7 Contoh Iklan yang Menarik Dari Berbagai Jenis

By Flin

Contoh Iklan- Hai para pembaca flinsetyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas 7 Contoh Iklan yang Menarik Dari Berbagai Jenis. Nah, para readers sekalian jika kemarin kita sudah membahas nih apa sih iklan itu, fungsinya, jenisnya, dan tujuan iklan itu sendiri. Sekarang kita akan membahas apa aja sih contoh iklan sesuai dengan jenis-jenis nya.

Sebelum kita bahas nih, pasti kita semua gak asing ya dengan iklan. Secara tidak langsung banyak sekali iklan yang sudah kita jumpai. Baik secara visual maupun non visual ya. Di bacaan kami ini pun kami memberikan iklan informasi untuk kalian agar mampir ke web kami. Pasti setiap perusahaan atau komunitas akan berusaha menarik perhatian kalian semua ya.

Karena memang iklan sendiri tak hanya berfungsi untuk menarik perhatian kalian saja untuk mampir ya. Namun ada fungsi dan tujuan lain yang sudah kami jelaskan sebelumnya, salah satu contohnya sebagai penambahan finansial suatu perusahaan ataupun komunitas. Jadi, kita akan mendapatkan untung ataupun saling mutualisme ya.

Kalian mendapatkan informasi atau suatu produk yang kalian inginkan. Sedangkan kami akan mendapatkan pamor atau panggung yang akan menambah pemasukan sebagai perbaikan untuk kedepannya.

Nah, sebenarnya iklan ini sudah pernah kita pelajari di masa bangku sekolah ya. Biasanya di pelajaran bahasa indonesia ataupun seni budaya. Di sana kita sudah pernah membahas apa itu iklan dan lainnya. Nah, kali ini kita akan mengulang ataupun belajar lagi ya mengenai contoh-contoh iklan sesuai jenis-jenis nya. Yuk, di simak sama-sama.

Baca Juga: Apa itu Iklan? Tujuan, Fungsi dan Jenis

Contoh Iklan Berdasarkan Jenisnya

Contoh iklan

Nah, para pembaca sekalian berikut akan kami jelaskan dan kami berikan contoh iklan apa saja sih yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Untuk kalian yang kepo dan belum mengetahuinya, bisa di simak ya penjelasan kami di bawah ini. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

1. Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman

Contoh jenis iklan pertama beserta contohnya yaitu iklan pemberitahuan atau biasanya di sebut pengumuman. Kenapa pengumuman ini di sebarluaskan menggunakan iklan. Karena dari struktur iklan sendiri itu lebih jelas, singkat, dan padat ya. Jadi orang-orang yang melihatnya tidak perlu membaca terlalu panjang dan panjang.

Iklan pengumuman ini akan membuat kita sekali baca dan mengerti. Biasanya iklan pengumuman ini memberitahukan sesuatu yang hilang, suatu jasa seperti jasa bersih-bersih, jasa sedot wc juga paling sering kita temui ya. Bisa juga seperti iklan pengumuman reuni sekolah yang sudah lama lulus sehingga tidak mempunyai kontak personal.

Berikut akan kami berikan salah satu contoh iklan pengumuman yang dapat kalain buat sebagai gambaran ya. Di sini kami memberikan contoh iklan pemberitahuan donasi dan buka puasa ya.

Contoh iklan

2. Iklan Cetak

Jenis iklan kedua beserta contohnya yaitu iklan media cetak ya. Contohnya seperti iklan di koran, majalah, buku resep, dan lain sebagainya. Iklan ini juga sering kita lihat ya ketika kita membaca majalah ataupun koran, Biasanya jika di koran yang muncul adalah iklan kendaraan, tempat wisata, elektronik, lain sebagainya ya.

Nah, berdasarkan luas areanya, iklan cetak di bagi menjadi tiga di antaranya :

  • Pertama, Iklan baris, yakni jenis iklan cetak yang yang areanya tidak lebih dari 3-4 baris saja.
  • Kedua, Iklan kolom, yakni jenis iklan cetak yang memiliki luas 1 kolom, lebih tinggi dibandingkan iklan baris.
  • Ketiga, Iklan display, yakni jenis iklan cetak yang ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom.

Berikut kami berikan salah satu contoh iklan di media cetak.

contoh iklan

3. Iklan Elektronik

Pembahasan ketiga kita kali ini adalah iklan elektronik. Iklan elektronik ini lebih ke suatu penyiaran dengan menawarkan suatu produk atau jasa baik secara visual maupun non visual ya. Iklan elektronik ini menjadi salah satu iklan yang paling banyak kita jumpai. Salah satunya yaitu iklan di telivisi ya.

Siapapun yang pernah menonton tv di pastikan pernah melihat iklan. Sadar tidak sadar, setelah penayangan suatu film atau berita di tv pasti akan muncul gambar gambar atau video berputar terkait suatu produk ya. Itulah yang di namakan iklan gaiss. Bahkan tak jarang juga ada iklan di dalam film yang secara tidak langsung di ikut sertakan.

Sedangkan iklan elektronik non visual bisa kita jumpai di radio ya. Hanya suara namun hal yang di sampaikan membuat kita mengerti bahwa apa yang mereka bicarakan adalah tentang penawaran suatu produk atau jasa, dan lainnya.

Berikut salah satu contoh iklan elektronik ya.

4. Iklan Internet

Keemapt adalah jenis iklan internet dan contohnya. Iklan internet sebenarnya bisa di sebut iklan elektronik ya. Namun yang membedakannya adalah, iklan ini memang berada di alat elektronik namun lebih masuk ke bagian pencahrian ataupun yang menggunakan jaringan internet ya. Seperti yang kita sering temui ya jika kita mencari suatu infomasi di suatu blog atau web, akan muncul iklan iklan lain di samping sampin halaman pembahasan.

Berikut salah satu contoh iklan internet.

5. Iklan Berdasarkan Tujuan

A. Iklan Komersial, Pembahasan terkait iklan ke lima yaitu mengenaik iklan komersial. Jadi apa sih iklan komersial itu dan bagaimana aja sih pembagian nya. Iklan komersial merupakan jenis iklan yang dengan tujuan untuk mencari keuntungan ekonomi dan finansial serta untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa. Jenis iklan ini semata-mata dibuat untuk kepentingan bisnis.

Yang termasuk contoh iklan komersial adalah iklan sepeda motor, iklan ponsel terbaru, dan sebagainya. Beberapa iklan komersial dibagi menjadi tiga jenis yakni :

  • Pertama, Iklan konsumen yang bertujuan untuk mencari keuntungan di mana sasaran pesan adalah konsumen akhir.
  • Kedua, Iklan bisnis yang bertujuan untuk mencari relasi bisnis dimana sasaran pesan adalah mitra distributor atau penyalur produk.
  • Ketiga, Iklan profesional yang bertujuan mencari keuntungan ekonomi dimana sasaran pesan adalah kalangan profesional.

B. Iklan Non Komersial, Iklan non-komersial merupakan jenis iklan yang di buat dengan tujuan memberikan informasi mengenai isu-isu penting yang harus disadari dan berisi ajakan yang mendidik kepada masyarakat. Iklan jenis ini tidak bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi.

Nah, iklan ini di gunakan untuk kepentingan bersama secara sosial. Jenis iklan non-komersial memberi pendidikan dan pembelajaran serta tambahan informasi bagi khalayak ramai dan diharapkan mampu menjangkau masyarakat luas.

Yang termasuk contoh iklan non-komersial misalnya yaitu iklan menjaga kebersihan lingkungan, iklan tata cara membayar pajak, dan sebagainya.

Salah satu contoh iklan berdasarkan tujuannya adalah sebagai berikut.

Baca Juga :

Aplikasi Screenshot Terbaik di Hp Android Terlengkap – Flin Setyadi

Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Aplikasi Terlengkap – Flin Setyadi

Cara Memindahkan Data dari Flashdisk ke iPhone tanpa PC/LAPTOP – Flin Setyadi

6. Iklan Advertorial

Pembahasan keenam yaitu mengenai iklan advertorial. Berbeda dengan iklan promosi, advertorial mengambil langkah lebih halus dan perlahan dalam mempromosikan suatu barang atau jasa. Karena bersifat soft selling, pengemasan iklan harus di lakukan dengan pemikiran yang lebih rapi dan kreatif.

Mayoritas advertorial tampil dalam bentuk artikel atau berita yang memuat informasi bermanfaat bagi pembaca. Misalnya, informasi terkait event perusahaan pembuat produk, fakta menarik, atau manfaat lain produk yang di tawarkan. Kalian bisa membuat contoh iklan advertorial lewat penyajian artikel ringan. Jangan lupa pakai bahasa editorial yang menekankan pada nilai manfaat maupun keunggulan produk dan jasa tersebut.

Berikut salah satu contoh terkait iklan advertorial yang bisa menjadi gambaran untuk kalian.

7. Iklan Layanan Masyarakat

Nah, iklan terakhir yaitu iklan masyarakat. Iklan ini lebih ke sebuah himbauan untu masyarakat sekitar terhadap fenomena setempat ya. Biasanya iklan layanan masyarakat ini yang menyajikan pesan-pesan moral atau sosial untuk membangkitkan kepedulian masyarakat setempat terhadap sejumlah masalah yang sedang mereka hadapi.

Yaitu kondisi atau fenomena yang dapat mengancam kehidupan umum. Tentunya, tak hanya produk komersial yang memerlukan iklan, tetapi lembaga layanan masyarakat pun juga perlu mengiklankan kampanyenya.

Ada beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang dapat Kalian jadikan referensi, yaitu:

  • Stop Merokok!, Jauhi Rokok!, Matikan Rokok! dan lainnya.
  • Stop Pemanasan Global!
  • Lindungi Diri dan Keluarga dengan 3M!
  • Bantu Kami Lawan Kanker!
  • Jangan Biarkan Bumi Menangis!

Akhir Kata

Nah, para pembaca flinsetyadi sekalian, gimana nih informasi terkait jenis iklan dan contohnya. Pembahasan di atas masih belum menyeluruh tentang iklan ya, karena jenis iklan memang banyak. Jangan lupa mampir ke web kami untuk menemukan informasi bermanfaat dan menarik lainnya. Terima kasih telah mampir.

error: Content is protected !!