Berbagai Cara Mematikan Komputer Yang Aman

Memang biasanya ada yang ragu tentang mematikan komputer atau PC yang aman itu bagaimana. Apa dengan keyboard? pakai tombol power? atau cara yang lain? Buat kamu yang bingung dengan cara mematikan komputer yang aman, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Aktivasi Office 2010 Dengan Mudah

Cara Mematikan Komputer

Standarnya, mematikan komputer menggunakan fungsi Shut down yang bisa kamu temukan di menu start. Dengan cara mudah ini, kamu bisa mematikan PC dengan mudah, tepat dan tentu saja aman.

Langkahnya hanya perlu:

  1. Pertama buka menu start
  2. Selanjutnya klik tombol Power
  3. Terakhir pilih Shut down
Cara Mematikan Komputer dengan mouse
Shut down di menu Start

Mematikan Komputer dengan Tombol Keyboard

Untuk cara selanjutnya yakni dengan tombol keyboard. Saya sering menggunakan cara ini untuk mematikan PC, karena menurut saya lebih cepat dan tentu saja aman.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Dengan Tombol Keyboard

Mematikan Laptop Menggunakan ALT + F4
Cara Shut down Laptop Menggunakan ALT + F4

Berikut ini langkah-langkat untuk mematikan komputer dengan tombol keyboard:

  1. Pertama pastikan untuk menyimpan semua berkas yang kamu kerjakan.
  2. Selanjutnya lakukan kombinasi keyboard dengan tombol “alt+ f4”. Namun terkadang tidak bekerja dengan sekali tekan, perlu melakukannya dua kali.
  3. Setelah itu akan keluar pop up untuk konfirmasi melakukan Shut down. Selain itu, kamu bisa memilih restart, Sign out, Switch user atau Sleep.
  4. Terakhir pilih tombol ok untuk melakukan perintah sesuai pilihan.

Mematikan Komputer Secara Otomatis

Kalau kamu khawatir ketiduran dan lupa mematikan PC maupun laptop, sebenarnya kamu bisa mengatur pc mati secara otomatis pada waktu tertentu. Misalnya kamu ingin mengatur komputer mati pada jam 1 subuh, atau jam 12 malam.

Dengan demikian, kamu nggak khawatir untuk kelupaan mematikan pc. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan komputer secara otomatis:

  1. Pertama buka Task Scheduler dengan pencarian
  1. Selanjutnya pilih “Create Basic Task”
  1. Setelah itu, berikan nama dan deskripsi dari task yang akan dibuat. Karena ini fungsinya untuk mematikan PC otomatis, kita beri nama Shutdown Otomatis. Lalu tekan nombol Next
  2. Kemudian akan mengarah ke bagian trigger, di sini pilih saja daily yang berarti fungsinya berjalan setiap hari. Lalu tekan tombol next.
  1. Selanjutnya pada bagian start at biarkan saja karena otomatis memilih hari ini. Pada bagian jam, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya jam 10 malam atau jam 1 subuh. Untuk Recur every 1 days artinya mengulang untuk tiap satu hari, karena sebelumnya memilih trigger daily. Kalau sudah klik tombol Next
  1. Setelah itu di bagian action pilih “start a program” dan klik tombol Next. Maka akan diarahkan untuk mencari program yang akan dijalankan. Untuk melakukan shut down otomatis maka perlu memilih program shutdown. Silahkan temukan di system32.
    “C:\Windows\System32\shutdown.exe”
    Setelah itu tambah argumen ” -s -t 0 “. Lalu tekan tombol next
  1. Terakhir akan menampilkan Task Cara Mematikan Komputer otomatis yang sudah kita buat. Pastikan sudah sama seperti gambar di bawah ini. Jika sudah, tekan tombol Finish.
Cara Mematikan Komputer secara otomatis

Untuk melihat task yang sudah dibuat, silahkan akses folder Task scheduler library yang ada di atas kiri layar kamu. Pada bagian ini kamu bisa melakukan Run, End, Disable dan Properties untuk mengedit task yang ada.

Demikian pembahasan kami mengenai Berbagai Cara Mematikan Komputer Yang Aman. Semoga artikel ini bermanfaat.

error: Content is protected !!