Memulai Usaha Cafe Kopi Dengan 7 Persiapan Penting

Memulai usaha cafe kopi memerlukan persiapan yang tidak main-main. Tentu saja karena sudah banyak pesaing yang muncul. Tapi nggak perlu khawatir, karena kami telah menyiapkan 7 persiapan penting untuk memulai usaha cafe kopi.

Memulai Usaha Cafe Kopi

Memulai Usaha Cafe Kopi

Tujuh perisapan penting untuk memulai buka usaha cafe kopi:

1. Modal

Persiapan pertama adalah modal. Banyaknya jumlah modal yang kamu perlukan tergantung lokasi usaha, suplai persediaan, alat usaha, jumlah karyawan dan skala penjualan. Tentu saja kamu bisa memaksimalkan modal yang ada atau mendapatkan modal dari pihak luar.

2. Lokasi

Persiapan berikutnya adalah lokasi. Pemilihan lokasi sangat penting karena berkaitan dengan target pemasaran, misalnya area perkantoran, kampus, pemukiman penduduk, jalan trans provinsi dan sebagainya.

Lokasi tentu saja berpengaruh pada modal, apalagi jika menyewa tempat usaha. Persiapkan dengan baik lokasi untuk memaksimalkan modal kamu ya.

3. Bahan Persediaan

Selanjutnya untuk memulai usaha cafe kopi perlu melakukan persiapan bahan persediaan. Seperti kopi, gula, susu, kertas filter dan bahan persediaan lainnya. Bahan ini merupakan barang yang akan habis bila digunakan, sehingga perlu melakukan penambahan.

Penting untuk melakukan persiapan modal awal bahan persediaan. Apakah bahan ini akan habis dalam satu minggu atau satu bulan. Maka perlu mempersiapkan modal awal untuk menambah bahan persediaan kembali.

4. Alat

Setelah itu penting melakukan persiapan alat. Alat merupakan barang yang digunakan tidak akan habis. Misalnya sendok, cangkir, mesin kopi, dan alat lainnya. Walaupun demikian, alat memerlukan perawatan rutin agar dapat menggunakannya secara terus-menerus. Persiapkan juga modal untuk perawatan alat.

5. Menu Andalan

Yang tidak kalah penting dalam memulai usaha cafe kopi adalah menu andalan. Bagaimana tidak? Menu andalan singkatnya adalah daya tarik yang akan membuat pelanggan membeli produk kamu dibanding membeli produk lain yang sejenis.

Misalnya menu andalan kamu adalah Kopi Susu Gula Aren, maka penikmat minuman tersebut tidak akan membeli di tempat lain setelah mengenal produk kamu yang satu ini.

6. Skill

Memang dalam memulai usaha yang tidak kalah penting yakni memerlukan skill atau kemampuan. Namun bila kamu tidak memilikinya, perlu mempekerjakan karyawan yang memiliki skill tersebut. Dengan begitu, perlu mempertimbangkan kembali modal usaha kamu karena perlu menggaji karyawan.

7. Promosi

Setelah semua point di atas sudah kamu siapkan, maka langkah terakhir adalah promosi. Tujuan dari promosi adalah memperkenalkan produk kamu ke calon pelanggan supaya tertarik membelinya. Bisa dengan iklan foto atau video di sosial media seperti instagram, youtube dan lain sebagainya.

Dengan begitu, modal yang kamu butuhkan akan bertambah. Jadi perlu memaksimalkan kembali modal usaha kamu.

Baca Juga: Cara Daftar Lokasi Bisnis di Google Maps Gratis

Cara Usaha Cafe Kopi

Beberapa cara dalam memulai usaha cafe kopi yang bisa kamu tiru atau ikuti seperti:

  1. Cafe Kopi Live Musik
  2. Usaha Cafe Kopi Mini yang hanya melayani bungkus atau take away.
  3. Usaha Cafe Kopi kecil kecilan seperti menjual kopi instan kemasan 500ml atau 1 liter.
  4. Cafe Kopi dengan Perpustakaan Buku

Usaha Cafe Kopi Mini

memulai usaha cafe kopi - Usaha Cafe Kopi Mini

Modul usaha cafe kopi mini merupakan salah satu inovasi yang bisa kamu tiru. Pada usaha ini hanya melayani take away sehingga ukuran kios yang kamu perlukan tidak terlalu besar. Alat yang bisa kamu gunakan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Selanjutnya untuk rincian Modal untuk memulai usaha cafe kopi mini di bawah ini bisa anda jadikan referensi.

Sewa Tempat (1 bulan)mulai dari Rp375.000
Alat (Otten Coffee – Paket Cafe Micro)mulai dari Rp6.950.000
Bahan
Biji Kopi (1kg)mulai dari Rp65.000
Kertas Filter (40pcs)mulai dari Rp40.000
Susu (1L)mulai dari Rp95.900
Gula (1kg)mulai dari Rp12.500
Modal usaha cafe kopi mini

Usaha Cafe Kopi Kecil Kecilan

Memulai Usaha Cafe Kopi - Usaha Cafe Kopi Kecil Kecilan

Ide selanjutnya yang bisa kamu coba adalah usaha cafe kopi kecil kecilan. Dengan menjual produk kopi kemasan seperti 500ml atau 1000ml kamu bisa mengembangkan merk kamu sendiri.

Selanjutnya bisa memulai usaha cafe kopi dengan penjualan secara online maupun offline dengan melakukan promosi di sosial media.

error: Content is protected !!