Cara Build Game Pada Unity Untuk File .exe dan .apk

Bagaimana Cara Untuk Build Game Yang telah Kita buat dengan menggunakan Unity? Pertanyaan Tersebut mungkin Sering Menjadi permasalahan Anda, Terutama anda yang mungkin Baru pertama kali Mengunakan Unity 3D untuk sekedar mencoba membuat Games atau Mempelajari nya,  ketika anda ingin Membuild Games yang telah anda buat di Unity 3D menjadi file *.exe, *.Apk, Dll  agar dapat di Install pada PC ataupun Android, IoS dsb.

Cara Build Games pada Unity ke PC(Flie .exe)

Pada artikel kali ini Saya akan Membahas Mengenai cara untuk ”Build Games” Yang telah Anda Buat untuk menjadikannya File *.exe. Untuk Versi Build Androidnya akan Kita Bahas Di lain Waktu. Berikut ini langkah-langkah Cara Build Games Pada Unity:

  1. Langkah Awal Untuk membangun game Unity pada PC adalah dengan Menyimpan Terlebih      Dahulu file Scane Anda. Pilih File →  Save Scane.
  2. Klik menu File Bulid Setting, kemudian pada kolom Platform, pilih yang PC, Mac & Linux Standalone.
  3. Selanjutnya klik pada bagian player setting untuk menambahkan atribut detail tentang game yang  akan anda buat. Seperti Company Name, Product Name, Default Icon dan lain sebagainya. Anda Dapat mecobanya sendiri, karena ada cukup banay parameter nya.
Unity Build Setting
Unity Build Setting
  1. Terakhir, Klik Build, Masukkan nama Filenya dann tunggu sampai Prosesnya selesai. Jika Tidak Ada kesalahan, maka seharusnya ada satu buah file *.exe dan satu Buah folder pasangannya yang akan tercipta. Dua buah objek inilah yang menjadi games anda.
  2. Untuk file *.exe nya anda dapat menemukannya tepat di mana anda menyimpan lokasi save anda ketika anda membuat games tersebut.

Nah, begitulah Cara Build Games pada Unity untuk PC.

Cara Build Games pada Unity ke Android(File .Apk)

Oke, untuk masalah membuild Game Unity menjadi file *.Apk, yaitu khusus untuk perangkat android, saya akan menjelaskan terlebih dahulu persiapan dan hal-hal yang perlu di persiapkan, karena membuild game unity menjadi file *.apk itu susah – susah  gampang, di karenakan terkadang masih saja di temukan kesalahan dalam membuildnya, meskipun di rasakan sudah sesuai dengan prosedur dan apa yang di isikan. Berikut ini langkah-langkah Cara Build Games pada Unity untuk Android.

  1. Sebelum dapat membangun game Unity pada Android, pastikan anda telah menginstall Android SDK yang dapat di Download Secara Gratis dan menghubungkannya dengan Unity. Anda Dapat memanggil dialog unity Preference dengan klik Menu  Edit → Preference dan Pilih External Tools.
  2. Untuk Unity Versi 2017.2 ke atas (saya menggunakan Versi 2018.2) , dapat mendeteksi Komponen-komponen apa saja yang anda butuhkan  agar dapat mengekspor game anda ke dalam Platform Android.
    Sebenarnya yang di butuhkan unutk mengaktifkan fitur ini hanyalah Android SDK, JDK, dan NDK saja. Tapi jika anda bingung, harus menginstall apa dan dimana, klik saja tombol download satu persatu. Pertama, anda harus mendownload Android SDK nya terlebih dahulu. Ingat! Unity Hanya perlu Android SDK-nya saja dan tidak Memerlukan Android Studio yang merupakan IDE tersendiri untuk pembuatan aplikasi android.
  3. Langkah selanjutnya, pastikan semua konfigurasi Preference anda telah terpenuhi semua sebelum anda melakukan langkah selanjunnya.
    Pengaturan di komputer anda mungkin berbeda, tetapi sebagai acuan, penulis menggunakan konfigurasi path kira-kira seperti ini.
    SDK    =  C:\Users\PC-01(Nama dari PC anda)\AppData\Local\Android\SDK
    JDK    =  C:\Program Files\Java\jdk-9.0.1
    NDK    =  C:\Program Files\android-ndk-r13b-windows-x86_64\android-ndk-r13b
Unity Android setting

Begitulah pembahasan tentang Cara Build Game Pada Unity. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Baca Juga:
UNITY : Standard Assets Hilang / Tidak Ada (Standard Assets Are Mising)

Tinggalkan komentar