Rakit PC Gaming Murah Anti Kentang

Rakit PC Gaming – Sebelum memulai Rakit PC, berikut beberapa hal yang perlu diingat:

  1. Pastikan komponen kompatibel. Jika Anda membeli PC build kit (sudah dalam kondisi dirakit), Anda tidak perlu khawatir karena semuanya sudah kompatibel. Jika tidak dan Anda tidak yakin tentang komponen PC rakitan Anda, luangkan beberapa menit untuk memeriksa komponen build tersebut. Banyak komponen PC seperti hard drive atau drive optik biasanya kompatibel dengan sebagian besar komponen, tetapi beberapa tidak.
  2. Jangan pernah memaksakan apa pun. Sebagian besar komponen ini cukup kuat, tetapi jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak pas, jangan memaksanya. Periksa kembali suku cadang Anda dengan mencari informasi online. Anda selalu dapat melihat situs pabrikan untuk mencari bagian tertentu yang bermasalah. Pastikan untuk memeriksa dengan cermat bagian-bagian yang seharusnya pas dan cari kerusakan atau bagian yang rusak. Ini akan mencegah Anda secara tidak sengaja merusak perangkat keras baru Anda.
  3. Jaga ruang kerja Anda bersih dan teratur. Banyak komponen yang sangat kecil dan sangat mudah kehilangan baut. Pastikan Anda menyimpan segala sesuatunya dekat dan mudah ditemukan. Ini akan membuat proses cara rakit PC gaming lebih mudah.
  4. Pastikan kabel daya / kabel power PC Rakitan Anda tidak tercolok listrik saat Anda mengerjakannya. Biasanya komponen dirancang agar aman, tetapi tindakan pencegahan tidak ada salahnya. Colokkan kabel daya hanya jika Anda siap untuk menyalakan semuanya. Selain itu, saat melakukan penyesuaian, jangan sentuh apa pun di dalam casing PC Anda tanpa mencabutnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Ganti Password WiFi Indihome Lewat HP maupun Laptop

Motherboard

Bagian pertama dalam Cara Rakit PC Gaming adalah motherboard. Ini adalah komponen yang menyatukan semuanya. Ada banyak motherboard berbeda dengan berbagai bentuk dan ukuran, dan yang Anda pilih akan bergantung pada CPU yang Anda rencanakan untuk digunakan. Perbedaan utama antara motherboard yang berbeda adalah merek CPU mana yang mereka dukung: Intel atau AMD.

Keduanya adalah pilihan yang bagus, Anda hanya ingin memastikan motherboard dan CPU Anda kompatibel. Pembuatan PC dimulai dengan langkah yang bisa dibilang paling penting dalam proses pembangunan, CPU ke motherboard.

Instalasi CPU

Langkah berikutnya Cara Rakit PC Gaming adalah instalasi CPU. Jika motherboard adalah jantung dari PC rakitan Anda, CPU adalah otak operasi. Processing Powerhouse yang melakukan pekerjaan paling berat yang membuat komputer Anda mampu melakukan semua hal menakjubkan yang akan dilakukannya. Ini juga salah satu komponen yang lebih rapuh, jadi sebaiknya berhati-hatilah dengan CPU ini.

Untuk menghindari kerusakan CPU, JANGAN sentuh kontak emas di bagian bawah prosesor. Penanganan CPU Anda dengan benar akan terlihat seperti ini…

Rakit PC Gaming: Instalasi CPU
Sumber: Wix.com

Lakukan itu, dan Anda akan baik-baik saja. Untuk memasang CPU, pertama buka soket dengan melepas kait seperti gambar di atas, dan ungkapkan kontaknya.

Sekali lagi, cobalah untuk tidak menyentuhnya, karena Anda ingin memastikannya tidak bengkok. Motherboard Anda mungkin terlihat sedikit berbeda tergantung pada CPU Anda, tetapi prosesnya serupa untuk setiap motherboard.

Angkat saja kaitnya, dan buka kontak itu. Selanjutnya, Anda akan ingin melihat lebih dekat soketnya. Anda akan melihat indikasi yang sesuai pada motherboard dan CPU. Baik Intel dan AMD memiliki indikator segitiga kecil yang menunjukkan orientasi yang tepat untuk bagian tersebut, sementara Intel memiliki set takik tambahan untuk membuatnya lebih jelas. Jika Anda memperhatikan dengan cermat, seharusnya cukup jelas bagaimana dan di mana CPU cocok.

Tempatkan CPU dengan hati-hati ke dalam soket, dengan arah yang benar, sampai diletakkan rata di habitat aslinya. JANGAN memaksa masuk, cukup pastikan cpu terpasang dan rata. Ini harus terlihat dan terasa benar; tanpa sudut yang menggantung atau garis bengkok. Selanjutnya Anda akan menurunkan kait, dan casing logam yang menyertainya.

Setelah selesai memasangkan CPU, tarik socket ke bawah dengan kuat, dan kaitkan kembali di bawah batang logam seperti Anda mungkin harus menekannya sedikit keras untuk bagian ini, tetapi selama CPU Anda terpasang dengan benar, tidak apa-apa. Dengan kait itu, CPU harus terpasang dengan benar dan aman di tempatnya.

Semua selesai? Selamat! Anda telah menyelesaikan langkah terpenting!

Instalasi Pendingin CPU

Sekarang mari kita lanjutkan Rakit PC Gaming untuk menjaga agar bagian kecil dari teknologi itu tidak terlalu panas. Kami melakukannya dengan pendingin CPU, yang memiliki dua jenis berbeda. Pendingin Udara (artinya berbasis kipas) dan pendingin cair (yang berarti … Anda dapat menebaknya, berbasis cairan) Keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan, tetapi salah satunya akan berfungsi untuk mempertahankan CPU Anda dingin dan bahagia.

Sulit untuk menunjukkan dengan tepat cara memasang pendingin khusus, karena ada cukup beberapa variasi merek dan prosedur pemasangan. Akan tetapi sebagian besar mengharuskan Anda memasang pelat di bagian belakang motherboard, dan harus dipasang dari depan. Itulah mengapa kami melakukan ini sekarang, bukan setelah motherboard berada dalam casingnya. Sebelum Anda memulai instalasi pendingin Anda, Anda pasti ingin memastikan sudah tersedia ruang untuk RAM Anda.

Anda harus bisa mengetahuinya dengan menempatkan unit pendingin secara kasar di atas CPU. Jika itu memblokir slot RAM Anda, maka Anda mungkin perlu membeli pendingin yang lebih kecil. Sebelum kita benar-benar memasang pendingin, kita perlu mengoleskan pasta termal ke CPU. Zat keperakan ini memungkinkan panas berpindah dengan baik antara dua permukaan logam. Terlalu banyak pasta termal akan menghambat transfer, kalau kurang maka tidak cukup panas yang dipindahkan.

Jumlah yang Anda cari harus antara ukuran sebutir beras dan kacang, ditempatkan tepat di tengah CPU seperti ini:

Rakit PC Gaming: Thermal paste
Sumber: pc-droid.com

Setelah Anda selesai memasang pendingin, itu akan menekan gumpalan pasta, dan secara merata membubarkannya ke seluruh permukaan CPU. Itu yang kamu mau. Jika Anda melihat ada tumpahan di sisi, itu berarti Anda menggunakan terlalu banyak, dan Anda perlu membersihkan itu.

Anda dapat melihat contoh memasang pendingin di sini, dan prinsip utamanya kira-kira sama. Di sinilah instruksi masuk.
Pendingin CPU Anda akan dilengkapi dengan semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan proses. Jika Anda tetap teratur dan mengikuti setiap langkah, Anda akan memiliki pendingin yang terpasang dengan benar dalam waktu singkat.

Langkah selanjutnya dalam Rakit PC Gaming akan mencolokkan kabel dari kipas ke header kipas motherboard Anda. Untuk memastikannya memiliki sumber daya listrik. Beberapa motherboard kelas atas mungkin memiliki header yang bertuliskan hal-hal seperti “CPU Opsional” atau Pompa AIO. Ini terutama digunakan untuk tujuan pendinginan air khusus.

Kabel untuk menghubungkan pendingin Anda harus memiliki tiga atau empat lubang, dan cocok dengan tiga lubang atau empat port yang disematkan di dekat unit pendingin yang bertuliskan header kipas, atau yang serupa. Jika Anda memiliki sistem pendingin berbasis kipas, itu saja!

Kini Anda telah selesai memasang pendingin. Jika Anda menggunakan All In One, atau sistem pendingin cairan AIO, ada satu langkah lagi
akan muncul nanti dalam proses pembuatan, tetapi bagaimanapun, inilah saatnya untuk melanjutkan. Selanjutnya, mari kita lanjutkan ke penyimpanan.

Instalasi Penyimpanan

Rakit PC Gaming: M.2 alias SSD
Sumber: Wikipedia

Ini adalah drive M.2, alias Solid State Drive, atau SSD super cepat. Jika Anda memiliki satu di PC rakitan Anda, kami akan menunjukkan cara memasangnya, tetapi jika belum maka bagian selanjutnya pada Rakit PC Gaming ini tidak akan berlaku untuk Anda.

Drive M.2 dihubungkan langsung ke motherboard, dan tidak memerlukan kabel seperti tradisional hard drive atau SSD. Kita akan membahasnya nanti. Ini bervariasi menurut motherboard, tetapi Anda perlu mencari slot yang terlihat seperti gambar di bawah ini:

Rakit PC Gaming: Slow M.2 alias SSD
Sumber: Wikipedia

Ini mungkin tersembunyi di bawah heatsink juga. Anda harus dapat mengetahui arah mana yang harus dituju berdasarkan lekukan
di titik kontak drive. Ini harus terpasang dengan mudah, dan meskipun mungkin pada sudut yang aneh karena resistensi, anda tidak perlu khawatir.

Beberapa drive mungkin memerlukan bagian tambahan yang disebut standoff, yang harus disertakan. Pastikan itu ada di sana dengan erat, dan jika Anda menggunakan orientasi vertikal ikuti langkah-langkah tambahan dalam instruksi dengan drive untuk menyelesaikan instalasi. Sekarang mari beralih ke RAM.

Instalasi RAM

Tahap selanjutnya dalam Rakit PC Gaming yaitu instalasi RAM. Kalau Anda memiliki empat atau dua slot RAM, proses instalasi yang akan dilakukan kurang lebih sama. Untuk menjaga kebersihan perangkat keras Anda, hindari menyentuh titik kontak logam saat memegang RAM.

Pertama-tama, Anda pasti ingin melihat slot RAM. Harus ada jeda di jalur, lebih dekat ke bawah atau ke atas. Lihat titik kontak RAM. Apakah Anda melihat jeda yang sesuai? Anda akan menyusunnya agar sesuai, lalu geser RAM ke dalam slot.

Slot RAM
Sumber: PC Build Advisor

Kedua kait kecil akan berbunyi klik di tempatnya saat tongkat dimasukkan dengan benar. Anda mungkin perlu menggunakan sedikit minyak siku untuk memasukkannya ke sini, tetapi jika terasa seperti itu tidak masuk dengan benar, periksa kembali orientasi dan coba lagi. Saat Anda merasa sudah siap, tekan setiap ujungnya untuk memastikan tidak ada sisi yang muncul.

Untuk mendapatkan kecepatan RAM maksimum, lihat manual motherboard Anda untuk urutan penempatan yang benar. Yang terbaik adalah menggunakan RAM dari perusahaan yang sama yang semuanya dibeli pada waktu yang sama, jadi ingatlah itu. Semua selesai? Bagus. Motherboard Anda sekarang terlihat bagus! Satu langkah lagi sebelum memasangnya ke Casing PC Anda.

Memasang Motherboard ke Case

Pelindung Input / output (atau pelindung I / O) digunakan untuk melindungi PC Rakitan dari listrik statis, dan untuk mencegah masuknya debu-debu jahat. Casing ini bervariasi dari motherboard ke motherboard, karena setiap papan memiliki penempatan port yang berbeda, tetapi yang disertakan dengan motherboard Anda adalah yang ingin Anda gunakan. Sejajarkan dengan port pada motherboard Anda sehingga Anda tahu orientasi yang benar. Kemudian, Anda akan memasukkannya ke dalam casing di sini.

Sumber: semutimut.com
Ilustrasi memasang baut Motherboard ke Casing

Anda mungkin harus benar-benar mendorongnya untuk memastikan motherboard benar-benar terpasang dengan bagus. Setelah pelindung I / O berfungsi dengan baik, sekarang saatnya motherboard Anda beralih ke rumah yang baru . Casing tersedia dalam berbagai variasi bentuk dan ukuran, sehingga mungkin berbeda dengan ilustrasi di atas. Berikut langkah-langkah dalam memasang mother board ke case.

  1. Atur Posisi Casing dan motherboard secara horizontal atau tertidur (sehingga tempat memasukkan motherboard menghadap ke atas), hal ini untuk memudahkan pemasangan motherboard.
  2. Lepaskan semua Semua komponen, lalu cari lubang yang berperan sebagai dudukan logam (Metal Spacer) dengan ciri-ciri terdapat cincin pada bagian pinggir lubang dan lubang dudukan plastik.
  3. Posisikan motherboard pada masing-masing dudukan lubang baik logam dan plastik ke casing, pastikan bahwa posisi lubang sudah tepat untuk menghindari pemasangan motherboard gagal.
  4. Pemasangan motherboard pada case ini harus presisi, hal ini ditandai dengan posisi jack akan menonjol keluar dengan maksimal.
  5. Lakukan pengecekan pada semua bagian, jika sudah berada pada posisi yang benar maka sekrup motherboard siap untuk dikencangkan. Mengencangkan sekrup tidak boleh kendur agar tidak terjadi arus pendek ataupun motherboard terlepas dari case. Akan tetapi tidak boleh juga terlalu kencang, karena dapat membuat motherboard maupun casing menjadi bengkok.

Setelah semua sekrup terpasang dan motherboard Anda tidak bergerak, maka lanjutkan ke langkah berikutnya. Sekarang kita akan memasang hard drive lain yang mungkin Anda miliki. Jika Anda memiliki SATA SSD atau Hard Drive, sekarang saatnya untuk memasukkannya ke motherboard.

Instalasi Penyimpanan Tambahan

Pertama, Anda pasti ingin menemukan penempatan yang sesuai untuk perjalanan Anda. Banyak casing memiliki tempat hard drive untuk drive 2,5 inci atau drive 3,5 inci.

Sumber: indiamart.com

Seperti kebanyakan proses merakit PC, casing khusus Anda mungkin memiliki tata letak yang berbeda. Bahkan mungkin ada beberapa area penyimpanan hard drive di sisi lain casing, di belakang motherboard. Jika Anda memiliki banyak pilihan, silakan pilih penempatan apa pun yang Anda inginkan. Selama drive aman dan tidak bergerak saat Anda mengangkat casing, letakkan drive Anda
dimanapun Anda mau.

sumber: rockpapershotgun.com

Periksa petunjuk manual casing Anda untuk melihat opsi penempatan drive SATA, dan bagaimana tepatnya menginstalnya. Ini biasanya cukup mudah, hanya dengan sekrup jari atau tempat drive sederhana. Hard drive 3,5 inci ini masuk melalui bagian belakang casing. Kami mengeluarkan dudukan plastik sederhana dan memasukkannya kembali. Dudukan SATA SSD 2,5 inci pada casing ini ada di sini, dan mudah dipasang.

Pendinginan dan Kipas

Langkah selanjutnya dalam Rakit PC Gaming yakni pendinginan dan kipas. Semua perangkat keras yang luar biasa ini menghasilkan banyak panas, jadi kita perlu memastikan semuanya cukup dingin. Ada beberapa cara berbeda untuk mendinginkan PC Rakitan Anda, dari kipas sederhana hingga pendinginan khusus loop, untuk merendam seluruh PC Rakitan Anda dengan cairan pendingin.

Sumber: gigabyte.com
Water Cooling Motherboard

Kami akan membuat semuanya tetap sederhana di sini dan memberikan solusi pendinginan yang paling umum, yakni kipas. Ada banyak pilihan untuk kipas. Anda dapat membelanjakan sebanyak yang Anda inginkan, dan meskipun semua penggemar pandai meniup udara, masih ada banyak tambahan jika Anda ingin menggunakannya, seperti kipas RGB yang berubah semua berbeda warna.

Sumber: pintarkomputer.com
Kipas Motherboard

Sebagian besar kasing dilengkapi dengan beberapa kipas dan itu sudah standar, tetapi silakan tambahkan sebanyak yang Anda suka. Biasanya merupakan ide yang baik untuk membiarkan kipas di tempat mereka terpasang, tetapi Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak. Kipas ini biasanya beada di posisi dekat bagian atas, depan, dan belakang casing.

Sumber: tokocentralpc.com

Agar sirkulasi udara dalam casing baik, gunakan prinsip keseimbangan antara intake (udara dingin dari luar masuk ke motherboard) dan exhaust (hawa panas motherboard dikeluarkan). Jika intake menggunakan 1 kipas , maka exhaust juga sebaiknya 1 kipas. Begitu juga dengan menggunakan 2 kipas untuk intake, sehingga exhaust juga menggunakan 2 kipas, seperti ilustrasi diatas.

Apakah kipas untuk intake dan exhaust ini beda jenis? jawabannya adalah kipas yang sama, istilah intake dan exhaust itu hanyalah untuk membedakan posisi kipas.

Instalasi Power Supply Unit (PSU)

Sistem Anda sudah bekerja semua, selanjutnya tahap Rakit PC Gaming yaitu memberi sumber daya pada semua komponen. Yang Anda butuhkan adalah Power Supply Unit, atau kotak listrik PSU. Mungkin memiliki kabel yang sangat kusut kabel yang keluar dari belakang, atau, jika Anda membeli PSU modular, kabel mungkin semuanya terpisah.

Di mana power supply ini masuk ke dalam casing Anda mungkin berbeda, tetapi biasanya di bagian bawah atau atas. Anda biasanya akan melihat area persegi dengan empat sekrup. Pasanglah PSU Anda di sana, dan pastikan kipas menghadap ke ventilasi di casing. Gunakan sekrup yang disediakan untuk mengunci power supply pada tempatnya.

Sumber: elitepcbuilding.com
Posisi Power Supply

Di sinilah mulai membawa banyak kabel, jadi mari kita bahas sebentar manajemen kabel. Meskipun Anda dapat memiliki PC Rakitan yang fungsional dengan kabel di semua tempat, memiliki penempatan yang teratur untuk kabel Anda adalah penting karena dua alasan.

Pertama, ini terlihat jauh lebih rapi. Kedua, dan yang lebih penting, kabel yang berantakan dapat berdampak negatif pada aliran udara. Aliran udara yang baik berarti suhu yang lebih rendah dan kinerja yang lebih baik. Kebanyakan casing modern dirancang dengan mempertimbangkan manajemen kabel yang efisien, jadi tidak akan terlalu sulit mengatur kabel.

Setiap bagian kecil membutuhkan daya, dan PSU adalah yang Anda butuhkan untuk pekerjaan itu. Di motherboard, Anda akan melihat dua area yang membutuhkan kabel daya.

Sebuah konektor daya motherboard 24 pin dan konektor CPU 4 atau 8 pin (dan beberapa high-end motherboard mungkin memiliki konektor daya CPU tambahan). Penempatan konektor ini dapat bervariasi tergantung pada motherboardnya, tetapi seperti inilah tampilannya:

Sumber: ebay.com

Hard drive juga membutuhkan daya, Sehingga untuk mendapatkan semua daya Anda perlu menemukan kabel daya yang sesuai di PSU.

Jika itu adalah catu daya modular, ini seharusnya cukup mudah, jika itu adalah PSU tradisional, Anda mungkin harus berurusan dengan sedikit masalah. Langkah selanjutnya adalah dengan mencolokkan kabel dari PSU Anda ke komponen yang sesuai. Ini bisa sedikit rumit tergantung pada tata letak casing Anda, tetapi bersabarlah. Kasing Anda mungkin akan memiliki lubang dan peluang pemasangan kabel yang ada hanya karena alasan ini.

Sumber: jufrika.com

Sekarang mereka memiliki daya, hardisk juga membutuhkan kabel SATA sehingga mereka dapat mentransfer informasi ke motherboard. Kabel SATA Dan port SATA pada motherboard terlihat seperti ini

Jadi seperti yang Anda lakukan dengan catu daya, gunakan kabel SATA untuk menghubungkan keduanya, dan lakukan yang terbaik untuk menjaganya agar tidak terlihat dan jauh dari penggemar. Yang tersisa hanyalah menghubungkan daya!

Sebagian besar motherboard memiliki sakelar daya bawaan, seandainya Anda perlu mengujinya tanpa casing, tetapi menjangkau casing Anda setiap kali ingin memulai ulang cukup tidak efisien, jadi mari kita pasang tombol dan port pada casing Anda dan siap untuk batu.
Ingat bundel kabel yang saya katakan untuk disingkirkan sebelumnya, yang disertakan dengan kasing? Untuk langkah terakhir kita, sekarang saatnya untuk menghubungkan mereka sehingga kita dapat memberdayakan kreasi kita dengan cara yang mudah!

Seperti yang Anda lakukan dengan kabel daya, Anda hanya perlu melihat setiap kabel dengan cermat, dan menemukan port yang sesuai pada motherboard. Kabel kecil inilah yang membuat sakelar dan indikator LED pada casing Anda berfungsi. Kabel memiliki indikator negatif dan positif, dan ada simbol yang sesuai pada motherboard dan koneksi casing.

Mereka kecil, dan mungkin sulit dilihat, jadi Anda mungkin ingin menggunakan senter. Cocokkan, hubungkan semuanya, dan Anda siap melakukannya. Langkah besar terakhir dalam build Anda adalah memasang kartu Video, AKA, Graphics Processing Unit, atau GPU.

Instalasi GPU

Tahap terakhir dalam Rakit PC Gaming yakni instalasi GPU. Terlepas dari merek kartu video Anda, atau apakah itu menggunakan arsitektur Nvidia atau AMD, Anda akan menginstalnya dengan cara yang hampir sama. GPU Anda akan membutuhkan PCI-Express. Sebagian besar casing memiliki semacam penghalang yang melindungi bagian dalam casing dari debu dan serpihan, dan Anda harus mengeluarkannya agar GPU Anda bisa masuk ke sana.

sumber: corsair.com

Terkadang Anda harus melepaskan penghalang slot ini, terkadang mereka langsung keluar. Berapa banyak yang ingin Anda pindahkan tergantung pada ukuran GPU Anda. Jika Anda memiliki satu kartu slot, kartu slot ganda standar, atau bahkan monster slot tiga monster, Anda perlu memindahkan banyak pelindung yang diperlukan agar GPU Anda pas.

Sekali lagi, pastikan semua sekrup ekstra atau bagian ekstra dan tidak tercefer. Setelah ada ruang, pasang GPU Anda dengan hati-hati dan memasukkannya ke dalam slot PCIe. Pastikan GPU terpasang dengan baik dan benar.

Sumber msi.com

Setiap kasus berbeda, dan mungkin ada celah atau perbedaan yang perlu diperhitungkan. Setelah masuk, Anda akan mendengar bunyi sekejap, dan, seperti RAM, kait kecil akan diaktifkan. Jika Anda ingin melepaskan GPU karena alasan apa pun, Anda harus menekan kait itu sebelum menariknya keluar.

Sekarang GPU Anda ditempatkan dengan benar, gunakan sekrup yang Anda miliki dari melepas pelindung untuk menjaganya tetap di tempatnya. Ini harus berada di sana dengan sangat aman, dan sulit untuk dipindahkan. GPU sering kali memiliki konektor daya sendiri, tergantung pada model Anda. Jika milik Anda melakukannya, hubungkan dari catu daya.

Instruksi Akhir dan Pemecahan Masalah

Semuanya terpasang? Selesai! Rakir PC Gaming selesai! Kamu berhasil! Jangan pasang tutup casing Anda dulu, cukup colokkan monitor, mouse, dan keyboard, dan, terakhir, kabel daya yang disertakan dengan PSU Anda. Colokkan ke terminal listrik dan nyalakan sakelar daya pada PSU.

Tarik napas dalam-dalam, dan tekan tombol power pada casing Anda. Jika berputar, semua kipas Anda mulai berjalan, dan Anda melihat logo motherboard di layar Anda, selamat, PC Rakitan Anda berfungsi! Jika PC Rakitan Anda tidak dapat menyala seperti yang Anda harapkan, jangan khawatir.

Serius, ini terjadi pada semua orang yang merakit PC. Memecahkan masalah PC Rakitan Anda memang tidak menyenangkan, tapi tidak sesulit kelihatannya. Hal pertama adalah meninjau setiap langkah dari panduan ini, dan melacak pemasangan kabel Anda. kebanyakan kasus disababkan oleh kabel yang terlupa atau komponen yang longgar. Kemudian periksa kembali apakah RAM Anda terpasang dengan benar.

Periksa kembali apakah koneksi daya Anda ke motherboard sudah benar. Pastikan sakelar daya dan sakelar reset terhubung ke area yang benar. Jika Anda memiliki PSU modular, pastikan kabel Anda terpasang dan terpasang dengan benar. Hal yang sama berlaku untuk konektor daya motherboard Anda.

Dan periksa apakah Anda bingung dengan daya CPU 8 pin dan konektor daya PCIE 8 pin. Biasanya mereka sudah ditandai. Tetapi untuk berjaga-jaga, kabel daya CPU terbagi menjadi dua set empat, dan kabel daya lainnya untuk GPU.

Jika tidak ada yang menyala saat Anda menekan tombol power pada casing, uji motherboard dengan sakelar daya pada papan itu sendiri. Apakah PC rakitan anda melakukan booting? Itu berarti Anda perlu memasang kembali sakelar daya dari casing.

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah ini, Anda dapat melepas komponen satu per satu, melihat apakah boot, dan jika ya, Anda akan tahu masalahnya adalah bagian yang baru saja Anda lepaskan.

MasalahIni biasanya bukan komponen yang salah, tapi bisa saja memang komponennya bermasalah. Jika demikian. maka saatnya untuk RMA (Return Merchandise Authorization).

Pemecahan masalah bisa membuat frustasi, tetapi jika Anda berhati-hati dan teliti, Anda akan sampai ke intinya. Setelah PC rakitan Anda selesai dan berjalan dengan semua kemegahannya yang agung, Anda akan tahu bahwa semuanya sepadan. Kerja bagus dalam Rakit PC Gaming dan menggunakan PC Rakitan Anda sendiri.

Rekomendasi Komponen Rakit PC Gaming

PC Rakitan Rp3.680.000

MotherboardBulldozer H55- ITX
CPUIntel i5-650 LHA1156
PendinginIntel Stock Cooler
PenyimpananADATA SU650 120GB NAND
RAMKingston HyperX 8GB DDR3 1600Mhz
Power SupplyArmageddon Voltron Bronze 235FX
GPUMSI GT 1030 2G D5
CasingArmageddon Infineon 1000

PC Rakitan Rp4.650.000

MotherboardMB Biostar A320M
CPUAMD Ryzen 3 2200G Clock / Turbo: 3.5GHz / 3.7Hz, 6MB Total Cache
Pendingin2x 12cm fan included
PenyimpananHDD 500GB Seagate SATA
RAMMemory DDR4 8GB (2X4 GB)
Power SupplyPSU 600 Watt POWER UP VECTOR
GPUVGA Radeon VEGA 8 2GB Integrated
CasingCasing ATX ARMAGEDON M1X/M1G

PC Rakitan Rp5.350.000 + LED 19″

MotherboardMainboard Intel LGA1155 Socket H61
CPUProcessor Intel Core i5-2500 (3.2 – 3.6 GHz, C6Mb)
Pendingin
Penyimpanan– Harddisk System : SSD 120GB High Speed 6Gbps
– Harddisk Storage : SATA 500GB Seagate Internal ST
RAMRAM 8GB VGEN DDR3 PC12800
Power SupplyPSU 450W – Alcatroz 225x Black Magnum
GPUGraphic Card Nvidia Geforce GT730 2GB
CasingCase Powerlogic Futura 1000 / 2000 Series
MonitorLED 19″ Acer HD EB192Q (VGA)

PC Rakitan Rp4.600.000 + LED 20″

MotherboardMainboard Intel LGA1155 Socket H61
CPUProcessor Intel Core i5-2500 (3.2GHz, C6Mb)
Pendingin
Penyimpanan– Harddisk System : SSD 120GB High Speed 6Gbps
– Harddisk Storage : SATA 500GB Seagate Internal ST
RAMRAM 4GB VGEN DDR3 PC12800
Power SupplyPSU 380W – Ace Power / Simbadda / Enlight+
GPU
CasingCase Slim Enlight EN-120 / Ace Power / Simbadda-CX
MonitorLED 20″ LG HD 20MK400 (VGA)

PC Rakitan Rp6.525.000

MotherboardMOTHERBOARD INTEL H55/ 1156
CPUPROCESOR INTEL CORE I7 860.
PendinginFAN 12 CM
Penyimpanan# SSD 240 GB
# HARDISK 500 GB SATA SEAGATE
RAMMEMORI 16 GB DDR 3 PC 12800
Power SupplyPOWER SUPPLY 470 WATT ARMAGEDDON
GPUVGA 2 GB GT 1030 DDR 5 GE FORCE
CasingCASE GAMING SIMBADDA BATTLEGROUND
error: Content is protected !!