Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Instal Aplikasi

Mengecilkan Ukuran Foto – Foto merupakan gambar yang diambil melalui kamera yang menghasilkan gambaran obyek yang dipotret oleh kamera tersebut. Hasil foto yang dihasilkan akan memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung kualitas jepretan. Sementara ukuran foto terkadang dibutuhkan dengan ukuran tertentu seperti lebih kecil dari ukuran foto aslinya.

Kebutuhan tersebut lah yang menjadi pentingnya alat untuk merubah ukuran foto. Alat pengecil ukuran foto biasanya bisa diakses melalui aplikasi. Namun kita bisa mengatur ukuran foto menjadi lebih kecil tanpa harus menginstal aplikasi.

Kita bisa mengecilkan ukuran foto dengan memanfaatkan website gratis yang menawarkan berbagai fitur untuk mengatur ukuran foto sesuai yang diinginkan. Website merupakan situs online yang bisa diakses hanya dengan menggunakan jaringan internet yang memadai saja.

Hal yang perlu disiapkan adalah cukup smartphone, yang pasti sudah kamu miliki atau bisa menggunakan PC atau laptop. Setelah itu, pastikan kamu sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang memadai. Lalu siapkan foto yang ingin diatur ukurannya.

Jika sudah, kami akan memberitahu bagaimana langkah-langkah untuk mengecilkan ukuran foto melalui website gratis di internet. Ada tiga website gratis yang mudah digunakan, yaitu: ILoveIMG, compressJPG.com dan miniimagesvideos.com.

Baca: Cara Edit Ukuran Foto di HP atau Laptop Untuk Lamar Kerja

Mengecilkan Ukuran Foto di ILoveIMG

Mengecilkan Ukuran Foto di ILoveIMG
Sumber: iloveimg.com

Website ILoveIMG menjadi salah satu website yang mudah digunakan untuk mengatur ukuran foto, terutama untuk mengecilkan ukuran foto. Website ini secara gratis untuk umum dan bisa diakses oleh siapapun pengguna tanpa dipungut biaya.

Berikut ini cara mengecilkan ukuran foto menggunakan website ILoveIMG.

  1. Silahkan buka website iloveimg.com
  2. Pilih kotak yang bertuliskan ‘Pilih Gambar’, kemudian klik
  3. Selanjutnya, Kamu akan diarahkan untuk mengunggah foto yang ingin dikecilkan. Maka, klik foto
    tersebut
  4. Lalu pilih menu ‘Kompres Gambar’ dan tunggu proses yang sedang berjalan
  5. Proses tersebut tidak berlangsung lama, jika sudah, Kamu akan diberitahu ukuran foto yang telah
    dikecilkan
  6. Klik ‘Unduh Gambar yang Dikompres’ yang nantinya file foto Kamu akan otomatis tersimpan di galeri smartphone Kamu

Mengecilkan Ukuran Foto di compressJPEG.com

Mengecilkan Ukuran Foto di compressJPEG.com
Sumber: compressjpeg.com

Tak jauh berbeda, website compressJPEG.com ini juga memiliki format yang hampir sama yang juga memudahkan pengguna untuk mendapatkan ukuran foto yang lebih kecil. Menariknya, website ini juga menawarkan fitur mengecilkan ukuran dalam bentuk format file selain JPG, seperti PNG, GIF dan PDF.

Berikut ini cara mengecilkan ukuran foto menggunakan website compressJPEG.com.

  1. Buka link compressjpeg.com
  2. Pilih menu ‘Unggah File’ dan klik
  3. Pilih foto yang diinginkan, lalu klik foto tersebut dua kali
  4. Kemudian pengecilan ukuran foto ditampilkan prosesnya
  5. Setelah itu, klik menu ‘UNDUH’ yang terdapat di bawah foto tersebut
  6. Foto dengan ukuran terbaru sudah berhasil tersimpan di folder download pada smartphone Kamu

Mengecilkan Ukuran Foto di miniimagesvideos.com

Mengecilkan Ukuran Foto di miniimagesvideos.com
Sumber: miniimagesvideos.com

Website gratis yang bisa membantu kamu untuk mengecilkan ukuran foto adalah miniimagesvideos.com

Website ini bisa diakses secara gratis dengan cara yang mudah. Penawaran lain yang tak kalah menarik yaitu adanya fitur convert dari file yang berformat JPG menjadi format PDF.

Berikut ini cara mengecilkan ukuran foto menggunakan website miniimagesvideos.com.

  1. Buka link website miniimagesvideos.com
  2. Klik pilihan menu ‘Kompres JPG’ yang tersedia di bagian pojok kiri atas
  3. Klik menu ‘Upload’, yang akan menyalurkan Kamu ke folder penyimpanan smartphone Kamu
  4. Pilih foto yang akan dikecilkan ukurannya, kemudian klik dua kali pada foto tersebut
  5. Lalu foto dengan ukuran lebih kecil siap didownload, yang hanya membutuhkan proses beberapa detik saja
  6. Klik menu ‘Download’ untuk mengunduh file foto tersebut dan foto akan tersimpan di memori smartphone Kamu

Baca Juga: Cara Print Foto Dengan Kualitas Tinggi dan Tidak Pecah

Bahaya Instal Aplikasi yang Perlu Kamu Tahu

Sebenarnya, masih ada banyak pilihan website gratis yang melayani perubahan ukuran foto menjadi lebih kecil maupun lebih besar. Untuk mengetahuinya, kamu bisa langsung mencarinya di situs pencarian yang ditawarkan oleh software atau perangkat pencarian online seperti chrome atau mozilla firefox.

Kemudian kamu ketik kata kunci pencarian seperti ‘Cara Mengecilkan Ukuran Foto’. Kamu juga bisa menambahkan kata kunci tambahan, seperti ‘gratis’ atau ‘mudah’. Setelah itu, kamu bisa memilih website gratis mana yang ingin kamu gunakan.

Mengecilkan ukuran foto melalui website gratis lebih mudah daripada harus menginstal aplikasi, yang memiliki beberapa dampak buruk yang perlu kamu tahu. Bahayanya menginstal aplikasi baru tanpa mengetahui dengan jelas apakah aplikasi tersebut aman atau tidak bisa merugikan siapapun penggunanya.

Aplikasi merupakan perangkat yang ditujukan untuk mempermudah pengguna untuk memenuhi kebutuhannya sesuai layanan apa yang ditawarkan. Misalnya aplikasi jual beli, aplikasi ojek online atau aplikasi media sosial. Kehadiran aplikasi sebenarnya sangat bermanfaat bagi pengguna namun juga tetap waspada dan berhati-hati sebelum menginstalnya.

Bahaya Malware

Sumber: wikipedia.org

Ada pun bahaya instal aplikasi secara sembarangan, diantaranya adalah rawan Malware. Berasal dari paduan kata Malicious Software yang berarti perangkat atau software yang berbahaya dan bisa mengalami kebocoran data pengguna. Nah, disinilah bahayanya dari instal aplikasi secara sembarangan.

Data yang bocor bisa berupa data riwayat pesan, daftar kontak telepon, email, identitas pribadi lainnya hingga yang paling parah bisa membobol akun mobile banking dan kartu kredit pengguna. Tindakan ini nantinya bisa merujuk pada tindakan kejahatan online lainnya, seperti alat untuk ancaman. Malware juga bisa merusak data yang ada di smartphone kamu.

Selain malware, aplikasi juga bisa mendatangkan virus dan menyerang isi smartphone kamu. Meski bisa dibersihkan dengan pembersih virus, namun bisa kembali muncul atau tidak bisa hilang secara permanen.

Kerugian yang akan kamu dapat jika virus ini muncul adalah smartphone kamu bisa rusak.
Maka dari itu, sebelum melakukan instal perlu memperhatikan beberapa hal, pertama cek reputasi.

Melakukan cek ulang terkait reputasi aplikasi yang ingin kamu instal sangat penting. Sehingga kamu tahu apakah aplikasi tersebut jelas dan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Izin Aplikasi Yang Tidak Sesuai

Sumber: wikipedia.org

Kedua, kamu perlu memastikan izin aplikasi apakah sesuai yang ditawarkan atau tidak. Misalkan, untuk aplikasi mengecilkan ukuran foto, semestinya hanya ada izin aplikasi untuk galeri foto saja. Jika memerlukan izin lainnya seperti izin membaca daftar kontak, maka lebih waspada lagi untuk tidak melanjutkan instal.

Belum Tentu Lolos Google Play Protect

Sumber: android.com

Ketiga, kamu bisa mengaktifkan fitur Google Play Protect, yang telah disediakan oleh Google Play Store. Fitur ini akan sangat membantumu untuk terhindar dari aplikasi yang berbahaya. Fitur ini juga tidak membutuhkan keluar uang untuk menggunakannya.

Akhir Kata

Sebenarnya, baik website gratis maupun aplikasi gratis, keduanya bisa mengundang bahaya Malware dan Virus. Sehingga kamu bisa menerapkan pencegahan di atas dan lebih bijak lagi saat memanfaatkan layanan di internet. Semua yang ditawarkan dari internet selalu menarik siapapun yang melihatnya namun tetap harus berhati-hati.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mengecilkan ukuran foto dengan mudah tanpaharus mengeluarkan goceng. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

error: Content is protected !!