Cara Download Subtitle Video YouTube & Mengaktifkannya

By Flin

Flinsetyadi.com – YouTube menjadi platform streaming video dengan pengguna yang ramai dan koten yang berlimpah. Bahkan banyak yang menyimpan video secara lokal atau download di perangkatnya. Namun sudah tahu belum cara download subtitle video YouTube, bahkan bisa tanpa aplikasi?

Beberapa video YouTube memang menyediakan subtitle atau terjemahan secara hardsub atau tertanam. Namun berbeda dengan video YouTube tanpa subtitle yang membutuhkan softsub atau file tambahan untuk menampilkan teks.

Biasanya video dengan bahasa asing akan menyediakan subtitle ke berbagai bahasa lain. Misalnya video YouTube berbahasa inggris maka biasanya akan menyediakan terjemahan atau subtitle bahasa spanyol, jerman, jepang, indonesia dan lain sebagainya.

Tentunya pernah dong kepingin menyimpan video YouTube secara lokal dengan mendownloadnya. Tapi kok pas udah selesai download lalu video dari YouTube tadi nggak ada subtitle yah?

Ternyata kasus yang kalian alami merupakan video YouTube yang menggunakan softsub atau file yang berisikan teks secara terpisah. Dengan begitu, maka perlu juga untuk download subtitle video tadi.

Dengan file yang terpisah, banyak pengguna yang bingung setelah mendownload video di YouTube lalu kemana subtitle atau terjemahan yang mereka lihat sebelumnya? Nah dengan pembahasan kali ini semoga pembaca Flin Setyadi terbantu mengatasi permasalahan di atas.

Yuk langsung ikuti pembahasan cara download subtitle video di YouTube tanpa aplikasi dan mengaktifkannya versi Flin Setyadi.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi Secara Praktis

Perbedaan SoftSub dan HardSub di Video YouTube

Nah, tadi udah disinggung apa sih itu softsub dan hardsub. Secara umum, subtitle dengan metode softsub sendiri menggunakan file terpisah atau berada di luar video untuk menampilkan teks. Dengan begitu, perlu ada dua file yakni video dan teks.

Sedangkan hardsub sendiri merupakan metode penulisan teks secara langsung di file video atau berada di dalam. Sehingga hanya akan ada satu file yakni video.

Sebelum ke download subtitle, silahkan lihat perbedaan softsub dan hardsub di video YouTube yang akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Memang secara kasat mata sulit untuk melihat perbedaannya. Namun jika dilihat secara teliti maka terdapat perbedaan seperti background atau latar belakang pada teks.

Pada hardsub biasanya tidak memiliki background, melainkan garis tepi teks saja. Sedangkan pada softsub memiliki background berwarna hitam dengan sedikit transparan.

Ketika kalian mendownload video dengan hardsub maka tidak perlu repot lagi untuk download subtitle. Berbeda dengan video dengan softsub maka pembaca Flin Setyadi sekalian perlu untuk download subtitle untuk memunculkan teks terjemahan.

Baca Juga: Cara Mengubah Bahasa Aplikasi Netflix di HP, Laptop & TV

Cara Download Subtitle Video YouTube

Setelah mengetahui apakah video memiliki subtitle terpisah atau sudah tertanam, maka silahkan melanjutkan ke tahap download jika ternyata merupakan softsub. Berikut langkah-langkah download subtitle video youtube tanpa aplikasi:

  1. Copy link video yang ingin kalian download dengan cara salin url
    download subtitle video youtube #1
  2. Selanjutnya akses website bernama downsub.com
  3. Setelah itu paste url atau link video YouTube tadi ke kotak isian yang tersedia.
    download subtitle video youtube #2
  4. Tunggu proses mendapatkan subtitle selesai, maka akan menampilkan pilihan bahasa yang bisa kalian download.
    download subtitle video youtube #3
  5. Kalian bisa download video dengan subtitle secara langsung dengan klik tombol “Download Full Video With Subtitle“. Namun jika sudah punya atau download video sebelumnya dan hanya perlu subtitle maka klik tombol SRT atau TXT sesuai dengan bahasa yang kalian perlukan.
  6. Setelah klik tombol tadi, maka proses download akan dimulai jadi tunggu hingga selesai.

Setelah memiliki file video dan subtitle, maka tahap selanjutnya adalah mengaktifkan subtitle tersebut.

Baca Juga: Cara Download Subtitle Viu Paling Mudah 2022

Cara Mengaktifkan Subtitle Video di Penyimpanan Lokal

Berikut beberapa metode untuk mengaktifkan subtitle video di penyimpanan lokal:

  1. Cara pertama yakni dengan menyamakan nama file video dan subtitle serta tempatkan di dalam satu folder seperti berikut ini.
  2. Cara kedua yang bisa kalian coba adalah play video, lalu klik dan tarik file subtitle ke dalam aplikasi pemutar video. Maka dengan begitu akan langsung mengaktifkan subtitle video YouTube yang sudah kalian download.

Demikianlah pembahasan yang dapat Flin Setyadi sampaikan kepada pembaca sekalian, terima kasih telah berkunjung. Semoga artikel cara download dan mengaktifkan subtitle video YouTube tanpa aplikasi kali ini bermanfaat.