Cara Mengunci Jaringan 4G di Semua Smartphone Android

By Flin

Cara Mengunci Jaringan 4G – Dalam jaringan seluler memiliki berbagai jenis dari yang paling rendah hingga tertinggi saat ini yakni 5G. Jadi apabila diurutkan dari terkecil maka akan seperti berikut ini 2G (Edge), 3G (UMTS), 3.5G (HSDPA) 4G (LTE) dan 5G.

Tentu saja dengan jenis yang berbeda memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Dengan memfokuskan ke satu jenis jaringan membuat kekuatan sinyal lebih stabil dan cepat.

Memang sinyal yang stabil membuat penggunanya mendapatkan koneksi yang tidak terputus-putus. Berbeda dengan jaringan yang cepat, biasanya terjadi putus koneksi di tengah-tengah penggunaan yang mengakibatkan beberpa kejadian tidak menyenangkan.

Misalnya saat bermain game, tiba-tiba putus koneksi. Selain itu, saat men-download file berukuran besar, sinyal yang tidak stabil dapat mengakibatkan kerusakan file tersebut. Dengan begitu, Mengunci jaringan pada jenis tertentu menjadi solusi permasalahan di atas.

Namun sayangnya beberapa model smartphone Android saat ini tidak mendukung otomatis mengunci jaringan 4G walau sudah di-set preferensi nya. Sehingga sinyal tidak stabil yang mengakibatkan putusnya koneksi ke jaringan 4G.

Para pembaca Flinsetyadi nggak perlu risau lagi dengan permasalahan ini. Karena Kami telah menemukan solusi yang dapat kamu coba. Berikut cara mengunci jaringan di Sinyal 4G pada Semua Smartphone Android.

Baca Juga: Paket Unlimited 4G Telkomsel cuma 10 Ribu 7 hari

Cara Mengunci Jaringan Sinyal 4G pada Smartphone Android

Sejauh ini, penulis berhasil megunci jaringan 4G Telkomsel di smartphone Android seperti Xiaomi, Realme, Samsung, Oppo dan Vivo dengan tiga cara berikut ini:

Menu Pengaturan Jaringan

Menu Pengaturan Jaringan Sinyal 4G

Bagi pengguna ponsel android, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  1. Pertama, akses menu Pengaturan atau Settings pada smartphone.
  2. Pilih menu Mobile Networks atau Jaringan Ponsel.
  3. Lalu ketuk menu Preferred Network Type.
  4. Silahkan pilih opsi Prefer LTE untuk memastikan hanya jaringan 4G saja yang dikunci.
  5. Selesai.

Dengan dial *#*#4636#*#*

*#*#4636#*#*

Cara kedua Cara Mengunci Jaringan 4G menggunakan dial up dengan memasukkan kode *#*#4636#*#*. Berikut ini tahapannya:

  • Langkah pertama lakukan panggilan Telepon ke *#*#4636#*#*
  • Anda akan melihat menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.
  • Selanjutnya Pilih Device Information, Seluruh informasi tentang ponsel anda akan ditampilkan lengkap disini
  • Kemudian cari Set preferred network type. Pilih LTE only.
  • Selesai

Menggunakan Aplikasi

Menggunakan Aplikasi

Cara ketiga yang dapat kamu coba dengan bantuan aplikasi di playstore. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengunci sinyal di jaringan 4G. Dengan begitu kamu yang nggak mau repot repot lagi mengetikan kode dial di atas atau akses menu pengaturan cocok dengan cara yang satu ini.

Salah satu nama aplikasi yang bisa anda coba adalah Force LTE Only. Anda bisa mengetik nama aplikasi tersebut di playstore. Lalu buka aplikasi tersebut dan silahkan langsung kunci jaringan ke 4G Only. Memang di playstore banyak aplikasi sejenis lainnya namun fungsi nya juga sama saja.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Dengan Mudah

Akhir Kata

Demikian Cara Mengunci Jaringan 4G di Semua Smartphone Android versi Flinsetyadi. Perlu diingat, tidak semua smartphone mendukung dual 4G. Yakni dapat menggunakan jaringan sinyal 4G LTE di sim 1 dan sim 2 secara bersamaan. Oleh karena itu perlu pasangkan kartu untuk internet di slot sim 1.

error: Content is protected !!