Kenapa HP Tidak Ada Sinyal Internet? Ini Penyebab nya

By Flin

Flinsetyadi.com – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas terkait Kenapa HP Tidak Ada Sinyal Internet?. Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Kali ini kita masih membahas seputar gadget dan sinyal internet yang hilang datang ya.

Readers flin setyadi sekalian, seperti yang kita tahu bahwa HP merupakan salah satu benda elektronik yang paling dekat dengan kita ya. HP ini selain karena mudah di bawa kemana-mana, juga berfungsi sebagai tempat mencari informasi, sebagai akses, dan juga bisa sebagai komunikasi jarak jauh ya. Jadi tak heran jika kita sekarang akan menemukan setiap orang akan memiliki minimal satu HP untuk kegiatan sehari-hari ya. Dan karena kegunaan dan perannya yang penting inilah, terkadang jika terdapat sedikit saja masalah, maka akan menimbulkan kepanikan tersendiri untuk kita.

Salah satu masalah yang sering kita alami ketika kita sedang menggunakan HP di dalam kegiatan sehari-hari adalah terkait sinyal ataupun jaringan. Tak jarang ketika kita sedang searching atau mengerjakan tugas dan pekerjaan, saat itu juga jaringan dan sinyal melemah atau bahkan mati ya. Nah, karena masalah yang satu inilah membuat pekerjaan atau tugas kita tertunda dan memakan waktu yang banyak. Hal ini juga bisa membuat kita seketika bad mood, marah, bahkan bisa sangat panik jika pekerjaan mendesak ya.

Nah readers sekalian, karena masalah ini sering terjadi maka kita harus mengetahui apa penyebab yang membuat masalah ini muncul. Kita juga masih sering belum menyadari kondisi lingkungan atau tempat sekitar kita ya. Untuk kalian yang mungkin masih bingung apa saja sih penyebab dari HP yang tidak ada internet. Kalian bisa simak penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini ya.

Baca Juga: Penyebab Sinyal HP Hilang Beserta Solusi Mudah

Kenapa HP Tidak Ada Sinyal Internet?

Kenapa HP Tidak Ada Sinyal Internet? Ini Penyebab nya

Untuk kalian yang mungkin udah kepo atau penasaran sebenarnya apa aja ya penyebab dari sinyal internet yang hilang atau tidak ada ini. Akan kami berikan penjelasan terkait beberapa penyebab dari masalah tersebut. Berikut informasi yang bisa kalian dapatkan di bawah ini, selamat menyimak dan pahami dengan seksama.

1. Berada Di Luar Jangkauan Internet

Penyebab pertama yang akan kami jelaskan kepada kalian adalah karena faktor HP kalian yang berada di luar jangkauan internet. Bisa jadi kondisi kalian yang sedang berada di luar kota atau sedang berada di daerah terpencil. Bisa jadi juga kalian yang sedang berada di pantai, hutan, gunung, atau tempat wisata jauh dari kota dan internet. Kondisi kalian yang sedang berada di dalam kendaraan transportasi seperti mobil, bus, atau lainnya juga bisa menjadi penyebab sinyal internet kalian hilang.

2. HP Tidak Ada Sinyal Internet Karena Terhalang

Penyebab kedua yang menyebabkan internet melemah adalah terdapat penghalang yang tinggi seperti gedung pencakar langit atau dinding ya. Bisa jadi juga ketika kalian sedang berada di dalam rumah yang terkadang ketika jaringan sedang banyak di gunakan atau sedang dalam keadaan lemah, maka akan berdampak pada kalian yang berada di sebuah ruangan.

Apalagi ruangan kalian yang sempit atau tidak terlalu luas ya, karena biasanya jaringan internet akan lebih mudah di akses di ruangan terbuka. Bisa jadi juga kondisi jaringan tower di sekitar rumah atau tempat kalian berada sedang dalam masa perbaikan atau terjadi kerusakan ya.

3. HP Tidak Ada Sinyal Internet Akibat Listrik Padam

Penyebab ketiga yang bisa terjadi terkait masalah sinyal internet hilang adalah karena listrik di sekitar kalian sedang mati atau padam ya. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi ya, hal ini di sebabkan oleh jaringan internet terputus oleh arus listrik.

Jadi ketika listrik yang tiba-tiba mati dan sinyal internet kalian hilang atau sangat lambat, hal tersebut masih wajar dan kalian hanya tinggal menunggu listrik kalian menyala ya. Kalian dapat menghubungi pihak PLN melalui sosial twtitter @pln_123 untuk informasi terkait.

4. Faktor Cuaca Ekstrem

Penyebab keempat yang bisa menyebabkan sinyal internet kalian hilang atau melemah adalah karena faktor cuaca ekstrem. Bisa jadi kondisi cuaca yang sedang kalian alami sekarang sedang dalam keadaan buruk yang bisa menyebabkan gangguan internal pada pusat pengendalian. Bisa jadi karena cuaca seperti badai, hujan lebat, petir, tornado, dan cuaca ekstrem lainnya merobohkan tower internet atau kantor pusat ya. Karena kondisi cuaca yang tiba-tiba atau yang ekstrem ini tidak bisa kita pantau dan kita kendalikan, jadi kita hanya bisa bersabar dan menunggu.

5. HP Tidak Ada Sinyal Internet Karena Kerusakan Pada Hardware

Penyebab kelima yang bisa menyebabkan sinyal internet kalian hilang atau melemah adalah karena kerusakan hardware HP kalian. Ini bisa di sebabkan karena masalah eksternal dari kesalahan kita ataupun masalah internal seperti umur HP. Penyebab dari kondisi eksternal bisa jadi HP kalian yang pernah terjatuh parah, terkena air, terlempar dan masalah eksternal yang bisa merusak.

Sedangkan masalah internal bisa terjadi juga karena faktor eksternal yang menyebabkan komponen dalam HP tergeser atau rusak. Bisa jadi faktor usia HP yang sudah sangat lama sehingga kinerja melambat termasuk kinerja dalam internet ya. Oleh karena itu rawat dan jaga HP kita ya, jangan sampai kita mengalami masalah eksternal ataupun internal seperti ini.

Baca Juga :

Cara Membuka Link Google Drive yg Tidak Bisa Dibuka ✅ – Flin Setyadi

Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin Gratis ✅ – Flin Setyadi

Rekomendasi Laptop 8 Jutaan Terbaik – Flin Setyadi

6. Kartu SIM Card Bergeser

Penyebab keenam yang bisa menjadi terjadinya masalah ini adalah karena kondisi SIM card kalian yang tidak pada tempatnya. Nah, bisa jadi karena faktor terjatuh, tersentak, terlempar, atau faktor lain yang menyebabkan posisi SIM card bergeser dan keluar jalur dari tempatnya ya. Hal ini merupakan salah satu penyebab yang jarang di sadari karena posisi SIM card berada di dalam HP kita dan tidak bisa di lihat secara mata telanjang.

Hal ini bisa id atasi dengan membongkar HP bagian belakang kalian dengan membuka caching belakang jika HP dengan jenis baterai tanam. Jika HP dengan jenis baterai tanam, maka kalian bisa memuka pasang baterai kalian dan memperbaiki posisi SIM card kalian dengan langsung. Jika HP kalian bukan jenis baterai tanam, maka kalian bisa menggunakan alat kecil seperti jarum yang biasanya berada di kotak HP ketika pertama kali membeli. Jadi kalian bisa mencoba secara mandiri ya.

7. Salah Setting Access Point Names

Penyebab ketujuh yang kami berikan mengenai HP tidak ada sinyal internet adalah salah setting access point names. Access point names atau sering di sebut dengan APN ini, merupakan salah satu pengaturan untuk jaringan yang di gunakan. Sebagai contoh APN  untuk pengguna tri ( 3gprs, 3data), Telkomsel (telkomsel4g) dan lain sebagainya.

Kesalahan setting APN akan mengakibatkan internet di android atau HP kalian juga ikut melemah jika salah menggunakan APN ini. Kami sarankan untuk kalian gunakan setting an standar saja jika kalian belum mengetahui pengaturan daripada APN di smartphone.

8. Sim Card Provider Yang Buruk

Jika kalian menginginkan internet yang baik, kalian juga harus berani mengeluarkan uang yang banyak pula. Agar masalah internet hilang atau sangat lambat akan teratasi dengan mudah tanpa ribet setting sana sini. Biasanya ini terjadi di saat internet dari provider mengalami troubleshooting yang bisa berjangka waktu kurang lebih 3 hari. Sinyal internet yang hilang atau sangat lambat itu membuat kalianmarah atau jengkel dengan kartu yang kalian pakai.

Terlepas dari itu semua, kalian harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab sinyal HP sanat lambat dan sering hilang mendadak. Walaupun kalian para pengguna Telkomsel dan di gunakan di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan untuk melemahnya sinyal di jaringan android kita. Maka dari itu kami membuat informasi mengenai penyebab sinyal internet hilang ini. Lambat atau bahkan tidak tersambung dan mendadak koneksi internet tidak terdeteksi.

9. Sedang Dalam Perbaikan Di Tempat Pusat

Penyebab sinyal internet hilang terakhir yang bisa kami berikan adalah karena dari pusat sedang dalam proses perbaikan ya. Biasanya kalian akan mendapatkan notifikasi terlebih dahulu ketika ingin terjadi perbaikan ya. Jadi kalian bisa menunggu dan bersabar sampai proses perbaikan selesai.

Misalnya pada November 2022, kartu Smartfren melakukan Pemeliharaan Sistem Untuk Meningkatkan Layanan Konsumen. Mengutip dari smartfren.com, Dampaknya memengaruhi beberapa layanan, diantaranya;

  • pelanggan sementara waktu tidak dapat melakukan registrasi nomor baru, pembayaran tagihan, serta proses isi ulang paket data dan pulsa melalui semua channel.
  • Layanan mandiri melalui SMS, telpon ke *123#, aplikasi mySF dan smartfren.com juga tidak dapat dilakukan.
  • Selain itu Call Center Smartfren tidak dapat dihubungi selama periode tersebut.  

Baca Juga: Cara Mengunci Jaringan 4G di Semua Smartphone Android

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian, sekian informasi mengenai kenapa sinyal internet di HP tidak ada sinyal. Jangan lupa kalian untuk mampir kw web kami agar bisa mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Mulai dari kategori gadget, bisnis, informatika, media sosial, fintech, dan kategori menarik lainnya. Mohon maaf jika kalian menemukan kesalahan dan terima kasih sudah berkunjung ke lapak kami, see you.