Cara Daftar UMKM Online Nggak Pake Ribet

Mau Daftar UMKM secara online dan nggak pake ribet? Gini caranya. Istilah UMKM tentu saja sudah nggak asing lagi di telinga netizen Indonesia.

Atau mungkin kamu punya teman yang udah menjalaninya?

Istilah ini UMKM itu singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah, yaitu sebuah usaha yang dijalankan secara mandiri oleh seseorang/individu, rumah tangga, atau badan usaha skala kecil. Sebab skalanya masih kecil, UMKM ini siapa aja bisa lakukan loh, dengan modal yang juga kecil.

Jika Anda sedang menjalankan UMKM, sebaiknya segera mendaftarkannya. Karena perihal perizinan UMKM sangat penting, terlebih lagi jika mau “naik kelas”.

Selain itu, UMKM yang perizinannya sudah terdaftar juga punya peluang mendapatkan bantuan dari pemerintah loh. Jadi tunggu apa lagi? Langsung daftarin lah, masa nggak.

Untuk mendaftarkan UMKM pun semakin mudah karena digitalisasi tahun 2021 ini memungkinkan untuk pemberlakuan pendaftaran secara online.

Selain memudahkan juga bebas biaya loh, alias gratis tis tis. Yuk, simak informasi gimana sih cara daftar UMKM online di bawah ini yah!

Baca Juga: Cara Daftar Lokasi Bisnis di Google Maps Gratis

Mengapa UMKM Perlu Mendaftar?

Mengapa UMKM Perlu Mendaftar? - cara daftar UMKM online

Tentu saja yang pertama supaya UMKM Anda terdaftar dan berizin. Selain itu, berbagai manfaat akan Anda dapatkan dari mendaftar UMKM ini. Misalnya Anda bisa mendapatkan berbagai bantuan yang pemerintah berikan. Sehingga Anda dapat menikmati bantuan berupa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Supaya Anda bisa menerima bantuan ini, tentu saja perlu memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU). SKU ini merupakan salah satu syarat untuk Anda mendapatkan BPUM yang biasanya Kita sebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM itu loh.

Karena digitalisasi, saat ini Pengusaha mikro dan kecil sudah bisa memperoleh SKU dengan mendaftar UMKM online 2021.

Cara Daftar UMKM Online 2021

Cara Daftar UMKM Online 2021

Nggak ribet kok, Anda hanya perlu mengikuti setiap langkah yang sudah akan Kami jelaskan. Lalu Anda bisa dengan mudah mendaftarkan UMKM secara online.

Cara lengkap daftar UMKM online 2021 adalah:

  1. Pertama akses laman web https://oss.go.id.
  2. Kemudian Buat akun dan login.
  3. Klik “Perizinan Berusaha,” lalu klik “Perseorangan”.
  4. Klik tombol “Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) Perseorangan Mikro” untuk usaha mikro perseorangan. Sedangkan tombol “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil” untuk usaha kecil perseorangan.
  5. Setelah itu lanjutkan dengan proses NIB dan Izin Usaha.
  6. Silahkan lengkapi kolom yang kosong pada formulir Data Profil Anda.
  7. Jika sudah, klik “Simpan” > “Lanjutkan”.
  8. Pada bagian formulir Data Usaha, klik tombol “Tambah Usaha”.
  9. Lengkapi data yang wajib dalam formulir Data Usaha, klik “Simpan,” lalu klik “Selanjutnya.”
  10. Bagi pemilik UMKM yang jumlahnya lebih dari satu, klik “Tambah Usaha” > “Selanjutnya”.
  11. Anda dapat mengirimkan permohonan Izin Lokasi dan Izin Lingkungan melalui “formulir Komitmen Prasarana Usaha”, setelah itu klik “Selanjutnya”.
  12. Setelah melengkapi data NIB dan Izin Usaha, lihat pratinjau rangkuman data tersebut dan pratinjau draft NIB, Izin Lingkungan, Izin Lokasi, dan Izin Usaha di Draft NIB dan Izin Usaha. Apabila sudah benar, centang kotak disclaimer, lalu klik “Proses NIB.”


Tambahan informasi, Anda dapat mengecek atau melihat dokumen NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan Izin Usaha pada bagian “Output NIB dan Izin Usaha”. Izin Usaha yang Anda ajukan bisa Anda cetak dalam bentuk QR melalui “Preview Izin Usaha QR”.

Izin Komersial/Operasional UMKM

Setelah melakukan cara daftar UMKM online, selanjutnya Anda perlu melakukan proses Izin Komersial/Operasional. Proses ini hanya dilakukan jika memang dibutuhkan.

Berikut ini proses perizinan komersial/operasional UMKM:

  1. Silahkan login pada laman web https://oss.go.id. Jika sudah lanjut ke langkah berikutnya.
  2. Klik menu Permohonan, pilih IUMK, lalu pilih Izin Komersial/Operasional.
  3. Setelah itu Pilih nomor NIB/Nama Kegiatan Usaha, kemudian klik “Pilih NIB.”
  4. Setelah daftar kegiatan usaha muncul, silahkan klik “Pilih Kegiatan Usaha.”
  5. Lalu silahkan pilih “Izin Komersial/Operasional.”
  6. Di sini Anda perlu melengkapi data yang wajib, kemudian klik “Lanjut dan Simpan.”
  7. Kemudian periksa draft Izin Komersial/Operasional dengan klik “Preview Izin”. Apabila sudah benar, kemudian klik “Lanjut dan Simpan”.
  8. Selanjutnya klik “Preview Izin Komersial/Operasional” yang baru diterbitkan OSS pada bagian “Output Izin Komersial/Operasional”. Proses perizinan pun selesai.

Baca Juga: Cara Mendaftar Shopee Food Dengan Praktis

Semoga dengan pembahasan ini, Kami harap Anda tidak lagi bingung untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu, Anda langsung mendapat akses ke program bantuan khusus UMKM baik dari pemerintah maupun dari institusi lain.

error: Content is protected !!