Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Hotspot Paling Mudah

By Flin

iPhone tidak bisa hotspot – Berbagi itu tidak hanya berupa uang maupun barang dan makanan. Tapi jika hanya punya koneksi data seluler yang cukup pada iPhone, juga bisa berbagi.

Nah, agar bisa berbagi koneksi data seluler ini kita akan memerlukan Hotspot Pribadi. Tapi bagaimana jika iPhone tidak bisa hotspot, tentu akan repot saat ada orang yang membutuhkan koneksi internet kamu.

Sekarang tidak perlu bingung lagi, karena ada beberapa cara mengatasi iPhone yang tidak bisa hotspot.

Namun kamu juga perlu mengetahui penyebabnya sehingga akan bisa mengatasinya dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mengatasi iPhone Panas Dengan Mudah

Penyebab iPhone tidak bisa hotspot

Penyebab iPhone tidak bisa hotspot

Bukan sebuah masalah yang rumit, secara umum iPhone tidak bisa hotspot di karenakan pengguna belum mensetting APN pada pengaturan Hotspot Pribadi pada menu iPhone.

Hal tersebut karena tanpa adanya settingan tersebut, iPhone kamu tidak bisa menggunakan fitur Hotspot, selain itu settingan APN di iPhone berbeda sesuai dengan provider yang digunakan.

Cara mengatasi iPhone tidak bisa hotspot

Cara mengatasi iPhone tidak bisa hotspot

Mengatasi Hotspot iPhone dapat kamu lakukan berdasarkan permasalahn masing-masing. Namun kamu perlu menggunakan langkah-langkah berikut terlebih dahulu.

  1. Pertama pastikan Hotspot Pribadi kamu nyalakan di Pengaturan > Hotspot Pribadi. Jika kamu tidak dapat menemukan atau menyalakan Hotspot Pribadi, pastikan fitur hotspot pribadi telah diaktifkan oleh operator nirkabel dan didukung oleh paket nirkabel kamu.
  2. Kemudian mulai ulang iPhone yang menyediakan Hotspot Pribadi dan perangkat lain yang perlu terhubung ke Hotspot Pribadi. 
  3. Pastikan juga kamu memiliki iOS versi terbaru.
  4. Setelah itu pada iPhone yang menyediakan Hotspot Pribadi, silahkan buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang [Perangkat] > Atur Ulang, lalu ketuk Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

Cara mengatasi iPhone tidak bisa Hotspot jika pengguna belum setting APN

Jika permasalahannya adalah pengguna belum menyetting APN pada pengaturan Hotspot pribadi pada iPhone, maka dari itu kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Silahkan buka menu Settings > Seluler > PIN SIM.
  2. Kemudian pada menu PIN SIM silahkan klik Hotspot Pribadi.
  3. Setelah itu isi menu APN dengan APN sesuai provider, kemudian buat nama pengguna dan kata sandi.
  4. Lalu keluar dari menu PIN SIM dan dan kamu bisa mengaktifkan Hotspot pada menu Selular atau pada menu Hotspot Pribadi di menu Settings.
  5. Selesai, sekarang kamu bisa berbagi hotspot dengan normal.

Langkah di atas adalah untuk mengaktifkan hotspot di iPhone, akan tetapi masalah tidak bisa bekerja disebabkan oleh APN yang disesuaikan dengan provider yang kamu gunakan.

Kamu bisa menyesuaikan provider yang kamu gunakan pada iPhone dengan daftar APN berikut ini.

  1. Telkomsel -APN: internet, Username: (kosong), Password: (kosong)
  2. Three -APN: 3data, Username: 3data, Password: 3data
  3. Indosat -APN: indosatgprs, Username: indosat, Password: indosat
  4. XL -APN: internet/ www.xlgprs.net, Username: (kosong), Password: (kosong)
  5. AXIS -APN: internet, Username: (kosong), Password: (kosong)
  6. Smartfren -APN: smartfren4g, Username: (kosong), Password: (kosong)

Sekarang kamu bisa menggunakan APN diatas sesuai dengan provider yang kamu gunakan, setelah melakukan settingan APN pada hotspot pribadi, nantinya fitur hotspot akan muncul dan mulai bisa di gunakan.

Apabila iPhone tidak dapat terhubung ke Hotspot pribadi dengan Wi-Fi

Akan berbeda cara mengatasi jika permasalahan seperti ini. Maka kamu bisa mengikuti cara berikut:

  1. Pertama buka Pengaturan > Hotspot Pribadi.
  2. Pastikan Izinkan Akses telah menyala. 
  3. Dan ingat nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi perangkat yang muncul di layar ini. Kamu juga bisa mengubah nama jaringn Wi-Fi.
  4. Namun jika kamu menggunakan model iPhone 12 atau versi lebih baru, maka nyalakan Maksimalkan Kompatibilitas. Dan coba hubungkan perangkat lagi ke Hotspot Pribadi.
  5. Jangan tutup layar ini terlebih dahulu hingga kamu berhasil menghubungkan perangkat lainnya ke jaringan Wi-Fi. 

Apabila iPhone tidak dapat terhubung ke Hotspot pribadi dengan USB

Jika ingin menghindari boros biaya data, maka matikan Hotspot Pribadi bila tidak di perlukan. Jika tidak kamu matikan, setiap kali kamu menghubungkan perangkat iOS dengan Hotspot Pribadi ke komputer untuk mengisi daya, komputer mungkin terhubung ke Hotspot Pribadi. 

Tapi sebaliknya, jika Hotspot Pribadi tidak dapat terhubung saat perangkat iOS kamu hubungkan komputer, padahal Hotspot tidak dimatikan. Maka kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut:

  1. Pertama, perbarui ke iTunes versi terbaru. 
  2. Kemudian dengan kabel USB, hubungkan Mac ke iPhone atau iPad yang menyediakan Hotspot Pribadi.
  3.  Lalu pastikan kamu dapat menemukan dan melihat iPhone di iTunes.  Tapi jika Mac tidak mengenali perangkat kamu, coba gunakan kabel USB lainnya. 
  4. Setelah itu buka Preferensi Sistem > Jaringan, dan pilih USB iPhone. Jika tidak melihatnya, klik tombol Tambah (+), dan tambahkan.
  5. Selanjutnya klik tombol Lainnya  , kemudian pilih Jadikan Layanan Tidak Aktif, lalu klik Terapkan.
  6. Lalu klik tombol Lainnya  lagi, dan pilih Jadikan Layanan Aktif, lalu klik Terapkan
  7. Apabila sudah terhubung ke jaringan lainnya, koneksi Hotspot Pribadi mungkin tidak aktif hingga kamu menghapus centang “Nonaktifkan kecuali diperlukan”, dan klik Terapkan.

Jika tidak dapat terhubung ke Hotspot pribadi dengan Bluetooth

Silahkan mengikuti langkah berikut ini untuk memasangkan perangkat dan terhubung ke Hotspot Pribadi dengan Bluetooth.

Cara memasang perangkat:

Pasang perangkat menggunakan cara berikut ini:

  1. Pertama pada perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, silahkan buka Pengaturan > Hotspot Pribadi, dan pastikan Izinkan Akses telah menyala.
  2. Kemudian buka Pengaturan > Bluetooth dan pastikan Bluetooth telah menyala juga.
  3. Jangan tutup layar ini, ikuti terlebih dahulu langkah-langkah untuk perangkat yang perlu terhubung:
    • Pada iPad atau iPod touch, ketuk Pengaturan > Bluetooth, lalu pastikan Bluetooth telah kamu nyalakan. Kemudian ketuk perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, konfirmasikan kode yang ditampilkan, lalu ketuk Pasangkan di kedua perangkat.
    • Pada Mac, pilih menu Apple > Preferensi Sistem, kemudian klik Bluetooth, dan pastikan Bluetooth telah menyala. Selanjutya pilih perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, klik Hubungkan, lalu ikuti petunjuk di layar.
    • Pada PC Windows, klik ikon Bluetooth di bidang Pemberitahuan, lalu pastikan Bluetooth telah menyala. Kemudian pilih Tambah Perangkat Bluetooth, dan ikuti petunjuk di layar.

Cara agar terhubung ke Hotspot Pribadi dengan Bluetooth:

Setelah memasang perangkat, sekarang gunakan langkah ini agar terhubung ke Hotspot Pribadi dengan Bluetooth.

  1. Pada Mac, klik ikon Bluetooth di bar menu atau klik Bluetooth di Pusat Kontrol. Setelah itu pilih perangkat iOS yang menyediakan Hotspot Pribadi, dan pilih Hubungkan ke Jaringan. Jika belum tidak dapat terhubung, lanjutkan ke bagian selanjutnya.
  2. Pada PC Windows, klik ikon Bluetooth di area Pemberitahuan, kemudian pilih Join A Personal Area Network (Gabung ke Jaringan Area Pribadi). Lalu klik kanan perangkat dan arahkan penunjuk ke “Terhubung menggunakan“, dan pilih “Titik akses“. Jika masih tidak dapat terhubung, silahkan lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Lalu bagaimana jika sudah mengikuti tutorial iPhone tidak bisa hotspot di atas tapi masih tidak dapat terhubung ke Hotspot Pribadi dengan Bluetooth?

Jika Hotspot Pribadi masih tidak terhubung dengan Bluetooth

Pada perangkat, silahkan matikan kemudian nyalakan kembali Bluetooth seperti cara berikut ini:

  • Di perangkat iOS, buka Pengaturan > Bluetooth, matikan lalu nyalakan kembali Bluetooth.
  • Pada Mac, klik ikon Bluetooth di bar menu atau klik Bluetooth di Pusat Kontrol, lalu matikan dan nyalakan kembali Bluetooth.
  • Di PC, pilih Pengaturan, lalu klik ikon Bluetooth, kemudian matikan dan nyalakan kembali Bluetooth. 

Namun jika Hotspot kamu masih tetap tidak terhubung dengan Bluetooth, silahkan mengikuti langkah berikut:

  1. Melepas pemasangan perangkat:
    • Pada iPad atau iPod touch yang perlu terhubung ke Hotspot Pribadi, ketuk Pengaturan > Bluetooth. Ketuk ikon Info di sebelah perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, lalu ketuk Lupakan Perangkat ini.
    • Pada Mac, pilih menu Apple > Preferensi Sistem, kemdian klik Bluetooth. Pilih perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, dan klik tombol Hapus  .
    • Pada PC Windows, klik ikon Bluetooth di area Pemberitahuan. Kemudian pilih “Tampilkan perangkat Bluetooth“, lalu pilih perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi. Klik Hapus, dan klik OK.
  2. Mulai ulang semua perangkat.
  3. Setelah memulai ulang semua perangkat, silahkan pasang peranngkat dan coba lagi terhubung ke Hotspot Pribadi.

Dapatkan Bantuan Lainnya

Jalan terakhir mengatasi jika semua tutorial di atas belum bisa mengatasi iPhone tidak bisa hotspot, maka dapatkan bantuan lainnya, yakni dengan menghubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan terkait iPhone atau iPad (Wi-Fi + Cellular).

Baca Juga: Aplikasi Hotspot Terbaik di Laptop atau PC

 Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara mengatasi iPhone tidak bisa Hotspot yang dapat kamu terapkan. Semoga berhasil. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.

error: Content is protected !!