Cara Cek Spesifikasi Laptop Secara Detail

Cek Spesifikasi Laptop – Pada masa kini banyak sekali dari kita, membutuhkan laptop untuk bekerja, kuliah dan lain-lainnya.

Oleh karena itu biasanya orang menyesuaikan spesifikasi laptopnya dengan kebutuhannya. Hal tersebut membuat merek-merek laptop pada masa kini banyak sekali mengeluarkan produk-produk baru.

Sehingga sebagian orang memilih mengganti laptopnya dengan laptop keluaran terbaru. Akan tetapi sebagian orang ada juga membeli laptop bekas ataupun biasanya juga sering disebut dengan laptop scond.

Kebanyakan orang yang membeli laptop second tidak tau spesifikasi detail laptop tersebut, apakah masih original isi dalamnya atau sudah tidak original. Oleh sebab itu flin setyadi akan membuat artikel cara mengecek spesifikasi laptop.

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows

Banyak sekali laptop ataupun pc menggunakan sistem operasi windows, karena windows memiliki fitur-fitur yang mudah untuk kita gunakan dan banyak sekali orang-orang menggunakan sistem operasi ini.

Windows juga memiliki beberapa fitur yang bisa kita gunakan untuk mengecek sepesifikasi laptop. Berikut ini merupakan cara-cara mengecek spesifikasi laptop di windows 7, 8, 10 dan 11.

1. About PC

Cara pertama yang dapat kamu lakukkan untuk mengecek spesifikasi laptop yaitu melalui About PC.

About PC merupakan salah satu fitur yang di sediakan oleh windows ketika, kamu ingin mengecek spesifikasi laptop.

Karena About PC akan menampilkan Device Name, Processor, Installed RAM, Device ID, Product ID, System type, Pen and Touch dan informasi windows yang digunakan. Cara ini juga bisa dilakukkan menggunakan windows 7, 8, 10 hingga 11.

Berikut ini cara mengecek spesifikasi laptop di windows menggunakan about PC.

  1. Silahkan tuliskan “About PC” pada “Search Windows”.
  2. Kemudian klik “About PC”.
  3. Setelah itu spesifikasi laptop akan muncul di “Device Specifications” dan “Windows Specifications”.

2. System Information

Cara kedua kamu bisa menggunakan fitur system infromation, yang tersedia di windows. Jadi kamu tidak perlu lagi mendownload aplikasi lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Logo Olshop

Karena System Information akan memberi tau kamu detail spesifik laptop, dari Sistem Operasi hingga komponen yang digunakan oleh laptop.

Berikut ini cara mengecek spesifikasi laptop di windows menggunakan system information.

  1. Silahkan tuliskan “System Information” pada “Search Windows”.
  2. Kemudian klik “System Information”.
  3. Setelah itu akan muncul detail spesifikasi laptop.

3. CMD

Cara ketiga, yaitu menggunakan CMD. Siapa sih yang tidak mengenal fitur windows yang satu ini. Fitur ini biasa sering digunakan oleh orang-orang, menjalankan suatu perintah menggunakan text.

CMD juga dapat melakukkan segala hal mulai, dari perintah mematikan laptop hingga mengecek detail spesifikasi laptop. Oleh karena itu CMD menjadi salah satu fitur windows yang dapat mengecek spesifikasi laptop secara detail.

Berikut ini cara mengecek laptop di windows menggunakan CMD.

  1. Silahkan tekan “Windows dan R” secara bersamaan.
  2. Kemudian ketik “CMD” dan tekan “Enter”.
  3. Lalu ketik perintah “systeminfo” dan tekan “Enter”.

4. PowerShell

Cara keempat, yaitu menggunakan PowerShell. PowerShell merupakan fitur yang sama seperti CMD akan tetapi yang membedakannya, PowerShell dapat memperoses suatu bahasa pemograman.

Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan powershell. Akan tetapi kamu juga bisa mengecek spesifikasi laptop menggunakan PowerShell.

Berikut ini cara mengecek spesifikasi laptop di windows menggunakan PowerShell.

  1. Silahkan tuliskan “PowerShell” di “Search Windows”.
  2. Kemudian klik “Windows PowerShell”.
  3. Lalu ketikkan perintah “get-komputerinfo” dan tekan “Enter”.

Akhir Kata

Jika kamu ingin membeli laptop scond ataupun laptop kamu habis dari tempat service. Sebaiknya kamu mengecek spesifikasi laptop kamu.

Karena terkadang sperpat asli laptop di tukar oleh tukang service ataupun pernah di ganti oleh pemilik laptop sebelumnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke flin setyadi.

error: Content is protected !!