Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Samsung

By Flin

Flinsetyadi.com – Internet menjadi kebutuhan para pengguna gadget, seperti di HP Samsung. Beberapa pengguna HP Samsung terkadang mengeluhkan kecepatan internet berkurang, ternyata kalian bisa menampilkan atau memonitor secara langsung loh.

Memonitor atau menampilkan kecepatan internet memang menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi sebagian pengguna. Di Smartphone merk lain seperti Xiaomi, mungkin sudah menyediakan fitur bawaan untuk Cara Menampilkan Kecepatan Internet ini.

Sedangkan di HP Samsung, fitur tersebut dapat anda gunakan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kecepatan internet dibagi menjadi dua bagian loh, yakni download speed dan upload speed.

Download speed ini digunakan ketika browsing, gaming, streaming dan download file. Sedangkan untuk chatting, panggilan suara maupun video maka akan menggunakan speed download dan upload untuk mengirim dan menerima pesan, suara dan gambar. Selain itu, upload file akan menggunakan kecepatan upload, seperti mengirim video, audio, foto, teks dan dokumen.

Kalian bisa mengetesnya sesekali dengan mencari kata kunci speedtest di Google yah, maka akan muncul tombol “tes kecepatan internet”. Kalian tinggal klik maka akan mengetes langsung kecepatan internet di HP kalian.

Namun bagaimana jika ingin memonitor atau menampilkan secara secara langsung kecepatan internet di HP tanpa harus google dulu? Yuk langsung aja cek pilihan aplikasinya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Internet Secara Akurat

Aplikasi Menampilkan Kecepatan Internet

Aplikasi ini dapat kalian untdh di Play Store yah, bagi pengguna HP selain Samsung bisa menyesuaikan tempat mendownloadnya sesuai dengan aplikasi bawaan. Berikut daftar aplikasi monitoring kecepatan internet.

Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite - Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Samsung

Cara menampilkan kecepatan internet di HP Samsung yang pertama dengan bantuan aplikasi bernama Internet Speed Meter Lite. Fitur lainnya yakni dapat menghitung jumlah pemakaian data di data seluler maupun WiFi. Jadi kalian bisa menghitung jumlah kuota yang kalian butuhkan.

Internet Speed Meter

Cara menampilkan kecepatan internet di HP Samsung yang kedua dengan bantuan aplikasi bernama Internet Speed Meter. Fitur aplikasi ini yaitu bisa mengetes kecepatan maksimal download dan upload beserta ping koneksi internet kalian.

Kecepatan internet dapat dimonitor dengan melihat di bar notifikasi yah. Akan terlihat dua buah kecepatan, yakni download dan upload.

Tak hanya itu, juga menghitung jumlah pemakaian data seluler maupun WiFi. Terakhir, memiliki pengaturan yang dapat menyesuaikan kebutukan kalian seperti aplikasi, notifikasi dan widget.

Baca Juga: Cek Kecepatan WiFi Paling Mudah dan Gratis

Network Monitor Mini Pro: Menampilkan Kecepatan Internet di Layar HP

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Samsung dengan Network Monitor Mini Pro

Aplikasi berikutnya bernama Network Monitor Mini Pro. Dengan fitur dapat menampilkan kecepatan internet secara pop-up atau mengambang di layar, harga aplikasi ini adalah Rp22,000.

Dengan fitur tersebut, kalian tidak perlu melihat di bar notifikasi ketika bermain game atau menonton streaming dengan layar penuh. Selain itu, ada juga beberapa fitur lain seperti:

  • Nilai Kilo yang Dapat Disesuaikan
  • Tempat Desimal yang Dapat Disesuaikan (Harap matikan jika Anda memiliki masalah berkedip)
  • Normalisasi lalu lintas VPN / proxy / loopback
  • Lokasi Bacaan Khusus
  • Tampilkan di Bilah Status
  • Sembunyikan Bacaan saat Tidak Ada Lalu Lintas
  • Dapat disembunyikan saat Aplikasi Tertentu Sedang Berjalan
  • Sembunyikan saat Day Dreaming (screen saver – 4.2+)
  • Uji Beta: Mode Perincian Lalu Lintas (hanya untuk perangkat yang didukung)

Baca Juga: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Tanpa Aplikasi

Akhir Kata

Demikian pembahasan Flin Setyadi terkait cara menampilkan kecepatan internet di HP Samsung. Sayangnya cara menampilkan kecepatan internet di HP Samsung tanpa aplikasi belum memungkinkan, karena fitur ini belum tersedia secara bawaan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.