pihak karyawan perusahaan lebih mudah dalam melakukan pencarian data. Pada pihak Administrator juga dapat memastikan bahwa data dibackup secara reguler, dan memungkinkan penerapan keamanan data dengan cara menentukan siapa yang boleh membaca atau menulis data yang bersifat penting.

Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini

Dalam kondisi tertentu sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dari beberapa aplikasi dengan cara mendistribusikan tugas komputasi pada beberapa komputer pada jaringan. Dengan penyimpanan yang terhubung, data terbaru dari berbagai komputer dapat diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses.

Komponen-komponen dalam komunikasi data

  • Komputer host
  • Komputer receiver
  • Data
  • Protokol komunikasi

Kategori Jaringan

Kategori jaringan komputer yang akan dijelaskan yakni berdasarkan geografis, fungsional dan jenis transmisi:

Baca Juga Jaringan: Aplikasi, Klasifikasi dan Teknologi

Secara geografis

Local Area Network (LAN)

LAN jaringan komputer yang berhubungan dalam satu lokasi (misalkan dalam suatu gedung). Ada juga jaringan LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless (tanpa kabel) dengan teknologi Wi-Fi dan dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN). Kegunaan LAN diantaranya: Shared data, Shared software, Penggunaan hardware yang lebih efektif, Email, Komunikasi data dengan kecepatan tinggi, Metered Software Applications dan Sharing Printer.

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Apabila jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN akan diterapkan. MAN menggunakan device khusus dan tentunya kabel untuk menghubungkan dua LAN atau lebih.

Wide Area Network (WAN)

WAN digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang terpisah oleh jarak yang jauh. Menghubungkan LAN ke WAN memerlukan device berupa router. Router ini menyimpan alamat jaringan IP LAN dan alamat jaringan IP WAN. Device lainnya yang dibutuhkan yakni WAN Bandwith Switches, Modems (CSU/DSU) (TA/NT1) dan communication Servers. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi, melainkan ada di bawah kepemilikan dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi. WAN biasanya menggunakan teknologi berupa ATM, Frame Relay dan X.25 agar konektivitas jarak menjangkau lebih jauh. WAN dirancang untuk:

  • Beroperasi di wilayah yang sangat luas.
  • Memungkinkan akses melalui interface yang berurut pada kecepatan rendah
  • Menyediakan koneksi full-time dan part-time
  • Menghubungkan alat-alat yang terpisah jauh bahkan oleh area yang sangat luas

Personel Area Network (PAN)

Sama seperti jaringan LAN, PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan dalam rumah atau sebuah kantor. Pemanfaatan jaringan ini biasanya untuk berbagi sumber daya berupa akses Internet atau printer.

Berdasarkan fungsional

Client-Server

Client server adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan dimana salah satu komputer menjadi server, yakni komputer yang mengatur jaringan dan memberikan layanan. Kemudian komputer lain yang meminta layanan jaringan disebut client. Layanan yang disediakan dari server kepada client berupa printer, file, e-mail, dhcp dll.

Peer to peer (workgroup)

Peer to Peer artinya koneksi atau hubungan dari satu komputer terhubung secara langsung dengan komputer lain tanpa menggunakan server. Pada jaringan peer to peer ini semua komputer memiliki posisi yang sama, artinya semua komputer dapat berperan sebagai server (penyedia layanan) dan workstation.

Bersadarkan Jenis Transmisi

Dalam mempelajari jenis jaringan komputer terdapat beberapa klasifikasi yang cukup penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara teori, jaringan komputer dibagi berdasarkan transmisi dan jarak. Terdapat dua jenis jaringan berdasarkan teknologi transmisi, yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point.

broadcast

Jaringan Broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua device yang terkoneksi ke jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Saat menerima paket, mesin akan mengecek field alamat. Paket akan diproses jika field alamat ditujukan untuk penerima, maka untuk alamat yang berbeda maka paket akan diabaikan.

point-to-point

Jaringan Point-to-Point ini terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu, dari satu device ke satu device lain. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Ada kemungkinan melewati banyak route dengan jarak yang berbeda-beda. Sehingga diperlukan algoritma route yang dapat mengatasi hal tersebut.

Baca Juga: Materi Instalasi Server dalam Jaringan Komputer

Baca Juga:

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!