Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk

Pada tutorial kali ini akan membahas materi berkisar tentang Keamanan Komputer, yaitu Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk. Dengan menyembunyikan sekaligus mengunci seluruh data flash disk maka data aman dari infeksi virus. Aman dari aplikasi pencuri data Flash Disk dan aman dari orang yang tidak berhak melihat data flash disk anda. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk.

Baca Juga: Baterai Smartphone Dicas Berkurang? Ini Penyebabnya

Langkah-Langkah Menyembunyikan File pada Flashdisk

  1. Hubungkan flashdisk pada pc/laptop. Kemudian masukkan file atau buat folder yang ingin disembunyikan, pada contoh yang tutorial kali ini akan membuat folder.
Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk: Langkah 1
  1. Berikan nama pada folder agar mudah mengenali folder. contohnya ‘file 1’.
Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk: Langkah 2
  1. Lalu buat folder kedua dan ketiga dengan nama masing-masing ‘file 2’ dan ‘file 3’.
Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk: Langkah 3
  1. Setelah membuat folder langkah selanjutnya yakni membuka cmd, salah satu cara membuka cmd yaitu dengan pencarian yang berada di sebelah menu ‘start’ pada windows.
  1. Setelah cmd terbuka, ketikkan perintah untuk mengakses penyimpanan flasihdisk. Karena flashdisk berada pada penyimpanan D:, maka perintah untuk mengaksesnya yaitu ‘D:’. Apabila penyimpanan flashdisk kalian berada pada posisi yang berbeda, misalkan F:. Maka perintah untuk mengaksesnya yaitu ‘F:’.
  1. Setelah masuk ke dalam penyimpanan flashdisk, selanjutnya perlu memasukkan perintah berikut ini.
attrib +s +h +r *.* /s /d
Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk: Langkah 6
  1. Selanjutnya hanya perlu mengecek apakah file sudah disembunyikan atau belum dengan cara melakukan refresh pada penyimpanan flashdisk. Apabila setelah direfresh file sudah tidak dapat ditemukan, maka Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk sudah berhasil dilakukan.

Untuk menampilkan kembali file yang disembunyikan (mengembalikan file yang terhidden) pada flashdisk, anda perlu membuka cmd dan mengakses penyimpanan flashdisk. Kemudian masukkan perintah berikut ini.

attrib -s -h -r *.* /s /d

Berikut ini merupakan tutorial Cara Menyembunyikan File pada Flashdisk yang kami sajikan dalam bentuk video.

Penjelasan tambahan

Penjelasan untuk perintah–perintah cmd pada tutorial di atas yakni sebagai berikut :

  • Attrib = attribut.
  • – ( min ) = untuk unhide atau memunculkan data yang terhidden, tanda minus ( – ) bisa juga diganti dengan tanda plus ( + ) yang bertujuan untuk menghidden atau menyembunyikan data, contoh perintahnya sebagai berikut ( attrib +s +h +r *.* /s /d ).
  • -s = digunakan untuk mengembalikan data dari system atau dengan kata lain data anda dapat dikenali oleh System/windows.
  • -h = berfungsi untuk menampilkan file ataupun data yang terhidden.
  • -r = perintah ini digunakan untuk menampilkan read only
  • *.* = digunakan untuk format atau ekstensi file. *.* berarti untuk menampilkan semua file dengan berbagai macam ekstensi yang ada, opsi tersebut bisa diganti atau disesuaikan. Misalnya saja kita hanya ingin mengembalikan file video saja brarti brarti formatnya dirubah menjadi *.mp4 , kalau ingin mengembalikan file gambar JPG, maka formatnya menjadi *.jpg , dan juga seterusnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!