Pencarian Windows 10 Error Tidak Bisa Mengetik

Bagi pengguna laptop dan PC tentu saja sering menggunakan pencarian di Windows untuk mencari aplikasi maupun berkas. Namun sayangnya terkadang terjadi error yang mengakibatkan tidak bisa mengetik di pencarian, kasus kali ini terjadi di Windows 10.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Search Windows 10 Tidak Berfungsi

Terdapat solusi yang sudah ada di laman web microsoft pada artikel Pencarian Windows tidak bekerja sebagaimana mestinya. Namun pada artikel kali ini, kami akan membahas dengan solusi yang berbeda.

Pencarian Windows 10 Error

Ternyata solusi ini bukan hanya untuk masalah Error Tidak Bisa Mengetik di Pencarian Windows 10. Selain itu, untuk kamu yang mengalami tidak bisa mengetik di password wifi juga dapat menggunakan solusi berikut ini.

  1. Pertama buka jendela Run dengan melakukan kombinasi keyboard “Win + R” (Win itu tombol berlogo windows)
  2. Kemudian copy dan paste perintah menjalankan program berikut ini.
    “C:\Windows\system32\ctfmon.exe” (tanpa tanda kutip)
  3. Setelah itu kamu bisa mencoba melakukan pencarian dengan menu pencarian windows atau mencoba mengetik di kolom password wifi.

Namun sayangnya solusi tersebut hanya bertahan hingga laptop atau PC dimatikan, sehingga perlu dilakukan lagi saat menghidupkan kembali.

Dengan demikian kami memberikan solusi untuk menjalankan program untuk mengatasi Error Tidak Bisa Mengetik di Pencarian Windows 10 setelah melakukan login user (Startup) pada laptop maupun pc anda.

  1. Pertama Buka Windows File Explorer
  2. Selanjutnya temukan file ctfmon.exe pada alamat “C:\Windows\System32”
Error Tidak Bisa Mengetik di Pencarian Windows 10 dengan ctfmon.exe
  1. Buatlah shortcut dengan cara klik kanan > send to > desktop.
tidak bisa mengetik di password wifi dengan ctfmon.exe
  1. Lalu menuju desktop (layar utama laptop maupun pc) lalu klik kanan pada shortcut ctfmon.exe, selanjutnya kembali ke Windows File Explorer.
  2. Setelah itu cari folder Startup pada alamat
    “C:\Users\*NamaUserLaptopAtauPC*\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup”
    contoh: “C:\Users\akilw\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup”
  3. Terakhir paste file shortcut ctfmon.exe pada alamat tersebut

Untuk memeriksa apakah sudah aktif, silahkan membuta task manager dengan kombinasi keyboard “Ctrl + Alt + Del” atau dengan Klik kanan pada logo Windows lalu pilih Task Manager.

Langsung saja buka menu bar Startup periksa apakah file tersebut sudah ada. Namanya CTF Loader dan pastikan status nya sudah Enabled seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah pembahasan mengenai solusi untuk Pencarian Windows 10 Error Tidak Bisa Mengetik dan tidak bisa mengetik di password wifi, semoga artikel kali ini bermanfaat.

error: Content is protected !!