Cara Mengecek Typo di Word Secara Online & Offline

Typo pada penulisan sering terjadi, terumata saat mengerjakannya secara tergesa – gesa. Lalu bagaimana untuk mengecek typo di sebuah dokumen seperti word?

Pada artikel kali ini akan mengulas mengenai website cek typo yang dapat kamu gunakan untuk mengecek seluruh file dokumen word maupun sebagian kata – katanya saja.

Baca Juga: 4 Cara Mengubah Word ke PDF Tanpa Ribet

Mengecek Typo Di Word Secara Online

Typograp.com

Website pertama untuk cek typo yang kami rekomendasikan yakni typograp.com. Keunggulan dari website ini selain bisa cek tupo di word secara gratis adalah mudah untuk kamu gunakan, database kata baku yang lengkap dan memberikan keamanan data. Selain itu, kamu juga tidak harus membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakan layanan dari typograp.com.

Selanjutnya kelebihan lain yang ada pada laman web typograp.com yakni fitur Article Rewrite. Dengan fitur ini, kamu akan terbantu dalam memparafrase suatu artikel. Memang sangat cocok untuk jadi sahabat kamu dalam mengerjakan tugas misalnya makalah ataupun essay.

Typoonline.com

Typoonline.com merupakan website buatan anak bangsa yang terbentuk pada tahun 2015. Tentu saja fitur utama website ini memudahkan kita untuk mendeteksi kata yang tidak sesuai KBBI ataupun mengecek typo di dokumen word maupun berupa teks. Untuk menggunakan layanan website ini juga termasuk mudah, hanya cukup dengan menggunakan teknik copy and paste saja file dokumen atau kata – kata yang mau kamu cek typo.

Terdapat setidaknya 4 pilihan fitur yang dapat kamu coba, diantaranya:

  1. Cari Arti Kata, untuk mengecek kata – kata yang kamu kurang yakin ejaannya sudah benar menurut KBBI.
  2. Tulis Teks, untuk mengecek teks yang kamu masukkan yang kemudian menampilkan kata – kata yang salah ejaannya dengan sorot warna merah. Sedangkan untuk menampilkan bahasa asing menggunakan sorot warna hijau.
  3. Unggah Dokumen, untuk mengecek typo sebuah file dokumen seperti word dengan cara mengunggah ke laman web.
  4. Masukkan Link Situs, untuk mengecek typo pada teks yang ada dalam sbuah situs dengan cara memasukkan link website yang ingin kamu cek.

Ejaan.id

Website cek typo selanjutnya ada ejaan.id. Kelebihan yang terdapat pada website ini berupa adanya fitur yang akan menyoroti kata dari ejaan yang tidak sesuai dengan KBBI dan memberi tahu pembenarannya.

Namun, dibalik kelebihannya tersebut ada juga kelemahan dari website cek typo ini. Pada laman web ini, kamu tidak dapat mengunggah file untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. Sehingga, kamu harus melakukan teknik copy and paste untuk mengecek typo di file word.

KBBI.kemdikbud.go.id

Untuk website cek typo berikutnya merupakan layanan dari Pemerintah. Kamu dapat menggunakan website ini secara online dengan mengakses kbbi.kemdikbud.go.id.

Tentunya, website ini wajib kamu jadikan referensi paling valid yang dapat kamu gunakan untuk mengecek typo di word. Tentu saja alasannya karena website ini merupakan layanan yang langsung dikelola oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun sayangnya, kekurangan dari website cek typo ini hanya dapat kamu gunakan untuk mengecek typo dan EYD suatu kata saja. Sehingga kamu tidak dapat mengecek typo teks secara keseluruhan di word.

Baca Juga: 3 Cara Mengubah PDF ke Word Secara Praktis Tanpa Ribet

Mengecek typo di Word dengan Microsoft Office

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengecek typo di word dengan Microsoft Office.

Microsoft Word 2010 dan Lebih Baru

  1. Klik File, lalu klik Opsi.
  2. Klik Proofing.
  3. Centang Check spelling as you type.
  4. Centang Mark grammar errors as you type.

Word 2007

  1. Klik tombol ikon Microsoft Office, lalu klik Word Options.
  2. Klik Proofing.
  3. Centang Check spelling as you type.
  4. Centang Mark grammar errors as you type.

*Bila setelan Check spelling as you type dan Check grammar as you type aktif, ini akan memengaruhi setiap dokumen yang dibuka di Word 2007. Jika orang lain menggunakan dokumen tersebut, kamu mungkin perlu memberi tahu bahwa kamu telah membuat perubahan ini.

Word 2003, Word 2002, dan Word 2000

  1. Di menu Tools, klik Options, lalu klik Spelling & Grammar.
  2. Centang Check spelling as you type.
  3. Centang Check grammar as you type.

Baca Juga: Cara Mudah Menggabungkan File Word Online & Offline

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengecek typo yang bisa dilakukan secara langsung menggunakan word dan secara online melalui website cek typo. Terima kasih telah mengunjungi website kami, semoga artikel kali ini bermanfaat.